Berikut yang bukan merupakan alat alat yang diperlukan saat membuat gambar kerja adalah

Gambar merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam ilmu teknik (Engineering) yang digunakan untuk memberikan informasi secara utuh dan kompleks yang digambar dengan standar maupun aturan baku agar dapat dipahami oleh pembaca gambar dan pihak terkait.

Berdasarkan proses pengerjaannya, gambar teknik dibedakan menjadi dua jenis yaitu gambar teknik manual dan gambar teknik dengan bantuan perangkat komputer (Computer Aided Design) atau yang lebih dikenal CAD.

Dalam proses menggambar teknik khususnya pada gambar manual seorang drafter atau operator gambar teknik harus memahami aturan serta standar yang digunakan dalam menggambar teknik. Selain standar tersebut, dalam proses menggambar teknik manual perlunya mempersiapkan alat-alat gambar yang tepat dan sesuai untuk menunjang proses menggambar agar diperoleh hasil yang maksimal.

Berikut ini merupakan alat-alat gambar yang digunakan dalam proses menggambar teknik manual.

Kertas Gambar

Kertas merupakan media yang digunakan untuk menggambar dalam gambar teknik manual. Umumnya kertas yang digunakan untuk menggambar menggunakan kertas

gambar berwarna putih dengan permukaan yang tidak kasar. Jika permukaan kertas gambar kasar, maka akan mempersulit proses menggambar salah satu contohnya menarik garis lurus tidak dapat dilakukan dengan sempurna jika perukaan kertas gambar kasar.

Kertas gambar yang digunakan dalam menggambar teknik manual terdiri atas tiga jenis, yaitu kertas putih tebal, kertas kalkir dan kertas bagan.

Pensil gambar

Pensil adalah alat gambar dasar yang paling sering digunakan untuk membuat sketch ataupun dalam pelatihan gambar teknik dasar. Terdapat beberapa jenis pensil yang dijual di pasaran dengan jenis yang bervariasi, namun untuk menggambar teknik secara manual umumnya menggunakan jenis pensil mekanik karena proses menggambar dapat dilakukan dengan bersih dan tidak mengotori kertas akibat serpihan isi pensil. Selain itu isi pensil pada pensil mekanik dapat diisi ulang dengan jenis isian pensil tertentu sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih praktis dan efisien.

Penggaris segitiga

Penggaris egitiga adalah penggaris dengan bentuk segitiga siku-siku. Dalam menggambar teknik diperlukan setidaknya dua buah penggaris siku dengan sudut 45°, 90°, 45° dan penggaris siku lainnya dengan sudut 60°, 90° dan 30°. Sepasang penggaris segitiga tersebut digunakan untuk membuat garis yang saling tegak lurus, garis sejajar dan sudut istimewa (30°, 45°, 60° dan 90°).

Penggaris T

Penggaris T memiliki dua bagian utama yaitu bagian mistar dan agian kepala, pada bagian mistar memanjang dengan ukuran tertentu sedangkan pada bagian kepala berupa mistar pendek yang saling tegak lurus membentuk

sudut 90° dan tidak memiliki ukuran.

Busur derajat

Busur derajat digunakan untuk menentukan sudut tertentu untuk memudahkan proses meggambar. Busur derajat pada umumnya terbuat dari mika atau plastik bening yang dilengkapi dengan garis-garis pembagi sudut 0° sampai dengan 180° namun pada beberapa jenis busur derajat dapat mencapai 360°.

Jangka gambar

Jangka gambar digunakan untuk membuat bentuk lingkaran pada gambar. Jangka memiliki dua buah batang atau kaki dengan jarum pada ujung kaki dan penggores (pensil/tinta) pada ujung kaki lainnya. Cara menggunakan jangka gambar yaitu dengan menancapkan ujung kaki jangka berjarum pada kertas sebagai pusat lingkaran dan kaki jangka yang lain berfungsi sebagai penggores atau pensil untuk menggambar bentuk lingkaran. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaan jangka yaitu pastikan jarum yang tertancap tidak merusak permukaan kertas gambar.

