Bagaimana cara melakukan tendangan mendatar

Seusai Dibikin Malu Bilqis Prasista, Akane Yamaguchi Libas Ratu Bulu Tangkis Taiwan

Masih Terguncang Usai Dikalahkan Bilqis, Akane Yamaguchi Salahkan Hal Ini

Bilqis Prasista dan Syabda Perkasa, Beda Perjuangan dengan Strategi yang Sama

Reaksi Bilqis Prasista Usai Indonesia Tersingkir di Uber Cup 2022

Sebelum Menggila, Syabda Perkasa Diteriaki Kevin dan Hendra/Ahsan

Hasil Piala Uber 2022: Bilqis Tumbang, Indonesia Kalah 0-3 dari China

Bilqis Kalah, Indonesia Tersingkir dari Uber Cup 2022

Baresi Beberkan Perbedaan Tonali Dengan Gelandang Legendaris Italia Lain

Frenkie de Jong 95 Persen Tinggalkan Barcelona, Bakal Gabung Manchester United

Bilqis Prasista Menyesal Gagal Kalahkan He Bing Jiao Karena Kurang Sabar

Sepak Bola SEA Games: Tak Sebut Indonesia, Pelatih Malaysia Anggap Vietnam Tim Terkuat Grup A

Piala Thomas dan Uber 2022: Indonesia Bertemu China di Perempat Final

Lihat Foto

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

Pemain Indonesia Andik Vermansah menendang bola dalam laga persahabatan melawan Chelsea di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2013). Laga ini merupakan bagian dari rangkain tur klub Chelsea di Asia.

KOMPAS.com – Menendang bola merupakan salah satu teknik dasar sepak bola.

Dalam permainan sepak bola, menendang bola bisa dilakukan untuk mencetak gol atau memberikan umpan kepada rekan setim.

Tendangan yang bertujuan untuk menjebol gawang lawan disebut tembakan atau shooting.

Sementara, tendangan yang bertujuan untuk memberikan umpan kepada rekan setim lawan disebut mengoper atau passing.

Baca juga: Penyerang dalam Sepak Bola: Nama Lain, Tugas, dan Macam-macam Peran

Adapun dalam permainan sepak bola tendangan akan menghasikan dua jenis, yakni mendatar dan melambung. Pada artikel ini, akan membahas menendang bola melambung.

Cara menendang bola melambung dalam sepak bola

Bola ditendang pada bagian bawah maka arah bola akan menghasilkan bola tendangan melambung ke udara dan melewati kepala pemain lawan (overhead).

Tendangan bola melambung akan menghasilkan operan jarak jauh maupun operan silang ke daerah pertahanan lawan, karena itu skill ini adalah salah satu teknik yang mematikan bagi lawan.

Baca juga: Perbedaan Full-back dan Wing-back dalam Sepak Bola

Lantas bagaimana cara menendang bola melambung? Ada tiga tahap untuk menendang bola melambung, yaitu:

Posisi badan kita berada di belakang bola sehingga kita akan lebih memiliki power saat melakukan tendangan.

Untuk dapat menghasilkan bola melambung, maka kita harus memiliki keseimbangan badan yang baik.

Posisi badan saat menendang bola melambung atau jarak jauh adalah dengan mencondongkan badan ke depan dengan posisi menyerong.

Baca juga: Tugas Kiper dalam Sepak Bola

Kemudian, posisikan kaki yang menjadi tumpuan sejajar dengan bola dengan ujung kaki mengarah ke arah yang dituju dan lutut sedikit menekuk.

Saat melakukan tendangan melambung sentuhan bola pada bagian bawah. Hal itu akan membuat bola melambung dan menimbulkan efek backspin (bola berputar ke belakang).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Lihat Foto

LLUIS GENE/AFP

Penyerang Barcelona. Lionel Messi, menendang bola dalam duel Liga Spanyol 2020-2021 menghadapi Huesca di Stadion Camp Nou pada 15 Maret 2021.

KOMPAS.com – Menendang bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Kemampuan menendang bola dengan baik diperlukan untuk bisa memainkan sepak bola.

