Apa yang dimaksud dengan brosur dan jelaskan fungsinya?

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Brosur (brochure) yang belum ada yang dapat menjelaskan secara definisi.

Informasi tentang sesuatu atau buku kecil tidak berjilid (booklet) berisi gambar atau iklan tentang sesuatu didalam Oxford Advance Lenear”s Dictionary disebut brosur. Didalam karya JS Badudu(2001) menurut kamusnya dalam bahasa Indonesia. Publikasi singkat terdiri dari beberapa halaman tidak berjilid dan disebut brosur.

Alan Swann menyatakan brosur ialah pamflet atau booklet yang berisikan mengenai jasa atau produk. Dan dapat dijelaskan mengenai jasa atau produk yang berkarakter atau berkualitas untuk suatu penjualan. Brosur juga dapat di artikan sebagai cetakan yang berisikan suatu keterangan singakat perusahaan agar dapat diketahui secara umum.

Pengertian lainnya brosur juga dinyatakan sebagai suatu periklanan yang dapat dicetak pada suatu selembaran. Courtland L Bovee mendefinisikan sebagai suatu jasa atau ide yang tertuju pada komunikasi nonpersonal yang digunakan melalui biaya pemasangan atau informasi produk, Dan juga sebagai sponsor di berbagai media yang disampaikan melalui identifikasi serta persuasif.

Selebaran berbentuk terlipat terdiri dari selembar kertas yang secara dilipat dan dapat dilipat secara satu lipatannya atau lebih. Empat halaman terdiri dari satu lipat brosur, enam halaman terdiri dari dua lipat brosur, dan selanjutnya. Adapun brosur dari beberapa lembaran kertas yang menyerupai seperti buku. Dengan mengikuti garis vertikal atau horizontal cara atau bentuk melipatnya harus sesuai dengan rancangan yang digunakan.

Poster, atau leaflet, dan flyer itulah yang dapat membedakaannya. Terletak pada cara penyebaran dan kemasan yang membedakan antara bentuk media promosi tersebut. Poster, leaflet, dan flyer lembaran yang utuh tanpa lipatan sedangkan brosur lembarannya terlipat.

Poster cara penyebarannya secara di tempel di tempat yang strategis, flyer dengan cara digantung, sedangkan brosur dengan cara langsung dibagikan kepada yang tertuju atau yang layak mendapatkannya.

Penyampaian informasi pada brosur merupakan suatu bentuk komunikasi non personal yang dilakukan secara perantara melalui media. Akan tetapi bisa juga dilakukan secara personal di saat pelaksanaannya dan tidak cukup sebatas komunikasi non personal. Di dalam brosur hanya ada materi promosi yang menyatukan antara ilustrasi dengan tulisan atau memadukan gambar (Image).

BACA JUGA :   8 Jenis Rezeki dari Allah SWT, Telah Dijelaskan dalam Al-Qur’an

Jasa secara persuasif atau barang, menjual produk dengan cara menawarkannya, mengenalkannya, dan menyampaikannya termasuk materi yang dikemas secara singkat. Menerima brosur secara langsung termasuk komunikasi personal yang terjadi pada pelaku promosi dengan khalayak. Yang dinamakan komunikasi personal adalah dialog antara khalayak dengan pelaku promosi agar lebih mengetahui tentang apa yang ada didalam brosur.

Fungsi

Fungsi brosur yang paling utama dalam promosi dan pemasaran yang dibuat tanpa fungsi dan sebab. memberikan informasi ke masyarakat umum dengan menawarkan produk secara detail adalah termasuk fungsi utama brosur. Isi yang jelas dan menarik dengan desain brosur termasuk untuk menarik perhatian masyarakat pada umumnya.

Ciri-Ciri

Dengan media promosi lainnya contoh brosur memiliki ciri ciri atau karakteristik yang berbeda, dan bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Menginformasikan produk ke masyarakat.
  2. Isinya jelas dan desain menarik.
  3. Menarik perhatian publik semenarik mungkin.
  4. Didistribusikan secara sendiri.
  5. Hanya sekali terbit.
  6. Memiliki pesan tunggal.

