Apa beda gambar 3 dimensi bentuk kubistis dengan bentuk silindris berikan contoh masing masing

Lihat Foto

pinterest.com

Ilustrasiteknik menggambar benda

KOMPAS.com – Gambar silindris merupakan gambar yang berbentuk dasar tabung dengan memiliki lingkaran atau oval sebagai alasnya. 

Menggambar bentuk silindris adalah salah satu jenis dalam menggambar bentuk tiga dimensi. Teknik dalam menggambar bentuk silindris sama dengan bentuk kubistis.

Dalam kehidupan disekitar kita terdapat benda-benda dengan bentuk menyerupai bola atau bulat atau yang memiliki ruang yang disebut dengan benda berbentuk silindris, seperti  buah-buahan, panci, pot, teko, botol, dan vas.

Cara menggambar bentuk memiliki beberapa aspek yang harus dikuasai, salah satunya adalah teknik.

Dikutip dari buku Tinjauan Seni Ilustrasi (2003) karya Syakir Muharrar, ada beberapa taknik yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menggambar bentuk silindris. 

Baca juga: Pengertian, Alat dan Media Menggambar Bentuk Silindris

Berikut teknik menggambar bentuk silindris:

Teknik menggambar dengan cara menggosok atau menggores hingga menimbulkan kesan gelap terang atau tebal tipis.

Kemudian goresan tersebut digosok menggunakan tangan langsung atau bantuan median lain seperti tisu, kapas, kain, atau kuas. 

Alat yang digunakan antara lain pensil, crayon, dan konte bisa juga menggosok menggunakan kapas untuk memberi tampilan gradasi.

Takni dusel biasanya dipakai dalam mengarsir benda yang terbuat dari logam, atau plastik, 

Suara.com – Volume adalah yang membedakan benda dua dimensi dengan benda tiga dimensi. Apakah kalian tahu jenis benda karya tiga dimensi? Simak contohnya berikut ini.

Contoh benda tiga dimensi seperti benda-benda di rumah yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah meja, lemari, kursi, vas bunga, gerabah, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Simak ulasan selengkapnya mengenai benda tiga dimensi berikut ini.

Ciri-Ciri Benda Tiga Dimensi

Baca Juga: Rumus Volume Tabung dan Cara Menghitungnya

Ciri-ciri umum benda tiga dimensi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki panjang, lebar, dan tinggi
  • Memiliki volume ruang
  • Dapat dilihat dari sudut pandang manapun

Jenis-Jenis Benda Tiga Dimensi

Benda tiga dimensi memiliki beberapa jenis, antara lain:

  1. Kubisitis
    Kubistis merupakan benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus dan balok. Misalnya seperti kotak pensil, lemari, meja, TV, kulkas, bak sampah, kotak tisu,dan lain sebagainya.
  2. Silindris
    Benda silindris merupakan benda-benda yang memiliki bentuk menyerupai silinder atau tabung (elips). Contoh benda silindris seperti gelas, botol, piring, mangkok, teko, guci, dan tabung gas.
  3. Bebas
    Benda bebas merupakan benda-benda yang memiliki bentuk tidak beraturan seperti pohon, batu, buah-buahan, dan benda-benda alam lain.
  4. Kerucut dan Piramid
    Kerucut dan pyramid memiliki bentuk alas yang berbeda (lingkaran dan persegi) namun sama memiliki titik puncak. Contohnya seperti kubah masjid, corong, dan terompet.
  5. Bulat atau Bola
    Benda bulat merupakan bentuk benda dengan sisi melengkung seperti bola, kelereng, dan buah semangka.

