Bagi orang yang beriman kegagalan dalam berusaha dianggap sebagai

Brilio.net – Kegagalan memang menyakitkan. Setiap orang menerima kegagalan dengan caranya masing-masing. Ada yang meresponsnya secara negatif ada pula secara positif.

BACA JUGA :
39 Kata-kata bijak tentang wanita tangguh, penuh makna & motivasi

Kebanyakan orang sejak kecil sudah diajarkan untuk menerima apa yang ia raih hari ini. Misalnya, seorang anak gagal dalam ulangan hariannya di sekolah, maka respons guru adalah memintanya untuk belajar lebih giat lagi dan memberikan kesempatan pada anak tersebut untuk memperbaiki nilainya. Begitu pula dengan orang tua, mereka akan membimbing anaknya untuk tidak putus asa.

Namun ketika dewasa, terkadang orang lepas kendali dan tampak kesal dengan kegagalan. Padahal yang harus dilakukan adalah memperlajari kesalahan untuk bisa meraih kesuksesan, bukan dengan marah dan melakukan tindakan-tindakan di luar kendali.

BACA JUGA :
40 Kata-kata bijak tentang disiplin, penuh motivasi dan bermakna

Seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/7).

1. “Jangan pikirakan kegagalan kemarin, hari ini sudah lain. Sukses pasti diraih selama semangat masih menyengat.”

2. “Kegagalan adalah buku ilmu keberhasilan yang hanya terbuka jika kita ikhlas menerima kegagalan sebagai pelajaran.”

3. “Yang penting bukan berapa kali aku gagal, tapi yang penting berapa kali aku bangkit dari kegagalan.”

4. “Janganlah takut menghadapi kegagalan, karena kegagalan akan membuat kita semakin kuat.”

5. “Akan jadi apa hidup tanpa risiko dan kegagalan? Maka kesuksesan tidak akan memiliki kebanggaan apapun.”

6. “Orang yang gagal itu adalah orang yang sukses menemukan alasan untuk berhenti.”

7. “Kegagalan dapat dibagi menjadi dua sebab, yakni orang yang berpikir namun tidak pernah bertindak, dan orang yang bertindak tapi tidak pernah berpikir.”

8. “Bangkitlah setelah gagal, dan percaya bahwa suksesmu sudah di depan mata.”

9. “Tidak ada jaminan kesuksesan. Namun tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan.”

10. “Ketika kita menyerah menghentikan LANGKAH, ketika HARAPAN, dan IMPIAN sirna, Itulah kegagalan yang sebenarnya.”

11. “Kekalahan itu tidak memalukan, yang memalukan itu menyerah.” – Liliyana Natsir.

12. “Kalau kalian tidak bisa mendukung kami ketika kami kalah atau seri, jangan dukung kami ketika kami menang.” – Bill Shankley.

13. “Mereka yang siap dengan kekalahan, sama siapnya menyambut hari kemenangan.” – Tere Liye.

14. “Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Kemenangan pula adalah kekalahan yang tertunda.” – Tyrion Lannister.

15. “Kalah adalah kondisi sementara, menyerah adalah hal yang membuat kekalahan jadi permanen.” – Maryln Vos Savant.

16. “Pada dasarnya keraguan akan mengakibatkan kekalahan, namun keyakinan akan menghasilkan kemenangan.” – Bang Noes.

17. “Akan selalu ada pelajaran yang dapat kita petik dalam setiap kekalahan.” – Bambang Pamungkas.

18. “Setiap tantangan adalah takdir, setiap kemenangan adalah pilihan, dalam setiap kekalahan selalu ada kemenangan yang menanti.”

19. “Menyerah adalah cara terhina mendapat kekalahan, dan berjuang adalah cara termulia mendapatkan kemenangan.”

20. “Dalam setiap kekalahan, selalu ada sebuah pelajaran yang menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggapai suatu kemenangan di saat yang lain. Karena pada hakikatnya, pengalaman adalah guru terbaik.”

Kata-kata motivasi bangkit dari kegagalan

Kegagalan merupakan hal biasa dalam hidup, tergantung bagaimana kita menyikapi kegagalan tersebut.

Tidak setiap orang diciptakan untuk selalu sekses dalam impiannya. Bahkan mereka yang selalu berhasil saja, pernah mengalami kegagalan.

foto: freepik.com

Jika kegagalan dijadikan pelajaran untuk masa mendatang, maka kesuksesan akan segara menghampiri kamu. Tak perlu bersedih, yang harus dilakukan hanyalah berjuang untuk meraih ketertinggalan.

21. “Kesuksesan tidak akan pernah didapat jika mengeluh pada saat mengalami kegagalan, singsingkan lengan baju lalu mulailah untuk lebih sukses.”

22. “Kegagalan adalah kemenangan yang tertunda, jangan menyerah karena dengan menyerah berarti tidak ada kemenganan.”

