Berikut ini bukan merupakan tahapan-tahapan dalam jalan cepat yaitu

Lihat Foto

ANTARA FOTO / SIGID KURNIAWAN

Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro (kedua kiri), bertanding pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8/2017). Hendro berhasil pecahkan rekor dan menyabet emas dengan catatan waktu satu jam 32 menit 11 detik.

KOMPAS.com – Jalan cepat atau race walks merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik. Terdapat empat fase atau tahapan yang dilakukan oleh seorang atlet ketika melakukan perlombaan jalan cepat.

Dikutip dari Modul 7 Atletik-Jalan Cepat Kelas VII (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian jalan cepat adalah gerak maju melangkahkan kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak dengan tanah tetap terpelihara dan tidak terputus.

Saat melakukan perlombaan atletik dengan nomor jalan cepat, posisi satu kaki harus selalu kontak dengan tanah. Artinya, kaki yang bergerak maju harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah.

Sementara itu, posisi badan saat melakukan jalan cepat yaitu tegak. Sikap tangan pada saat jalan cepat yaitu ditekuk 90 derajat dan diayun berlawanan dengan langkah kaki.

Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah start berdiri. Adapun, perbedaan antara jalan cepat dan lari terletak pada cara kaki menapak.

Baca juga: Teknik Dasar Jalan Cepat

Ada 4 (empat) fase atau tahapan dalam olahraga jalan cepat yaitu fase tumpuan dua kaki, fase tarikan, fase relaksasi, dan fase dorongan.

1. Fase tumpuan dua kaki

Fase tumpuan dua kaki adalah ketika dua kaki berpijak atau menjadi tumpuan secara bersamaan karena selesainya dorongan badan dan kaki serta tarikan.

Ya, pada saat kedua kaki menyentuh tanah, berakhir pula dorongan yang diikuti oleh gerakan tarikan, merupakan gerakan jalan cepat fase tumpuan dua kaki.

Poin utama dari olahraga jalan cepat adalah tidak membiarkan posisi kaki dalam kondisi melayang, karena jika hal itu terjadi maka akan dianggap berlari.

Kaki bagian depan harus disentuhkan ke tanah sebelum kaki bagian belakang diangkat.

Baca juga: Peraturan Jalan Cepat


Jelaskan sikap awal aktivitas gerakan lengan dengan menggunakan pelampung di perut!​


tolongg banget jawab jangan ngasal no compas no ngasal yaokey makasih yang udah jawab yaok makasih makasih makasih ya yang udah jawab​ tolong habis ni


h poin saya gara gara ini


tolong jawab dong a.b.c nya di sini yaaa. tangkisanb. seranganc. pukuland. elakan( tolong jawab dong )( tapi jangan ngasal ya )( tolongggg bange


ttt )( )( big poin juga nih )​


gerakan kaki renang gaya dada diawali dengan…..a.tariksn kedua tungkai kaki bawah keatasb.kedua kaki digerakkan ke atas dan ke bawahc.lutut di tarik


ke bawahd.kedua kaki dibuka selebar lebarnya​


sebutkan 10 istilah dalam olah raga yang berhubungan dengan kesehatan?​


ukuran area yang digunakan untuk menjaga keamanan dalam senam lantai adalah…a. 1 meterb. 2 meterc. 3 meterd. 4 meter​


Jelaskan mengenai sektor lingkar tolakan dan sektor pendaratan pada lapangan tolak peluru​


menentukan jenis-jenis senam irama​


p tidak menular itu adalah penyakit yg tidak menular​


agar dapat melakukan lompat jangkit dengan benar maka harus menguasai teknik dasar lompat jangkit , yaitu ….

Leave a Comment