Dalam renang gaya punggung bagian tubuh yang selalu berada diatas permukaan air adalah

Ragam Lainnya

Sejarah dan Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Foto: Contoh gerakan renang gaya punggung (Foto: Reuters/Stefan Warmuth)

JAKARTA- Renang gaya punggung atau Back Stroke adalah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Gerakan gaya punggung sama dengan gerakan gaya bebas. Perenang harus dapat mengapung di atas air, menggunakan punggung. 

Renang gaya punggung ini berbeda dengan gaya renang lainnya. Karena gaya renang ini tidak membenamkan wajah ke dalam air. Namun posisi wajah di atas permukaan air. Ini membuat wajah dan mulut dapat digunakan untuk bernafas di atas air. 

Sejarah Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan gaya renang tertua setelah gaya bebas dan sudah dikenal sejak masa kuno. Namun gaya punggung ini baru dikenalkan di tahun 1912. Pada masa tersebut sudah terdapat perlombaan nasional dan internasional, baik untuk renang gaya bebas, dada, dan punggung. 

Baca Juga : Cara Melakukan Gaya Renang Punggung dan Bagian Gerakannya

Pada awalnya gaya punggung yang digunakan adalah gaya punggung elementer atau gaya punggung dengan menggunakan kedua lengan ke atas. Namun seiring waktu, renang gaya punggung berubah tekniknya seperti gaya punggung yang kita kenal saat ini.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Pada hakikatnya gaya punggung ini secara teknis sama dengan gaya bebas. Namun posisi badan perenang dalam gaya punggung menjadi telentang. Sehingga kepala dan badan menghadap ke atas. Usahakan posisi badan selalu berada di atas dan lurus dengan permukaan air. 

Kemudian selanjutnya perenang harus posisikan punggung agar hampir sejajar kepala. Sementara itu untuk posisi panggul harus lebih rendah dibandingkan dengan level kepala dan bahu. Posisi ini akan menjaga perenang tetap aman.

Baca Juga : Sejarah Renang di Dunia dan di Indonesia

Gerakan kakinya juga sama dengan gaya bebas, yaitu bergerak ke atas dan bawah dilakukan secara bergantian. Gerakannya dimulai dari panggul atau pangkal paha serta diikuti dengan gerakan betis dan pergelangan kaki.

Berikutnya dalam gerakan tangan yaitu secara bergantian mengeluarkan dan memasukkan kedua tangan ke dalam air secara bergantian. Perenang harus optimalkan kekuatan kedua tangan untuk mendorong tubuhnya ke depan.   Demikian Renang Gaya Punggung: Sejarah Dan Teknik Dasar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi kamu yang ingin belajar renang gaya punggung.

Editor : Hafid Fuad

Suara.com – Renang gaya punggung atau back stroke merupakan satu-satunya jenis gaya berenang yang dilakukan dengan posisi terlentang menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya. Seperti apa teknik renang gaya punggung ini?

Back stroke dianggap sebagai salah satu gaya renang yang paling sulit dipelajari oleh pemula. Namun, apabila Anda sudah berhasil menguasainya, gaya punggung justru akan menjadi yang cukup enak dilakukan karena memungkinkan Anda mengambil napas sesuka hati dengan pergerakan yang santai dengan kecepatan rendah.

Berikut beberapa teknik dasar yang perlu Anda kuasai untuk melakukan renang gaya punggung. Mulai posisi tubuh, pernapasan hingga gerakan renang gaya punggung. 

1. Posisi tubuh renang gaya punggung

Baca Juga: Teknik Renang Gaya Bebas

Kepala dan pinggul merupakan bagian tubuh yang paling diandalkan dalam gaya satu ini. Posisi tubuh harus tetap rilek supaya tubuh tidak tenggelam ke dalam air. Berikut poin-poin yang harus Anda perhatikan untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda:

  • Usahakan posisi tubuh selalu lurus dan sejajar dengan permukaan air
  • Turunkan pinggul sekitar 2-5 cm dari permukaan air untuk menjaga Gerakan kaki di dalam air supaya tetap stabil
  • pastikan kepala menghadap ke atas dengan leher rileks supaya gerakan tetap berada dalam garis lurus
  • Ketinggian air pada kepala harus menutupi bagian telinga

2. Gerakan kaki renang gaya punggung

Gerakan kaki pada gaya punggung sama dengan gerakan kaki saat gaya bebas, namun dilakukan secara telentang.