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin membagikan artikel tentang Brosur berikut Adalah Penjelasannya:

Pengertian Brosur

Brosur adalah sebuah alat untuk dapat mempromosikan barang, jasa dan lain sebagainya, yang dimana terbuat dari sebuah kertas yang ada di dalamnya akan memiliki sejumlah informasi serta penawaran tentang jasa ataupun produk tersebut. Adapula pengertian yang lain mengenai brosur yakni adalah sebuah alat yang mempublikasi yang resmi dari sebuah perusahaan yang akan mempunyai bentuk cetakan, yang dapat memiliki berbagai informasi tentang sebuah produk , layanan, program atau yang lainnya, dan ditujukan pada pasar sasaran atau juga sasaran tertentu yang lainnya.

Dimana cara penyampaiannya sendiri dengan dibagikan secara gratis kepada pelanggan ataupun masyarakat yang akan bertujuan untuk memperkenalkan dengan lebih jelas dan juga secara rinci tentang produk, layanan, program atau yang lainnya supaya dapat membantu dari upaya pemasaran ataupun juga marketing public relations, dan ada beberapa fungsi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Fungsi Brosur

Sudah saya diberikan penjelasan tentang pengertian brosur, dan tentu saja masih belum cukup puas jika hanya penjelasan mengenai pengertiannya saja. Oleh sebab itu disini akan saya jelaskan kembali mengenai fungsi dari brosur itu sendiri yang akan dijelaskan berikut ini yakni:

  1. Sebagai media yang akan memberikan sebuah informasi kepada para konsumen yang juga berkaitan dengan perusahaan. Dimana informasi itu sendiri akan berkaitan dengan presentasi dari perusahaan, produk baru dari perusahaan ataupun juga layanan yang lain yang diberikan perusahaan tersebut yang ingin ditawarkan.
  2. Sebagai alat iklan atau juga promosi, yang dapat menarik ataupun memungkinkan untuk dapat mempromosikan satu ataupun lebih dari produk dan juga jasa.
  3. Desain dari sebuah brosur yang baik yang memungkinkan untuk dapat mempertahankan sebuah kriteria dari seluruh brosur dari perusahaan tersebut. Kriteria yang akan terkadang sering sekali disebut juga dengan konsep yang akan kemudian disatukan ke dalam seluruh jenis brosur, yang akan menjadikan perusahaan tersebut teridentifikasi dengan sangat mudah.

Lihat Juga:   Gotong Royong

Ciri-Ciri Brosur

Segala sesuatu tentu akan memiliki karakteristik maupun ciri-ciri tersendiri, begitu juga dengan brosur. Brosur juga akan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan media-media promosi yang lainnya. Adapun ciri-ciri dari brosur antara lain yakni:

  1. Umumnya memiliki pesan yang tunggal.
  2. Tujuannya menginformasikan produk kepada masyarakat luas.
  3. Hanya sekali diterbitkan.
  4. Dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian publik.
  5. Didistribusikan secara tersendiri (oleh perusahaan tersebut).
  6. Desainnya menarik dan isinya jelas.

Manfaat Brosur

Pentingnya Brosur Untuk Promosi

Brosur adalah secarik kertas yang ada di dalamnya memuat tulisan (tulisan atau gambar) dan akan memiliki tujuan tertentu. Misalnya dalam dunia usaha brosur akan memuat hal-hal yang dapat mengajak agar pembaca tertarik atau membeli atas produk dan jasa yang di tawarkan dalam brosur.

