Apa fungsi gambar dan balon pada komik

Asked by wiki @ 26/08/2021 in IPS viewed by 3663 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in IPS viewed by 3266 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in IPS viewed by 2680 persons

Asked by wiki @ 12/08/2021 in IPS viewed by 1906 persons

Asked by wiki @ 08/12/2021 in IPS viewed by 1767 persons

Asked by wiki @ 08/12/2021 in IPS viewed by 1703 persons

Asked by wiki @ 05/08/2021 in IPS viewed by 1681 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in IPS viewed by 1668 persons

Asked by wiki @ 16/08/2021 in IPS viewed by 1554 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in IPS viewed by 1538 persons

Asked by wiki @ 01/08/2021 in IPS viewed by 1514 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in IPS viewed by 1489 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in IPS viewed by 1429 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in IPS viewed by 1353 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in IPS viewed by 1294 persons

“Fungsi Komik | Oleh: CaraKomik”

Apa fungsi gambar dan balon kata pada komik? Sebelum menjawab pertanyaan ini, alangkah baiknya kita mengerti dulu tentang apa fungsi komik bagi kita. Kamu pastinya sudah pernah membaca sebuah komik, kan? Baik itu komik cetak maupun digital pastinya semua orang yang hidup di jaman modern pernah membacanya. Meskipun pernah membaca komik, masih saja ada orang yang tidak tahu fungsi dari komik. Mengapa komik ada? Apa fungsi gambar dan balon kata yang biasanya ada dalam komik? Pertanyaan di atas terkadang berdengung di pikiran kita. Meskipun sebenarnya jawabannya sederhana, tapi kita perlu memastikan kebenarannya kan?

Apa Fungsi Komik

Fungsi komik adalah untuk menyampaikan cerita melalui rangkaian gambar dan dialog untuk mendeskripsikan seluruh cerita yang ada di dalamnya.

Fungsi komik lainnya, yaitu:

  • Sebagai sarana menyampaikan Informasi dan edukasi.
  • Sebagai media hiburan.
  • Sebagai media seni.
  • Sebagai ekspresi atau pesan kepada khalayak ramai.

Setelah kita mengerti fungsi komik, sekarang kita bisa menjawab dua pertanyaan berikutnya dengan mudah.

Kedua pertanyaan tersebut adalah “Apa fungsi gambar pada komik?” dan “Apa fungsi balon kata pada komik?” yuk simak penjelasannya berikut ini..!

Gambar dan balon kata sangat erat hubungannya dengan komik, karena mereka berdua saling melengkapi agar komik makin mudah untuk dipahami oleh semua kalangan.

Pengertian Gambar Pada Komik

Gambar adalah salah satu unsur pening yang harus ada dalam sebuah komik. Dari gambar inilah kita bisa memahami dengan mudah jalan cerita dalam komik. Dengan adanya gambar pada komik maka aspek cerita akan terwujud secara gamblang. Bahkan, ada beberapa komik yang hanya memakai gambar tanpa ada teks dialog dalam panelnya.

Fungsi Gambar Pada Komik

“Fungsi Gambar Pada Komik | Oleh: CaraKomik”

Gambar pada komik berfungsi untuk menarik perhatian pembaca tentang isi dari suatu komik tersebut. Serta berguna untuk mendeskripsikan adegan yang sedang berlangsung dalam sebuah cerita komik Dengan adanya gambar membuat pembaca lebih mengetahui, memahami atau menghayati tentang kejadian yang sedang berlangsung atau memperlihatkan ekspresi karakter-karakter yang ada didalam komik.

Fungsi lain gambar pada komik bisa dilihat di bawah ini:

  • Membangun jalan cerita dalam komik.
  • Mewujudkan aspek cerita secara jelas serta estetis.
  • Mengungkapkan sesuatu hal secara lebih cepat daripada balon kata.
  • Untuk menarik perhatian orang.
  • Untuk memudahkan memahami sesuatu, baik itu lingkungan atau karakter yang terlibat dalam komik.
  • Sebagai sarana dramatisasi suatu kejadian yang ada di dalam cerita komik.
  • Memberi gambaran singkat pada tulisan atau cerita yang di sampaikan.
  • Sebagai nilai estetika.

