Apa yg dimaksud cell dalam microsoft excel

Apa itu cell dalam Excel? Fungsinya untuk apa? Adakah bedanya dengan sheet? Berikut AneIqbal sajikan penjelasan lengkapnya.

Cell merupakan salah satu istilah yang paling sering didengar ketika berurusan dengan Microsoft Excel. Sebab, hampir seluruh halaman pada Ms Excel yang Anda lihat merupakan cell.

Ohiya, cell dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai sel. Sekadar sedikit informasi tambahan untuk Anda yang belum tahu.

Apa itu cell dalam Excel?

Cell adalah sebuah kotak pada Microsoft Excel yang dapat diisi oleh sebuah data atau formula tertentu. Dengan kata lain, cell berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk data dan formula/rumus yang akan diolah.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Range dalam Excel?

Ketika kita membuka program Ms Excel, ada begitu banyak kotak (lebih tepatnya persegi panjang) yang tampak di layar. Sebab, di cell inilah area bermain pada program Microsoft Excel.

Cell terdiri dari baris dan kolom. Baris Excel ditandai dengan deretan angka di sisi kiri yang jumlahnya mencapai 1.048.576 baris. Untuk kolom Excel ditandai dengan huruf yang terletak di sisi atas yang jumlahnya mencapai 16.384 kolom.

Itulah jumlah maksimal baris dan kolom dalam sebuah sheet. Sementara untuk jumlah sheetnya tidak terbatas tergantung dari kekuatan RAM dan procesor komputer yang digunakan.

Semakin besar kapasitas RAM dan prosesor yang digunakan, maka semakin banyak data yang bisa diproses oleh Excel. Proses datanya pun juga menjadi lebih cepat.

Baca juga: operasi hitung pada microsoft Excel

Berdasarkan pengalaman, menggunakan Microsoft Excel pada komputer dengan spesifikasi di bawah standar bisa menjadi not responding ketika memproses data dalam jumlah besar. Standar di sini maksudnya adalah untuk kebutuhan perkantoran yang terbiasa memproses banyak data.

Pada akhirnya, pekerjaan menjadi terganggu karena not responding terus terjadi. Hal itu tidak terjadi lagi setelah melakukan upgrade RAM dan mengganti harddisknya menjadi SSD. Dua komponen tersebut sangat membantu meringankan kinerja prosesor.

Kembali ke Microsoft Excel. Jadi, sekarang kita tahu bahwa cell merupakan wadah data/formula dan sheet merupakan lembar kerja yang di dalamnya memuat kumpulan cell. Semoga tidak bingung lagi dengan kedua istilah tersebut.

Satu hal lagi, cell akan aktif (bisa diinputkan data/formula ke dalamnya) jika terdapat cell pointer pada cell tersebut. Cell pointer ini mirip seperti kursor namun dengan bentuk seperti cell (persegi panjang) dengan garis berwarna hijau.

Itulah pembahasan singkat terkait apa itu cell dalam Excel. Semoga bisa sedikit mencerahkan sekaligus menjawab pertanyaan Anda.

Sel merupakan unit penyimpanan dalam program spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Google Sheets. Sel adalah kotak-kotak berisi data yang ada pada spreadsheet. Apa yang dimaksud dengan sel pada Excel di dalam spreadsheet disusun berdasarkan kolom dan baris dalam sebuah worksheet (lembar kerja), dan dapat diformat berdasarkan nilai estetis ataupun tampilannya. Itulah apa yang dimaksud dengan sel pada Excel.

Catatan: Instruksi dalam artikel ini dapat diterapkan pada Excel 2019, 2016, 2013, 2010; Excel untuk Microsoft 365; Excel Online; Excel untuk Mac; dan Google Sheets.

Jenis Sel Spreadsheet

Sel memiliki empat jenis informasi (disebut juga tipe-tipe data):

  • Angka-angka, seperti rumus, tanggal, dan waktu.
  • Tulisan, biasa disebut sebagai text strings atau strings saja.
  • Nilai boolean pada TRUE atau FALSE.
  • Errors, seperti #NULL!, #REF!, dan #DIV/0! yang mengindikasikan adanya masalah.

Apa Itu Referensi Sel?

Referensi sel merupakan sebuah sistem yang mengidentifikasi data dan memberikan alamat pada data supaya dapat diletakkan dalam spreadsheet. Referensi sel digunakan dalam spreadsheet untuk mengidentifikasi sel secara terpisah dan juga merupakan sebuah kombinasi dari huruf kolom dan nomor baris sesuai di mana sel tersebut diletakkan.