Sebab, menendang bola berguna untuk mengumpan (passing) dan menembak bola ke arah gawang atau shooting.

Dalam sepak bola, teknik shooting bola terbagi menjadi tiga jenis tendangan, yaitu menendang bola dengan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki.

Pada kali ini, hanya membahas cara melakukan tendangan menggunakan kaki bagian dalam.

Baca juga: Sepak Bola: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud) dan situs US-Soccer, berikut cara shooting bola dengan kaki bagian dalam:

Tendangan bola ke gawang dengan kaki bagian dalam akan menghasilkan tembakan yang cenderung datar. Selain itu, hasil tembakan yang dilepaskan juga lebih terarah.

Sumber gerakan pada waktu menendang bola dengan kaki bagian dalam yang benar berada pada pangkal paha.

Melihat hal tersebut, menendang bola dengan kaki bagian dalam berguna untuk memberi umpan baik umpan pendek (short pass) atau umpan jauh (long pass).

Baca juga: Kisah Unik di Balik Istilah Hattrick dalam Sepak Bola

Dalam umpan pendek, biasanya bola bergerak mendatar atau menyusur tanah. Perkenaan kaki pada bola untuk arah bola menyusur tanah dengan teknik menendang menggunakan kaki bagian dalam adalah sekitar tumit dan punggung kaki dalam.

Sementara perkenaan kaki pada bola untuk arah bola melambung dengan teknik kaki bagian dalam adalah sisi dalam ibu jari. 

tirto.id – Sepak bola merupakan permainan olahraga beregu, dengan jumlah main masing-masing tim sebanyak 11 orang. Dalam sepak bola, setiap tim harus berusaha memasukkan bola ke gawang regu lawan. Keberhasilan pemain memasukkan bola ke gawang lawan biasa disebut gol.

Permainan sepak bola diperkirakan pertama kali muncul di Cina, pada masa Dinasti Han (abad 2 atau 3 M). Bola yang dipakai saat itu terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulung hingga berbentuk bundar.

Setelah lewat masa belasan abad, permainan sepak bola dengan bola yang berbeda populer di Inggris. Popularitas olahraga ini di Inggris mendorong kelahiran badan resmi yang menaungi sepak bola. Di negeri yang disebut tempat kelahiran sepak bola modern itu, berdiri badan resmi yang mengatur sepak bola pada 26 Oktober 1863, bernama English Football Assosiasion (FA).

FA melahirkan peraturan sepak bola modern beberapa bulan setelah berdiri, yakni pada 8 Desember 1863. Lalu, berkembang gagasan membentuk wadah pesepakbolaan dunia.

Baca juga:

  • Apa yang Dimaksud dengan Offside dalam Sepak Bola?
  • Teknik Dasar Permainan Sepak Bola: Passing, Dribble, Shoot, Heading

Berkat inisiatif dari Guerin (tokoh sepak bola Prancis), dibentuklah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pada 21 Mei 1904. Setelah lewat beberapa dasawarsa, pada 1930, FIFA akhirnya menyelenggarakan kompetisi sepak bola di level dunia untuk pertama kalinya, yakni Piala Dunia (World Cup) di Uruguay.

Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai seorang pemain sepak bola. Dalam buku Soccer Fundamentals (2003), Danny Mielke menjelaskan teknik dasar yang harus dikuasai pemain sepak bola adalah passing (mengoper bola dari kaki ke kaki), dribbling (menendang bola pendek-pendek dan terputus-putus semabri berlari), shooting (menendang bola ke arah gawang tim lawan), dan heading (menyundul bola memakai dahi, bagian depan, kanan, maupun kiri).

Di antara keempat teknik dasar dalam permainan sepak bola itu, 3 di antaranya berkaitan dengan menendang bola memakai kaki. Bagaimana cara menendang bola dengan benar dalam permainan sepak bola? Berikut ini penjelasannya.

Cara Menendang Bola dengan Benar dalam Sepak Bola

Siapa pun bisa menendang bola dengan mudah. Namun, dalam sepak bola, menendang bola memiliki tekniknya sendiri. Bola tidak serta merta ditendang sekuat tenaga apabila ingin memperoleh hasil tendangan yang akurat dan sesuai tujuan.