Pengertian Balon Kata Pada Komik

Balon kata pada komik adalah ruang atau tempat khusus yang berguna untuk meletakkan teks narasi (dialog) atau tempat menampilkan kata-kata karakter. Balon kata merupakan salah satu elemen komik selain gambar. Dalam sebuah komik, balon kata menjadi gambaran dari dialog atau pembicaraan yang sedang terjadi.

Fungsi Balon Kata Pada Komik

“Fungsi Balon Kata Pada Komik | Oleh: CaraKomik”

Balon kata pada komik berfungsi sebagai tempat untuk menulis narasi atau dialog antar tokoh/individu. Terkadang balon kata pada komik diberi sebuah sentuhan khusus seperti ditulis menggunakan dibentuk tipografi dan di cetak tebal.

Berikut macam-macam balon kata pada komik:

  • Balon ucapan: Gambar berbentuk balon dan memiliki ekor runcing mengarah pada karakter yang sedang berbicara.
  • Balon pikiran: Gambar berbentuk balon yang berbentuk rantai putus-putus yang saling menyambung. Muncul saat karakter sedang berpikir didalam hati.
  • Caption: Digunakan untuk mengisahkan atau menjelaskan narasi yang tidak menggunakan dialog, sehingga caption sering kali dibedakan untuk menunjukkan fungsi dan balon kata.

Fungsi lain balon kata pada komik bisa dilihat di bawah ini:

  • Tempat meletakkan teks dialog.
  • Menunjukkan dialog antar karakter.
  • Merepresentasikan pikiran dari karakter.
  • Memberikan penjelasan naratif non dialog dari komik.

Demikianlah penjelasan tentang “Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik” dari CaraKomik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Terima kasih.


Page 2

Tahukah kamu, apa fungsi gambar dan balon kata pada komik? Gambar dan balon kata adalah dua unsur penting yang ada dalam setiap komik. Bagi kamu yang hobi membaca komik, pasti telah familiar dengan unsur ini. Komik apapun itu, pasti dilengkapi dengan gambar dan balon kata. Keduanya, dikolaborasikan untuk membentuk sebuah komik yang menarik untuk dibaca.

Lantas, apa fungsi gambar dan balon kata pada komik? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang fungsi gambar dan balon kata dalam sebuah komik. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang komik semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya…

Gambar adalah salah satu unsur dalam komik. Dari gambar inilah tautan cerita dalam komik akan terwujud secara utuh. Gambar menjadi unsur penting dalam komik selain teks, karena dengan gambar maka aspek cerita akan terwujud secara jelas dan estetis. Bahkan, ada beberapa komik yang hanya memakai gambar dalam panelnya tanpa menyertakan teks sedikitpun. 

Hal ini membuktikan bahwa gambar memegang peranan penting dalam terwujudnya komik secara utuh meskipun tanpa kehadiran teks didalamnya. Gambar dapat disebut sebagai bahasa universal yang mampu menembus rintangan yang disebabkan oleh perbedaan kata-kata maupun bahasa.  

Beberapa fungsi gambar pada komik, adalah sebagai berikut:

  1. Membangun tautan cerita dalam komik
  2. Mewujudkan aspek cerita secara jelas dan estetis
  3. Mengungkapkan sesuatu hal secara lebih cepat daripada teks 

Balon kata (ballon) adalah ruang tempat meletakkan teks narasi atau tempat menampilkan kata-kata. Balon kata adalah salah satu elemen ilustrasi. Dalam sebuah komik, balon kata menjadi representasi dari narasi atau pembicaraan dari keadaan yang sedang terjadi ataupun peristiwa yang sedang terjadi yang digambarkan dalam panel tersebut.

Balon kata terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu balon ucapan, balon pikiran, dan balon captions. Balon ucapan mewakili ucapan dialog tokoh, balon pikiran mewakili pikiran atau kata-kata batin tokoh, sedangkan balon captions digunakan sebagai penjelasan naratif non dialog dari gambar dalam panel.

Beberapa fungsi balon kata pada komik, adalah sebagai berikut:

  1. Tempat meletakkan teks
  2. Menunjukkan dialog antar tokoh
  3. Merepresentasikan pikiran dari tokoh 
  4. Memberikan penjelasan naratif non dialog dari ilustrasi

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 

7+ Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik
2019-08-22T09:52:00-07:00
Rating: 4.5
Diposkan Oleh:
Author Ilmusiana

Leave a Comment