Meskipun sekarang di era digital ada HP (sms), radio, televisi, internet, ataupun yang lain-lain, tapi brosur ini masih saja sangat penting baik bersifat pokok ataupun perlengkapan,terus kenapa?? Jawabannnya adalah yakni:

1.Promosi brosur bisa di mulai dengan cara yang paling sederhana dan paling murah.misalnya, tulis tangan, ketikan manual, print computer yang dapat di perbanyak dengan foto copy.
2.Brosur tidak membutuhkan alat tertentu untuk memperlihatkan isi dan tujuannya hanya butuh mata saja.
3.Brosur bisa memuat keterangan lebih lengkap sesuai selera, sedangkan media digital sering terbatas.
4.Brosur bisa di bawa dan langsung di berikan kepada siapa saja yang di tuju (lebih fokus terhadap segmen).
5.Brosur bisa di simpan dan di baca ulang jika sewaktu-waktu di butuhkan.
6.Brosur bisa di jadikan barang koleksi yang mengandung nilai edukasi tinggi.

7.Saat ini hampir setiap orang memiliki HP, kondisi ini sangat mendukung penyebaran brosur karena apabila tertarik dengan brosur yang di sebar akan segera merespon.

Definisi atau pengertian brosur dan fungsinya lengkap dapat kamu baca dan juga telaah di artikel ini. Brosur adalah suatu alat untuk promosi barang, jasa dan lain-lain, yang terbuat dari kertas yang dimana di dalamnya terdapat sejumlah informasi dan juga penawaran mengenai jasa atau produk tersebut.

A. Apa Pengertian Brosur?

Definisi brosur yang lainnya adalah suatu alat publikasi resmi dari perusahaan yang berbentuk cetakan, yang berisi berbagai informasi mengenai suatu produk, layanan, program dan sebagainya, yang dimana ditujukan kepada pasar sasaran atau sasaran tertentu.

Cara menyampaikannya di bagikan secara gratis kepada pelanggan atau masyarakat dengan tujuan untuk memperkenalkan secara lebih jelas dan rinci mengenai produk, layanan, program dan sebagainya untuk membantu upaya pemasaran ataupun marketing public relations.

sumber gambar: pxhere.com

B. 3 Fungsi Brosur

Secara umum fungsi brosur dibagi menjadi tiga macam, antara lain:

1. Fungsi Informatif

Yang pertama Fungsi informatif adalah brosur biasanya dipakai untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial kamu berkaitan dengan perusahaan kamu. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan kamu, produk baru atau layanan yang perusahaan yang ingin kamu tawarkan, ataupun perubahan terbaru dalam nama perusahaan kamu, dan lain-lain.

2. Fungsi Iklan

Lalu yang kedua Fungsi iklan adalah brosur benar-benar sangatlah penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga memungkinkan kamu untuk mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.

3. Fungsi Identifikasi

Dan yang ketiga Fungsi Identifikasi adalah desain dari brosur yang baik memungkinkan kamu untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan kamu. Jika kriteria tersbut (kadang disebut dengan konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan kamu sangat mudah di identifikasi, ini akan memberikan prestise dan juga kredibilitas perusahaan kamu.

Hal tersebut sangat penting untuk brosur perusahaan kamu tidak hanya memiliki “konsep”, akan tetapi juga memiliki logo, sebuah logo yang dirancang dengan baik sangatlah penting bagi setiap perusahaan, yaitu salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.

Baca Juga: Pengertian Spanduk dan Baliho

Baca Juga: Pengertian Media Promosi

C. Ciri-Ciri Brosur

Meski begitu banyak batasan tentang brosur yang berbeda-beda, tetapi secara umum mempunyai kesamaan dalam hal diantaranya:

  • Pernyataan pesannya selalu tunggal.
  • Dibuat bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Di terbatikan hanya sekali, akan tetapi bisa di cetak ulang berkali-kali baik dengan diperbarui maupun tidak.
  • Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan atau publiknya.
  • Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
  • Copynya harus jelas serta desainnya haruslah menarik.

Itu saja artikel mengenai pengertian brosur dan fungsinya, semoga dapat bermanfaat dan membantu kawan-kawan dalam memahaminya…

Leave a Comment