Rapido Pen

Rapido merupakan pulpen khusus gambar yang umumnya digunakan untuk menggambar pada kertas kalkir. Rapido sendiri memiliki ukuran yang bervarisi antara 0,1 mm sampai dengan 2,0 mm sesuai dengan ketebalan garis yang dihasilkan dan kebutuhan tertentu, mulai dari. Untuk memudahkan dalam memilih ukuran rapido, maka setiap ukuran rapido memiliki warna tertentu warna tertentu. 

Mal gambar

Mal Gambar digunakan untuk membuat bentuk khusus seperti lingkaran kecil, segi enam, elips, garis lengkung dan membuat huruf dan angka atau simbol tertentu. Mal gambar umumnya terbuat dari bahan mika atau plastik bening dengan ukuran dan bentuk sesuai standar.

Meja gambar

Meja gambar digunakan sebagai tempat menggambar dan harus memiliki permukaan yang rata dan datar agar dapat dengan mudah menggeser penggaris dan tidak merusak kertas gambar. Ukuran meja gambar yang ideal untuk menggambar teknik yaitu panjang 1265 mm, lebar 915 mm dan tebal 30 mm. Ukuran meja gambar tersebut dapat pula dirancang sedemikian rupa hingga sesuai dengan ukuran kertas tertentu, seperti kertas A1 dan A0 dengan ukuran yang besar.

Mesin gambar

Mesin gambar adalah alat yang dapat memudahkan proses menggambar dan menggantikan beberapa fungsi alat gambar lainnya seperti penggaris T, busur derajat, penggaris segitiga dan lainnya. Mesin gambar umumnya sudah dilengkapi dengan dua buah penggaris yang tegak lurus dan dapat digerakan secara bebas saat menggambar. Kondisi penggaris gambar tersebut dijaga tetap pada posisi tegak lurus. 

Halo Sobat BPLE, sudah tahu belum apa saja peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menggambar teknik ? berikut ini akan kita pelajari, simak baik-baik ya.

Peralatan dan perlengkapan gambar teknik memiliki peranan penting. Peralatan gambar teknik ini dibutuhkan agar dalam proses perancangan atau desain gambar tidak terjadi kesalahan serta gambar sesuai dengan apa yang diinginkan. Selain peralatan gambar teknik, dibutuhkan juga berbagai perlengkapan gambar teknik yang digunakan untuk menunjang gambar teknik.
Kita ketahui bahwasanya gambar teknik disebut sebagai bahasa teknik. Hal ini dikarenakan gambar teknik sebagai sarana untuk mengungkapkan gagasan tentang konstruksi produk yang akan dibuat. Untuk menjadikan gambar teknik sebagai bahasa teknik maka komunikasi perlu dilakukan melalui gambar teknik ini.

Gambar teknik memberikan berbagai informasi untuk meneruskan berbagai hal yang diinginkan oleh perencana kepada orang yang melaksanakan. Dengan demikian maka gambar teknik harus bisa mengimajinasikan gambar kerja yang dibuat menjadi produk yang sesuai. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dikuasai yaitu penggunaan alat, proses pembuatan gambar, serta memahami gambar.Penggunaan peralatan gambar teknik merupakan satu hal wajib. Hal ini diperlukan agar dalam proses perencanaan produk sesuai dengan apa yang diinginkan. Semisal saja penggunaan dua penggari segitiga untuk menghasilkan garis yang tegak lurus. Oleh karena itu sebagai seorang perencana harus mampu menggunakan berbagai peralatan gambar teknik baik yang manual serta yang sudah menggunakan komputer melalui berbagai program seperti autocad dan solidwork.
Dalam gambar teknik terdapat berbagai peralatan dan perlenngkapan yang dibutuhkan. Apa saja peralatan gambar teknik? Apa saja perlengkapan gambar teknik? Semua hal tesebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Peralatan Gambar Teknik

Ada beberapa jenis peralatan gambar teknik yang digunakan oleh perencana atau designer untuk membuat sebuah gambar teknik. Peralatan gambar teknik tersebut sebagai berikut:

1. Pensil

Pensil merupakan alat paling penting dalam proses menggambar. Fungsi dari pensil yaitu untuk menghasilkan goresan-goresan diatas kertas sehingga bisa dilihat secara visual oleh mata. Pensil dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu pensil biasa, pensil isi ulang, dan pensil mekanik. 