Teknis Menggambar Benda Tiga Dimensi

Benda tiga dimensi digambar dengan menirukan obyek dan mengutamakan kemiripan rupa. Terdapat beberapa teknik dasar dalam menggambar benda tiga dimensi yang menampakkan ruang dan volume, antara lain:

Baca Juga: Berkunjung ke Museum Tiga Dimensi saat Libur Paskah

  • Teknik arsir atau crosshatching. Merupakan perulangan garis baik teratur maupun acak untuk mengisi bidang gambar yang kosong atau bisa disebut dengan rendering.
  • Teknik sapuan basah (aquarel). Menggunakan bahan campuran air di atas kertas yang menghasilkan gambar transparan karena menggores dengan sapuan tipis.
  • Teknik dussel (gosok). Adalah teknik menggambar dengan menggosok dan meninggalkan kesan gelap, terang atau tebal tipis.
  • Teknik siluet (blok). Gambar yang visualnya berupa blok warna hitam dan putih berupa garis outline.
  • Teknik pointilis. Memanfaatkan perpaduan pigmen warna pada palet saat melukis.

Itulah jenis benda karya tiga dimensi dan contohnya di sekeliling kita.

Ragam Bentuk – Menggambar karya seni objek sering kali disebut dengan benda atau model. Objek gambar adalah benda yang di tiru sebagai contoh gambar. Sebelumnya kita sudah membahas pengertian naturalisme, realisme, kubisme dan surialisme. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai kubistis, silindris, dan bebas, simak penjelasan berikut.

Pengertian Naturalisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – Pelajarindo.com

Ragam Bentuk

Ragam Bentuk adalah bentuk benda yang menjadi objek gambar sebuah karya. Ada dua macam bentuk benda yaitu geometris dan nongeometris. Bentuk geometris adalah bentuk yang beraturan seperti balok, kubus, linmas, kerucut, dan silinder. Sedangkan nongeometris adalah bentuk bebas yang tidak beraturan misalnya pemandangan, air terjun.

Menggambar adalah kegiatan manusia yang melibatkan penghilatan dan keahlisan tangan. Kooardinasi yang baik antara penglihatan dengan keahlian tangan dapat menghasilkan karya seni yang baik. Seni rupa sering di sebut gagaran manusia yang di ekspresikan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang yang di tata sedemikan rupa.

Menggambar dengan objek benda hendaknya di buat dengan seobjektif mungkin. Gambar yang di hasilkan bisa berupa real seperti keadaan objek atau bentuk imajinasi penggambarnya.

PENGERTIAN LUKISAN ABSTRAK | Contoh dan Penjelasan

Macam-Macam Bentuk Benda

Selain itu, macam-macam bentuk benda dapat di bedakan menjadi 3 bentuk yaitu kubistis, silindris dan bebas. Berikut ini adalah pembahasannya:

1.      Bentuk Kubistis

Bentuk kubistis adalah gambar yang berbentuk hampir sama atau menyerupai kubus atau balok. Gambar yang termasuk dalam kubistis adalah meja, lemari, televisi, kulkas dan benda yang berbentuk balok lainnya.

2.      Bentuk Silindris

Bentuk silindris adalah gambar yang berbentuk menyerupai silinder misalnya dan bulat. Gambar yang termasuk dalam silindris adalah bola, botol, ember, gelas, kaleng, teko dan bentuk-bentuk tabung lainnya.

3.      Bentuk Bebas

Bentuk bebas adalah gambar yang berbentuk tidak berdasarkan kubistis dan silindris melainkan bebas. Gambar ini termasuk gambar yang tidak memiliki peraturan yang pasti sehingga dalam penggambarannya bebas. Gambar yang termasuk dalam bentuk bebas adalah  busana, alam, kain dan lainnya.

Gambar Bentuk Benda

1.      Gambar Kubistis

Berikut ini adalah gambar kubistis antara lain:

2.      Gambar Silindris

Berikut ini adalah gambar silindris antara lain:

3.      Gambar Bebas

Berikut ini adalah gambar bebas antara lain:

Baca Juga:

Pengertian Surealisme, Contoh, Penjelasan Lengkap – Pelajarindo

Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

PENGERTIAN LUKISAN ABSTRAK | Contoh dan Penjelasan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Leave a Comment