Untuk menulis referensi sel, mulai dengan huruf kolom dan akhiri dengan nomor baris, seperti A14 atau B329. Dalam gambar di atas, angka Household diletakkan di sel F1 dan sel yang ditandai terletak di G7.

BACA JUGA :   Olah Data Psikologi Menggunakan Microsoft Excel? Bisa!

Referensi sel digunakan pada rumus untuk merujuk pada sel lain. Contohnya, ketimbang menulis angka $360 di dalam rumus yang ada dalam sel D1, berikan referensi pada sel G5. Saat referensi sel digunakan, bila data pada sel G5 berubah, maka rumus dalam sel D1 juga akan berubah.

Mengatur Format Sel

Berdasarkan standarnya, semua sel dalam worksheet menggunakan format yang sama. Namun, hal ini membuat worksheet besar yang berisi banyak data menjadi sulit terbaca. Memformat worksheet dapat mengalihkan perhatian pembaca ke bagian-bagian tertentu dan membuat data menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami.

Pengaturan format sel juga meliputi melakukan perubahan pada sel, contohnya dengan mengubah warna latar belakang, pemberian border (pinggiran), atau meluruskan data dalam sel. Sebaliknya, pengaturan format angka berhubungan dengan bagaimana angka ditampilkan pada sel—misalnya apakah angka dalam sel menggambarkan mata uang atau persentase.

ANGKA YANG DISIMPAN VS. DITAMPILKAN

Baik dalam Excel maupun Google Sheets, saat format angka sudah diatur, angka yang ditampilkan pada sel mungkin akan berbeda dari angka yang disimpan dalam sel dan digunakan dalam penghitungan.

BACA JUGA :   Cara Menghilangkan Garis di Excel (Gridlines)

Catatan: Saat melakukan perubahan format angka pada sel, perubahan-perubahan tersebut hanya berdampak pada tampilan angka, bukan pada angka itu sendiri.

Contohnya, bila angka 5,6789 dalam sel diformat untuk menampilkan hanya dua angka desimal (dua digit angka ke sebelah kanan desimal), maka sel akan menampilkan angka 5,68 karena ada pembulatan tiga digit.

PENGHITUNGAN DAN PENGATURAN FORMAT ANGKA

Saat menghitung menggunakan data sel yang sudah diformat, maka seluruh angka—dalam contoh, 5,6789—akan digunakan dalam seluruh penghitungan, bukan angka yang sudah dibulatkan yang muncul pada sel.

Cara Menambah Sel dalam Worksheet

Jumlah sel dalam worksheet tidak terbatas, jadi kamu tidak perlu menambah sel lagi di dalam sheet. Namun, kamu dapat menambah data ke dalam spreadsheet dengan cara menambahkan sel atau kelompok sel di antara sel lainnya.

Untuk menambahkan sel dalam worksheet:

  1. Klik kanan atau klik dan tekan lokasi sel yang ingin kamu tambahkan.
  2. Dalam Google Sheets, pilih Insert cells, kemudian pilih Shift right atau Shift down. Langkah ini memindahkan satu spasi pada setiap sel di arah itu dan menambahkan sel kosong di area yang dipilih. Dalam Excel, pilih Insert, kemudian pilih Shift cells right, Shift cells down, Entire row, atau Entire column. Pilih OK untuk menambahkan sel. Catatan: Jika kamu memilih lebih dari satu sel, program akan menambahkan sel yang banyak pula ke dalam worksheet. Sebagai contoh, tandai satu sel untuk menambah hanya satu sel, atau tandai lima sel untuk menambah lima sel ke lokasi tersebut.
  1. Sel akan pindah, dan sel kosong akan ditambah.

BACA JUGA :   Cara Menambahkan Drop-down List Ke Dalam Sel Excel

Menghapus Sel dan Isi Sel

Sel beserta isinya dapat dihapus dari worksheet. Saat dihapus, sel beserta datanya baik dari bawah maupun dari sebelah kanannya sel yang dihapus akan pindah untuk mengisi kekosongan sel.

  1. Tandai satu atau lebih sel untuk dihapus.
  2. Klik kanan sel yang dpilih dan klik Delete.
  3. Dalam Excel, pilih Shift cells left atau Shift cells up, kemudian klik OK. Menu yang ditampilkan di bawah ini merupakan salah satu cara untuk menghapus baris dan kolom. Dalam Google Sheets, pilih Shift left atau Shift up.
  1. Sel beserta datanya akan terhapus.

Tips: Untuk menghapus isi yang ada pada satu atau lebih sel tanpa menghapus selnya, tandai sel yang akan dihapus, kemudian tekan Delete

Leave a Comment