Mengutip modul PJOK Kelas XI (2020) terbitan Kemendikbud, menendang adalah teknik dasar yang pertama kali harus dikuasai seorang pemain sepak bola. Dengan menguasai teknik tendangan, maka pemain bisa memperoleh kemampuan untuk mengarahkan dan mengatur kecepatan laju bola. Cara menendang tiap pemain mungkin saja sama, tapi hasil akhirnya dapat berbeda jika area perkenaan bola dan gerakan lanjutannya dimanipulasi.

Bagian kaki yang dipakai saat menendang turut menghasilkan arah gerakan dan perbedaan kecepatan pada bola. Oleh sebab itu, pemain mesti cermat dalam memilih penggunaan bagian kaki untuk menendang.

Baca juga:

  • Teknik Heading dalam Sepak Bola: Cara Menyundul Bola dengan Benar
  • Inikah Generasi Emas Sepak Bola Italia?

Misalnya, untuk membuat gerakan bola datar, maka bola harus dikenai pada bagian tengah dan dengan gerakan akhir berupa sikap kaki tidak boleh terlampau tinggi. Begitu pula saat menginginkan bola melambung, maka bola harus dikenai pada bagian bawah sewaktu menendang dan gerakan akhir berupa kaki diangkat tinggi hingga di antara perut dan dada.

Pengertian menendang bola dalam sepak bola adalah keterampilan gerak yang dilakukan dengan menggunakan bagian kaki dalam, luar, punggung, dan bagian kaki lainnya dengan tujuan mengumpan atau mencetak gol. Maka itu, ada 3 teknik dasar menendang bola dalam permainan sepak bola.

Berikut penjelasan mengenai 3 teknik menendang bola tersebut, seperti dikutip dari Modul PJOK Kelas XI (2020) terbitan Kemdikbud dan satu sumber lainnya yang dirilis oleh institusi serupa.

1. Teknik Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar

Teknik ini sangat efektif digunakan untuk tendangan jarak jauh seperti mengumpan teman pada jarak jauh di samping kanan atau kiri. Tendangan ini bisa pula untuk melakukan sepakan langsung ke arah gawang lawan.

Cara Menendang bola dengan kaki bagian luar yang benar adalah sebagai berikut:

  • Posisi tubuh berdiri menghadap arah bola
  • Pastikan kaki kiri dalam posisi tepat di samping bola dengan memutarnya ke arah dalam
  • Kedua tangan rileks untuk membantu keseimbangan tubuh
  • Pakai kaki kanan untuk menendang dengan agak memutar ke dalam sembari mata mengarah pada bola
  • Ayunkan kaki dan sentuhkan kaki bagian luar ke bola
  • Condongkan bobot tubuh ke depan ketika menendang

Teknik menendang bola dengan kaki bagian luar (outside of the foot) juga bisa dilakukan dalam 3 tahapan sebagai berikut:

a. Persiapan

  • Letakkan kaki yang menahan keseimbangan sedikit di samping belakang bola
  • Arahkan kaki ke depan
  • Tekukkan lutut kaki
  • Ayunkan kaki yang akan menendang ke belakang di belakang kaki yang menahan keseimbangan
  • Luruskan kaki ke arah bawah dan putar kea rah dalam
  • Rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan
  • Kepala tidak bergerak
  • Fokuskan pehatian pada bola.

b. Pelaksanaan

  • Tundukkan kepala dan tubuh di atas bola
  • Sentakkan kaki yang akan menendang ke depan
  • Kaki tetap lurus
  • Tendang bola dengan bagian samping luar (instep)
  • Tendang bagian pertengahan bola ke bawah.

c. Gerakan lanjutan

  • Pindahkan berat badan ke depan
  • Gunakan gerakan menendang terbalik
  • Sempurnakan gerakan akhir dari kaki yang menendang.