  • Pensil Biasa, pensil biasa merupakan pensil yang sering kita gunakan. Pensil ini tidak dapat diisi ulang melainkan harus beli yang baru ketika sudah habis.
  • Pensil isi ulang (Reload Pencil), pensil isi ulang merupakan pensil yang dapat diisi kembali jika sudah habis. Caranya yaitu dengan membuka kepala pensil dan mengisi kembali anak pensil kedalamnya.
  • Pensil mekanik, pensil mekanik merupakan pensil yang dapat diganti-ganti ukuran ujungnya yaitu 0,5, 0,7 dan lain-lain. Pensil mekanik ini banyak digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar

Sementara untuk tingkat kekerasan, pensil dapat dibedakan lagi menjadi beberapa macam. Berikut merupakan beberapa macam pensil menurut tingkat kekerasannya:

Angka didepan H menunjukan tingkat kekerasan. Semakin besar angka sebelum H maka semakin keras pensil. Sementara untuk angka sebelum B menunjukan tingkat kelunakan artinya semakin besar angka sebelum B maka semakin lunak pensilnya. 
Dalam penggunaan pensil meruncingkan pensil merupakan salah kegiatan penting agar gambar yang dihasilkan dapat rapi dan maksimal. Namun untuk meruncingkan pensil juga tidak boleh sembarangan melainkan harus menggunakan ampelas halus yaitu No 220-400.

Untuk mendapatkan gambar yang baik yaitu rata dan ketebalan sesuai maka pensil harus ditarik pelan-pelan sambil diputar. Sementara itu kedudukan pensil harus membentuk sudut 60 derajat terhadap garis yang dibuat.

2. Mistar atau Penggaris

Mistar atau penggaris merupakan salah satu peralatan gambar teknik yang memiliki fungsi untuk membantu saat menggaris sehingga dihasilkan garis yang lurus dan rapi. Selain sebagai alat bantu untuk membuat garis lurus juga digunakan untuk mengukur gambar atau garis kerja. Mistar atau penggaris terdapat beberapa jenis yaitu

  • Penggaris/Mistar Segitiga, merupakan salah satu penggaris yang mempunyai sudut berbentuk siku ataupun membentuk sudut lain 90, 60, 45, atau 30 derajat. Penggaris ini tentunya sangat membantu dalam menciptakan garis lurus dan presisi.
  • Mistar Tmerupakan salah satu penggaris yang mempunyai bentuk huruf T. Penggaris ini mempunyai fungsi untuk menciptakan garis lurus tanpa harus menggunakan dua penggaris sekaligus.

Untuk menghasilkan garis yang tegak lurus maka dalam menggunakan dua penggaris segitiga. Untuk penggunaan bisa diamati pada gambar dibawah ini. 

3. Mal

Mal merupakan salah satu peralatan gambar teknik yang mempunyai fungsi untuk membuat pola-pola tertentu seperti garis melengkung, huruf, dan pola-pola sulit lainnya. Dengan mal ini maka gambar dengan pola sulit akan lebih efektif, presisi, dan lebih rapi. Terdapat beberapa jenis mal yang digunakan pada saat menggambar teknik:

  • Mal huruf, merupakan mal yang digunakan untuk membuat huruf agar lebih rapi. Mal huruf mempunyai ukuran 0,25-2 mm.
  • Mal busur, merupakan salah satu mal yang digunakan untuk membentuk lengkungan-lengkungan yang teratur seperti hiperbola, parabola, dan sebagainya.
  • Mal lingkaran, merupakan salah satu mal yang digunakan untuk membuat bentuk-bentuk melingkar.
  • Mal elips, merupakan salah satu mal yang berfungsi untuk membuat bentuk-bentuk elips. Misalnya gambar silinder, cincin, poros, dan bentuk lainnya.
  • Mal khusus, merupakan mal yang berfungsi untuk membuat bentuk bentuk khusus lainnya. Mal ini untuk membuat simbol-simbol khusus dalam pekerjaan seperti tanda panah, dan lain sebagainya.

4. Penghapus

Penghapus merupakan salah satu peralatan dalam gambar teknik yang memiliki fungsi untuk menghapus garis atau goresan yang tidak berguna. Penghapus ini mempunyai bahan yang bisa menghilangkan karbon dikertas yang dihasilkan pensil. 