23. “Apapun fakta yang ada di depan kita, tidak lebih penting dari sikap kita dalam menghadapinya, karena itulah yang menentukan keberhasilan atau kegagalan kita.”

24. “Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan, saat mereka menyerah.” – Thomas Alfa Edison.

25. “Kegagalan hari ini tidak untuk disesali, tapi untuk dipelajari, karena setiap hari adalah kesempatan untuk memperbaiki diri.”

26. “Tapi bagiku, kegagalan yang sesungguhnya adalah pada saat kita berhenti berusaha mencoba.”

27. “Orang yang tidak mengenal kata kegagalan adalah orang yang tahu cara untuk menikmatinya, walaupan pada kenyataannya ia telah gagal.”

28. “Dari kegagalan kita dapat membaca apa yang salah dari diri kita. Berusaha dan berdoa hanya itulah kuncinya.”

29. “Kegagalan terbesar adalah ketika tidak berani mencoba.”

30. “Orang optimistis lebih suka menghitung keberhasilan daripada menghitung berapa banyak kegagalan.”

31. “Kegagalan yang sebenarnya terjadi itu di saat kita menyerah dan menghentikan semua langkah, ketika harapan dan impian sirna.”

32. “Orang yang baik adalah baik, karena mereka menjadi bijaksana karena kegagalan, kita mendapat sangat sedikit kebijaksanaan dari kesuksesan.”

33. “Kesuksesan yang paling besar dalam hidup adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.”

34. “Janganlah kau tangisi perpisahan dan kegagalan bercinta, karena pada hakikatnya jodoh itu bukan di tangan manusia.”

35. “Keberhasilan Anda membantu banyak orang, kegagalan Anda tidak membantu siapa pun.”

36. “Kegagalan membuat kamu lebih kuat. Kesalahan membuat kamu lebih bijaksana. Dan beriman kepada Allah akan membuat hidup kamu lebih baik.”

37. “Kesalahan bukan kegagalan, tapi bukti bahwa seseorang telah melakukan sesuatu.”

38. “Kegagalan adalah peluang untuk memulai lagi dengan lebih teliti.”

39. “Daripada sibuk mencari alasan untuk menutupi kegagalan, lebih baik fokus mencari jalan lain menuju keberhasilan.”

Setiap manusia tentu memiliki cita-cita di dalam hidupnya. Sebab cita-cita bukan hanya sekedar menyangkut keinginan, tapi juga penentu tujuan hidup. Namun, untuk mendapatkan keberkahan dan keberhasilan, sebaiknya paham bagaimana mewujudkan impian dan cita-cita yang baik.

Menentukan cita-cita ingin menjadi seperti apa ke depannya memang merupakan hak setiap individu, selama hal tersebut dapat memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain. Meskipun begitu, dibutuhkan proses belajar, usaha keras, dan doa tanpa henti untuk bisa meraih impian.

  1. Tidak Menunda Pekerjaan

    Menunda pekerjaan bukanlah suatu hal baik, hal tersebut akan berakibat pada semakin menumpuknya pekerjaan. Alhasil, akan merasa kesulitan sendiri dalam menyelesaikannya. Karenanya, hindari menunda pekerjaan jika tidak ada kepentingan mendesak.

    Di samping itu, tanpa disadari menunda pekerjaan bisa menghambat proses mencapai cita-cita. Suka menunda-nunda mengerjakan sesuatu akan membuatmu tetap berkutat pada pekerjaan tersebut, sehingga kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lain tertunda.

  2. Jangan Mengeluh

    Kenyataannya, hal sederhana ini justru yang paling banyak dilakukan orang. Mulai dari keluhan mengenai sesuatu yang remeh-temeh, sampai paling besar. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa mengeluh tidak bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

    Setiap orang pasti menemui rintangan dalam proses menggapai cita-cita. Namun, agama mengajarkan kepada pemeluknya supaya tidak mengeluh dalam menjalani kehidupan, dan sebaliknya, teruslah berharap kepada Tuhan agar memberikan petunjuk-Nya.

  3. Tidak Malas

    Apabila ingin menggapai cita-cita maka harus rajin dan bersungguh-sungguh karena hanya bisa dicapai melalui kesungguhan. Oleh sebab itu, jika harapan serta cita-cita belum terwujud, maka harus lebih introspeksi diri dan memperbaiki kekurangan yang ada.

    Rasa malas sendiri dipicu oleh berbagai faktor, seperti kurang motivasi untuk melakukan sesuatu. Sehingga tidak ada keinginan melakukan sesuatu semaksimal mungkin meskipun Anda memiliki tujuan. Padahal, kerja keras adalah salah satu kunci dalam keberhasilan.

