Asmaul husna juga terdapat dalil dari hadits yang diriwayatkan oleh siapa?

Masjid asmaul husna seluruh dindingnya diberi hiasan nama-nama Allah yang indah. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Dalil tentang Asmaul Husna banyak disebutkan dalam Al Quran dan hadits. Asmaul husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik dan indah.

Muslim dianjurkan untuk senantiasa menyebut dan berdzikir dengan menyebut asmaul husna. Selain akan mendapatkan pahala dan ampunan, juga ketenangan sukses dunia akhirat.

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Disebutkan dalam Al Qur’an bahwa orang yang hafal Asmaul husna akan dijamin masuk surga. Allah juga akan memberikan balasan yang baik bagi tiap hamba-Nya yang menyertakan asmaul husna dalam setiap doanya.

Penegasan dalil tentang asmaul husna disebutkan dalam Al Qur’an, Surat Al A’raf. Allah SWT berfirman

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Artinya: Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Al A’raf: 180).

Dalil tentang asmaul husna lainnya juga disebutkan dalam Surat Al Hasyr. Allah SWT berfirman:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (22) هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ (23) هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (24) }

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

“Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang mempunyai nama-nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (QS. Al Hasyr ayat 23-24).

Ada 99 asmaul husna sesuai dengan sifat-sifat Allah SWT yang Mahaagung dan Mahabijaksana.

Dalil tentang asmaul husna berjumlah 99 diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

“إِنَّ لِلَّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا، مِائَةٌ إِلَّا وَاحِدًا، مَنْ أَحْصَاهَا دخل الجنة، وهو وتر يُحِبُّ الْوِتْرَ”

Artinya: Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, alias seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitung-hitungnya, niscaya masuk surga; Dia Witir dan menyukai yang witir”.

Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya untuk mempelajari dan menghafal asmaul husna sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Mas’ud ra, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

“مَا أَصَابَ أَحَدًا قَطُّ هَمٌّ وَلَا حُزْنٌ فَقَالَ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكِ، ابْنُ أَمَتِكِ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَعْلَمْتَهُ أَحَدًا مَنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي، إِلَّا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَحُزْنَهُ وَأَبْدَلَهُ مَكَانَهُ فَرَحًا”. فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفَلَا نَتَعَلَّمُهَا؟ فَقَالَ: “بَلَى، يَنْبَغِي لِكُلٍّ مِنْ سَمِعَهَا أَنْ يَتَعَلَّمَهَا”.

Tidak sekali-kali seseorang tertimpa kesusahan, tidak pula kese­dihan, lalu ia mengucapkan doa berikut: “Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hambamu, anak hamba, dan amat (hamba perempuan)-Mu, ubun-ubun (roh)ku berada di dalam genggaman kekuasaan-Mu, aku berada di dalam keputusan-Mu, keadilan belakalah yang Engkau tetapkan atas diriku. Aku memohonkan kepada Engkau dengan menyebut semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan dengannya diri-Mu, atau yang Engkau turunkan di dalam kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu, atau Engkau menyimpannya di dalam ilmu gaib di sisi-Mu, jadikanlah Al-Qur’an yang agung sebagai penghibur kalbuku,-cahaya dadaku, pelenyap dukaku, dan penghapus kesusahanku,” melainkan Allah menghapuskan darinya kesedihan dan kesusahannya, dan menggantikannya dengan kegembiraan. Ketika ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?” Rasulullah Saw. menjawab: Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya.

Wallahu A’lam

Dalil Asmaul Husna dalam Alquran. Sumber: quranonline.net

Sebagai umat muslim, kita tentu sudah mengetahui bahwa Allah SWT memiliki 99 nama dan sifat baik yang terangkum dalam sebutan Asmaul Husna. Dalil asmaul husna yang dimiliki oleh Allah SWT ini sendiri bisa kita temukan dalam beberapa ayat alquran.

Adapun penegasan dalil asmaul husna atas Allah bisa kita simak lewat surat Al A’raf ayat 180, dengan terjemahan sebagai berikut: “Hanya milik Allah nama-nama (asmaul husna), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama (asmaul husna) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180). Dalil ini sendiri bisa digunakan sebagai dasar atau pedoman bagi para muslim untuk memanfaatkan asamul husna sebagai bacaan dzikir.

Dalil asmaul husna juga bisa kita temukan dalam ayat alquran lain, tepatnya pada ayat ke-110 surat Al Isra’. Berikut terjemahan ayat tersebut: “Katakanlah: ‘serulah Allah atau serulah Ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (QS. Al Isra’: 110).

Dalil Asmaul Husna dalam Ayat Alquran

Di samping kedua ayat alquran tadi, dalil lain yang menyebutkan bahwa Allah memiliki nama-nama terbaik (asmaul husna) juga tercantum dalam ayat ke-8 surat Thaha dan ayat ke-24 surat Al Hasyr. Berikut terjemahan dalilnya:

“Dialah Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai asmaul husna (nama-nama yang baik).” (QS. Thaha: 8)

“Dialah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, bagi-Nya nama-nama yang baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksana.” (QS. Al Hasyr: 24).

Selain memiliki dalil yang bersumber dari alquran, dalil asmaul husna juga diperkuat lewat hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Begini bunyi hadistnya: “Sesungguhnya Allah mempunyai Sembilan puluh Sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghapalkannya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari).

Meski nama-nama terbaik Allah sifatnya tidak terbatas, namun berdasarkan dalil asmaul husna lewat hadist tadi, umat muslim diwajibkan untuk mengetahui 99 sifat dan nama baik Allah. (HAI)

Leave a Comment