5. Pena Gambar

Pena gambar merupakan salah peram latan dalam gambar teknik yang memiliki fungsi untuk membuat garis asli tebal menggunakan tinta. Pena terbagi menjadi dua jenis yaitu pena dengan mata daun yang dapat diatur, dan pena dengan mata tetap. 

  • Pena dengan mata dapat diatur merupakan salah satu jenis pena yang mana ketebalan ujung pena dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
  • Pena dengan mata tetap (Rapido) merupakan salah satu jenis pena yang ketebalan ujung pena tetap atau tidak dapat diatur sesuai kebutuhan. Ketebalan jenis rapido biasanya dari 2-5 mm.

6. Jangka

Jangka merupakan salah satu peralatan gambar teknik yang memiliki fungsi untuk membuat lingkaran baik menggunakan pensil maupun pena. Jangka memiliki bermacam-macam ukuran.

Berikut merupakan jenis-jenis jangka:

  • Jangka besar, merupakan salah satu jenis jangka yang dapat membuat lingkaran dengan diameter 100-200 mm.
  • Jangka sedang, merupakan salah satu jenis jangka yang dapat membuat lingkaran dengan diameter 50-100 mm.
  • Jangka kecil, merupakan salah satu jenis jangka yang dapat membuat lingkaran dengan diameter 5-50 mm.
  • Jangka orleon, merupakan salah satu jenis jangka yang dapat membuat lingkaran yang tidak dapat dibuat oleh jangka kecil. Jangka orleon dapat membuat lingkaran dengan diameter 1-5 mm.

Perlengkapan Gambar Teknik

Dalam proses gambar teknik terdapat perlengkapan gambar teknik yang harus dipersiapkan agar gambar menjadi rapi dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Berikut merupakan perlengkapan gambar teknik

1. Kertas Gambar

Kertas gambar merupakan salah satu perlengkapan gambar teknik yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menggoreskan garisan-garisan untuk menghasilkan gambar sesuai dengan keinginan. Kertas gambar memiliki ukuran baik panjang maupun lebar. Ukuran utama dari kertas gambar yaitu A0 yang memiliki luas 1 m2. Untuk mendapatkan ukuran lain maka tinggal membagi kertas sesuai dengan berikut ini:

  • Kertas A0 dibagi menjadi dua = kertas A1
  • Kertas A1 dibagi menjadi dua = kertas A2
  • Kertas A2 dibagi menjadi dua = kertas A3
  • Kertas A3 dibagi menjadi dua = kertas A4

Jenis kertas yang banyak digunakan untuk gambar teknik adalah jenis kertas padalarang atau kertas manila dan kertas kalkir. Kertas padalarang merupakan salah satu jenis kertas yang tidak tembus pandang. Biasanya kertas ini untuk menggambar menggunakan pensil maupun tinta. Sementara kertas kalkir merupakan salah jenis kertas yang digunakan pada gambar teknik yang tembus pandang. Kertas ini digunakan untuk proses lanjutan yaitu menggunakan tinta untuk penggandaan.

2. Papan Gambar

Papan gambar merupakan salah satu perlengkapan gambar teknik yang memiliki fungsi sebagai alas kertas gambar. Ukuran papan gambar disesuaikan dengan ukuran kertas gambar yang digunakan. Papan gambar biasannya terbuat dari kayu dengan alas kertas atau plastik lunak, atau kayu keras lainnya. Papan gambar diletakkan secara khusus diatas meja ataupun penyangga papan gambar.

3. Mesin Gambar

Mesin gambar merupakan salah satu perlengkapan gambar teknik yang memiliki fungsi untuk pengganti alat-alat gambar seperti penggaris dan lain sebagainya. Selain itu mesin gambar terdapat beberapa macam yaitu mesin gambar roll dan mesin gambar lengan.
Diatas merupakan pembahasan mengenai peralatan dan perlengkapan gambar teknik. Terdapat beberapa peralatan gambar teknik. Selain itu dibahas juga mengenai perlengkapan gambar teknik yang dibutuhkan pada proses gambar teknik.

Penulis : David Sigalingging

Sumber :

Leave a Comment