  4. Berteman dengan Orang Sukses

    Lingkungan memiliki andil besar dalam membentuk karakter individu. Baik atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari lingkungan tempat ia tinggal, seperti keluarga, teman bermain, komunitas sosial, dan sekolah.

    Oleh sebab itu, jika Anda ingin sukses, maka penting untuk selalu berteman dengan orang-orang sukses yang selalu berpikiran positif. Hal tersebut dikarenakan sekelompok individu yang memiliki misi sama biasanya akan saling dukung-mendukung dalam meraih sukses.

  5. Menulis Cita-Cita di Selembar Kertas

    Untuk mempertegas dan menguatkan niat dalam mewujudkan cita-cita, maka tidak ada salah menuliskan harapan yang ingin dicapai di atas selembar kertas. Setelah itu, tempelkan di tempat yang sering dilewati, seperti meja kerja, pintu kamar, dan lain sebagainya. 

    Tujuannya adalah sebagai pengingat apabila suatu saat Anda sedang down, dan membutuhkan motivasi. Meskipun tampak sepele, namun hal ini terbukti bisa membangkitkan kembali semangat yang hilang, sehingga termotivasi untuk lebih giat belajar dan bekerja.

  6. Teguh Pendirian

    Kuat pada pendirian merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan. Dengan memiliki sikap tersebut maka Anda akan fokus pada sebuah tujuan, dan tidak tergoda melakukan hal lain. 

    Teguh pendirian adalah karakter yang wajib dimiliki individu sukses. Karena untuk berhasil diperlukan keteguhan dan ketetapan hati sejak awal memulai sesuatu. Jadi, tidak terlena dan mudah berpaling kepada hal lain meskipun jalan mewujudkan cita-cita tidak mudah.

  7. Berpikir Positif

    Memiliki pikiran positif sangat dibutuhkan dalam proses menggapai cita-cita. Hal ini akan membantu Anda agar tidak merasa down saat usaha yang dilakukan ternyata tidak membuahkan hasil maksimal. Jadi, Anda dapat bangkit lagi tanpa perasaan kecewa. 

    Saat merasa lelah, malas, dan tidak bersemangat, Anda bisa mengembalikan kejernihan pikiran dengan menonton video perjalanan sukses seseorang yang pasti tidak mudah. Karena keberhasilan membutuhkan proses dan tidak bisa didapatkan secara instan.

  8. Percaya Diri

    Tidak perlu membandingkan apa yang telah Anda raih dengan kepunyaan orang lain. Perlu diingat, bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan berbeda-beda, termasuk lama proses yang dibutuhkan dalam mencapai prestasi dan cita-cita.

  9. Meluruskan Niat

    Setiap orang beriman perlu mempunyai visi sendiri, dan bukan hanya fokus pada pencapaian kebaikan di dunia saja, tapi juga akhirat. Karenanya, apapun cita-cita yang diinginkan haruslah dilandasi niat karena ibadah, dan memberikan manfaat bagi orang banyak.

  10. Doa dan Berserah Diri

    Bagi orang beriman, doa adalah senjata ampuh dalam mewujudkan cita-cita setelah bekerja keras dalam usaha mencapainya. Di samping berusaha seoptimal mungkin, harapan akan hal-hal baik juga harus diiringi doa agar Tuhan Yang Mahakuasa memudahkan jalan kita untuk mendapatkannya.

    Berdoa adalah sikap merendahkan diri di hadapan Yang Mahakuasa, dan tetap berpikiran positif bahwa Tuhan akan mengabulkan doa tersebut. Doa sungguh-sungguh juga harus dibarengi dengan berpasrah diri, percaya, dan menyerahkan segala urusan kepada-Nya.

    Manusia harus siap dalam menerima takdir yang ditetapkan oleh-Nya, dan selalu percaya bahwa apa pun ketentuan Tuhan terhadap hamba-Nya merupakan yang terbaik. Jadi, harus diterima dengan tulus hati dan berlapang dada.

Dalam mewujudkan impian dan cita-cita juga perlu diikuti dengan self motivation dan motivasi dari pihak luar, Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara menonton serial dan channel TV yang penuh dengan pelajaran hidup dan motivasi di IndiHome. Selain memiliki beragam opsi, pelanggan juga dimanjakan dengan fitur playback, pause, dan rewind untuk memutar ulang tayangan favorit sepuasnya.

Berikut ini adalah fungsi fitur playback, pause, dan rewind:

Selain fitur playback, pause, dan rewind, Anda juga bisa menikmati beragam fitur unggulan lain seperti berikut ini:

Selain kerja keras, mewujudkan impian dan cita-cita juga harus diikuti dengan doa, berserah diri, dan menonton hal-hal positif yang bisa membangkitkan semangat dari dalam diri. Dengan begitu, maka bukan impian saja yang akan didapatkan, tapi juga kedamaian dan kepuasan hati.

Leave a Comment