Pastikan bahwa Anda menggunakan pinggul sebagai poros dayungan demi meminimalisir cedera pada lutut.

Berikut poin-poin yang harus Anda perhatikan saat menggerakkan kaki dalam gaya punggung:

Baca Juga: Penampakan Suasana Kelas Renang Online Ini Bikin Ngakak, Seperti Apa Sih?

  • Posisikan kedua kaki dalam kondisi lurus dengan jarak berdekatan
  • Pergelangan kaki harus dalam kondisi rileks dengan lutut sedikit membengkok ketika mulai mendayung
  • Gerakan dimulai dari pangkal paha, membengkokkan lutut sedikit untuk kemudian mengibaskan ujung kaki. Pastikan gerakan lemas dan tidak kaku

3. Gerakan tangan renang gaya punggung

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh berbagai dari mulai anak kecil hingga dewasa. Olahraga yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti menambah tinggi badan, nafas yang bertambah panjang hingga meningkatkan ketahanan tubuh karenanya seluruh otot dalam tubuh bergerak sepenuhnya ketika Anda sedang berenang. Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai macam gaya berenang yang akan menjadi referensi untuk Anda yang menyukai olahraga berikut:

Renang Gaya Dada – Breast Stroke

Gaya dada atau lebih popular dengan sebutan gaya katak merupakan gerakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air,dan batang tubuh selalu dalam kondisi tetap. Gerakan kedua belah kaki menendang ke luar sementara itu kedua belah tangan lurus ke depan. Kemudian kedua belah tangan ke samping seperti membelah air, gerakan badan atau tubuh meniru seperti katak yang sedang berenang, sehingga renang gaya dada juga disebut dengan gaya katak.

Renang Gaya Punggung – Back Stroke

Pada gaya renang ini dilakukan dengan posisi punggung yang menghadap permukaan air bukan. Sehingga untuk melakukan pernafasan pada gaya punggung cukup mudah karena hidung dan mulut Anda berada di luar permukaan air. Akan tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat atas dan tentunya tidak dapat melihat ke depan. Saat dalam perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan dan start yang dilakukan yaitu didalam kolam renang. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

Renang Gaya Kupu-kupu – Butterfly

Gaya kupu-kupu ini sering disebut juga dengan gaya lumba-lumba. Cara untuk melakukan gaya kupu-kupu atau lumba-lumba ini adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lalu secara bersamaan kedua belah lengan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayun kedepan. Sementara itu kedua kaki digerakkan ke bawah dan ke atas, seperti gerakan sirip ekor yang terdapat di ikan atau lumba-lumba. Untuk pernafasan dapat dihirup lewat mulut pada saat kepala berada di luar air dan dihembuskan kuat-kuat dari hidung dan mulut sebelum kepala muncul dari air. Bagi pemula gaya yang satu ini akan menyulitkan.

Renang Gaya Bebas – Free Style

Renang dengan gaya bebas merupakan gerakan renang yang banyak orang-orang gunakan karena gerakannya yang simple, mudah dipahami, dan mudah untuk dilakukan. Cara berenang dengan gaya ini adalah posisi dada menghadap kedalam permukaan air. Sedangkan kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Kemudian ketika berenang dengan gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air dan ketika hendak mengambil nafas dilakukan pada saat salah satu lengan ke luar lalu badan menjadi miring dan kemudian kepala berpaling ke samping. Perlu diketahui bahwa gaya bebas ini merupakan gaya berenang paling cepat dibandingkan dengan gaya lainnya.

Jadi mana yang menjadi gaya favoritmu?

Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Gordan Kožulj sedang berenang gaya punggung

Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

Bibliografi

Montgomery, Jim; Montgomery, James P.; Chambers, Mo (2009). Mastering swimming. ISBN 978-0-7360-7453-7. 

  • (Inggris) Swim.ee Diarsipkan 2012-12-26 di Wayback Machine., situs web teknik berenang
  • Backstroke Start: USA Swimming backstroke start
 

Artikel bertopik olahraga ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Diperoleh dari “

Leave a Comment