2. Teknik Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Kaki bagian dalam bisa dimanfaatkan untuk menendang bola saat mengoper pada teman yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Cara menendang bola dengan kaki bagian dalam yang benar adalah sebagai berikut:

  • Sikap tubuh menghadap bola
  • Tumpukan kaki kiri tepat di samping bola dan lutut agak menekuk
  • Tubuh sedikit condong ke belakang
  • Tekuk kedua tangan pada sisi tubuh untuk memperoleh keseimbangan
  • Konsentrasikan diri pada bola dan arah target tendangan
  • Bidik bola memakai bagian dalam kaki pada area tengah bola
  • Ayunkan kaki kanan ke arah depan dan menendang bola dengan target bola di samping
  • Setelah menendang, berat badan ditumpukan pada kaki kanan (atau pada kaki yang dominan untuk menendang)
  • Daratkan dengan mendahulukan kaki kanan dengan baik.

Teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam (inside of the foot) juga bisa dibagi dalam 3 tahapan, yakni:

a. Persiapan

  • Berdiri menghadap bola
  • Bahu dan pinggul lurus menghadap bola
  • Tekuk sedikit lutut kaki tumpu
  • Letakkan kaki tendang agak ke belakang dan posisikan badan agak serong menyamping
  • Ayunkan kaki yang akan menendang ke belakang
  • Tempatkan kaki dalam posisi menyamping
  • Tangan direntangkan untuk menjaga keseimbangan
  • Kepala tidak bergerak
  • Fokuskan perhatian pada bola.

b. Pelaksanaan

  • Ayunkan kaki yang akan menendang ke depan
  • Jaga kaki agar tetap lurus
  • Tendang bagian tengah bola dengan bagian samping dalam kaki.

c. Gerakan lanjutan

  • Pindahkan berat badan ke depan
  • Lanjutkan gerakan searah dengan bola
  • Tahan posisi kaki sejajar dengan bola.

3. Teknik Menendang Bola dengan Punggung Kaki

Tendangan yang memakai punggung kaki umumnya ditujukan untuk melakukan sepakan jarak jauh. Teknik ini cocok untuk melakukan tendangan keras menuju gawang.

Cara menendang bola dengan punggung kaki yang benar adalah sebagai berikut:

  • Tubuh menghadap bola
  • Kaki kiri menumpu dan diposisikan tepat pada sisi bola dengan lutut agak menekuk
  • Kedua tangan rileks untuk menjaga keseimbangan
  • Fokus mata tertuju pada bola
  • Tekuk pergelangan kaki ke bawah (kaki yang dipakai untuk menendang)
  • Tekuk kaki tersebut menghadap ke depan lutut kaki kanan sewaktu menendang dan ayunkan ke arah bola sebelum menyentuhkan kaki ke bagian belakang bola
  • Tumpukan berat badan ke arah depan setelah menendang.

Teknik menendang bola dengan punggung kaki (instep) juga bisa dibagi dalam 3 tahapan, yakni:

a. Persiapan

  • Dekati bola dari belakang pada sudut yang tipis
  • Letakkan kaki yang menahan keseimbangan di samping bola
  • Arahkan kaki ke target
  • Tekukkan lutut kaki
  • Bahu dan pinggul lurus dengan target
  • Tarik kaki yang menendang ke belakang
  • Bagian kura-kura kaki diluruskan dan dikuatkan
  • Lutut kaki berada di atas bola
  • Rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan
  • Kepala tidak bergerak
  • Fokuskan perhatian pada bola.

b. Pelaksanaan

  • Pindahkan berat badan ke depan
  • Kaki yang akan menendang disentakkan dengan kuat
  • Kaki tetap lurus
  • Tendang bagian tengah bola dengan bagian kura-kura kaki.

c. Gerakan lanjutan

  • Lanjutkan gerakan searah dengan bola
  • Berat badan pada kaki yang menahan keseimbangan
  • Gerakan terakhir kaki sejajar dengan dada.

Baca juga
artikel terkait
TEKNIK SEPAK BOLA
atau
tulisan menarik lainnya
Ilham Choirul Anwar

(tirto.id – ica/add)


Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
Kontributor: Ilham Choirul Anwar

Subscribe for updates
Unsubscribe from updates

Leave a Comment