Berapa lama ngecat rambut di salon

X

wikiHow adalah suatu “wiki”, yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 123 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu.

Ada 9 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 282.765 kali.

Terlepas dari alasan Anda untuk mewarnai rambut, apakah karena Anda menggantikan peran Jennifer Garner di serial televisi Alias, kabur dari kejaran polisi bersama kekasih Anda yang difitnah, atau sekedar ingin mencoba warna baru untuk rambut Anda tanpa harus mengeluarkan banyak uang, melakukan pewarnaan rambut sendiri di rumah dapat membantu Anda menghemat biaya dan waktu. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara memilih produk pewarna yang tepat, mempersiapkan rambut dan wajah Anda untuk proses pewarnaan, melakukan tes uji helai, mengecat rambut, membilasnya, dan mewarnai ulang akar rambut Anda setelah rambut Anda mulai tumbuh kembali.

Selamat malam, FF.Bleaching adalah proses menghilangkan pigmen warna asli rambut, sehingga zat pewarna akan lebih mudah meresap ketika dicat. Bleaching dilakukan dengan cara mengoleskan krim peluntur warna kepada bagian rambut yang diinginkan, kemudian menunggunya hingga meresap (biasanya sekitar 15-45 menit), lalu bilas. Apabila proses berjalan baik dan tidak menimbulkan keluhan, Anda dapat langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya, seperti mengecat.Tetapi, perlu diperhatikan bahwa sebelum bleaching dilakukan Anda wajib melakukan perawatan ekstra kepada rambut terlebih dahulu. Misalnya, menggunakan masker rambut baik dari produk yang sudah ada ataupun bahan alami seperti pisang. Pun, beberapa jam sebelum proses bleaching, disarankan untuk mengoleskan conditioner ke rambut terlebih dahulu.Bleaching sebaiknya dihindari apabila kondisi rambut atau kulit kepala sedang tidak baik. Pasalnya, bleaching juga memiliki risiko seperti memicu kerusakan rambut (kering, rapuh, bahkan menjadi mudah kusut). Lalu, pada orang-orang yang memiliki hipersensitivitas, bahan kimia dari krim bleaching juga dapat memicu alergi atau iritasi pada kulit kepala (atau yang disebut dengan dermatitis kontak).Apabila Anda merasa kulit kepala menjadi lebih panas setelah bleaching, bisa jadi Anda sedang mengalami dermatitis kontak. Apabila demikian, tidak disarankan untuk melanjutkan pengecatan, karena cat rambut juga mengandung bahan kimia yang berpotensi memperparah dermatitis. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit untuk memastikan kondisi yang sedang dialami, dan dapat diberikan penanganan serta saran yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia

Bosan dengan tampilan selama ini? Salah satu cara untuk menyulap penampilan jadi makin cantik dan fresh adalah dengan mewarnai rambut. Biasanya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu menyerahkan model rambut di tangan hairstylist di salon. Tapi bukan berarti harus pasrah begitu saja lho. Sebagai konsumen yang cerdas, wajib juga mengetahui beberapa hal penting sebelum cat rambut menyentuh potongan rambutmu. Apa saja ya yang perlu diketahui? Simak uraiannya berikut ini ya.

Pertimbangkan Saran Hairstylist

Jika kamu memilih warna rambut sesuai dengan warna favoritmu atau sekadar melihat model rambut sang idola, maka ada baiknya meminta saran pada ahlinya. Riccardo Maggiore, seorang top stylist di New York City mengungkapkan adanya trik khusus yang dimiliki para profssional di salon, dalam memilih warna cat rambut, kamu wajib mengetahui pandangannya sebelum mewarnai rambut.

Memilih Cat Rambut Sesuai dengan Warna Kulit

Biasanya, pihak colorist atau orang yang ahli dalam mewarnai rambut biasanya akan menganalisis warna kulit dan menemukan warna cat rambut yang tepat. Hasilnya diharapkan dapat menunjang dan menonjolkan kecantikan alami yang  kamu miliki tentunya. Walau mungkin berbeda dengan pilihan awalmu, ada baiknya mempertimbangkan rekomendasi dari para stylist lho. Siapa tahu bisa bikin rambut jadi tampil lebih menawan, dibandingkan dengan yang selama ini ada dalam bayanganmu.

Memotong Rambut

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, miliki potongan rambut yang lebih pendek. Sebab, cara ini mampu mempercantik hasil aplikasi cat rambut seketika. Selain itu juga menghilangkan ujung rambut yang bercabang, sehingga didapatkan gaya rambut cantik yang diinginkan.

Menggunakan Teknik Highlight

Jika masih belum percaya diri dalam mewarnai rambut, teknik highlight bisa jadi andalan. Cara ini membuat model rambut terlihat lebih alami, tapi tetap menawan.

Miliki Ombre Hair

Selain menjadi tren kecantikan yang lagi in, model rambut ombre paling pas diaplikasikan untuk kamu yang ingin tampil unik dan beda. Biar tampilan terlihat tetap fresh, gunakan kombinasi warna cat rambut yang cerah dan menonjol. Tapi jika menginginkan tampilan feminin dan terlihat alami, jatuhkan pilihanmu pada gaya rambut ombre dengan padu padan warna cat rambut netral.

Baca dulu 10 Model Rambut Ombre 2016 Sebelum Memilih Warna Rambut Baru!

Hati-hati Memilih Cat Rambut

Tidak semua cat rambut cocok dengan rambutmu lho. Kandungan bahan-bahan kimianya bisa saja berisiko membuat rambut rusak, kering, bercabang dan masalah lainnya. Sebelum mengaplikasikan cat rambut, coba oleskan sedikit produk di leher bagian belakang, untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

Pilih Cat Rambut Berkualitas

Saat memilih cat rambut, jangan hanya dilihat warna dan harganya lho. Selain memeriksa kandungan bahan-bahan yang berisiko menimbulkan alergi, pilih cat rambut yang mengandung vitamin dan keratin untuk memberikan perlindungan lebih pada rambut. Hasilnya rambut bercahaya, lembut, terhindar dari rambut rontok, dan warna cat rambut lebih tahan lama.

Baca juga Pilihan Warna Rambut Ombre Selebriti Untuk Inspirasi

Cara Merawat Rambut Sebelum Diwarnai

Semakin sehat rambutmu, maka akan semakin cantik hasil pewarnaan rambutnya. Beberapa minggu sebelum mewarnai rambut, rawat rambutmu sebaik mungkin, baik dengan rutin mencuci rambut menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat. Semakin sehat rambutmu, maka akan semakin cantik hasil pewarnaan rambutnya.

Jangan Keramas Sebelum Rambut Diwarnai

Sebaiknya memang jangan mencuci rambut sebelum diwarnai. Jika kita melakukannya, kulit kepala rentan mengalami iritasi. Buatlah jadwal konsultasi lebih dulu dengan hairstylist untuk mendapatkan langkah yang tepat demi warna rambut dan kulit kepala yang sehat.

Pilih Cat Rambut dengan Warna Lebih Gelap

Kalau masih bingung mau pilih warna cat rambut, sebaiknya pilih warna yang lebih gelap. Jika memilih warna yang lebih terang, rambut bisa rusak karena adanya proses bleaching. Cara ini memudarkan warna alami rambut, sehingga warna cat rambut yang kamu pilih dapat tampak menonjol.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu, sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan warna cat rambut pada model rambutmu. Have fun!

(vem/aik)

Leave a Comment