Dampak positif dan negatif peristiwa Rengasdengklok

Lihat Foto

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA

Kamar tidur yang pernah digunakan Soekarno dan putranya, Guntur, selama diculik di Rengasdengklok.

KOMPAS.com – Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa yang membekas di sepanjang sejarah Indonesia. 

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan terhadap Soekarno dan Hatta yang terjadi pada 16 Agustus 1945. 

Baca juga: Wilayah Kekuasaan Kerajaan Sriwijaya

Latar Belakang 

Peristiwa Rengasdengklok menjadi peristiwa yang memiliki keterkaitan terhadap pengumuman proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Lantas, bagaimana proses terjadinya Peristiwa Rengasdengklok?

Kala itu, Indonesia sedang dijajah oleh Jepang karena ambisi Jepang yang ingin membangun imperium Asia Timur Raya pada masa Perang Dunia II.

Dari peristiwa tersebut, Jepang mengalami kekalahan yang ternyata memberikan dampak besar pada Indonesia.

Sejak saat itu, ketegangan pun mulai muncul antara golongan tua dan golongan muda.

Golongan tua dan golongan muda memiliki perbedaan pendapat terkait kapan waktu yang tepat untuk mengumumkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemerintahan Jepang yang dengan tegas melarang penduduk Indonesia untuk mendengarkan radio luar negeri menjadi salah satu penyebab terhambatnya pengumuman proklamasi.

Lihat Foto

Arsip ANRI

Suasana saat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta (sekarang Jalan Proklamasi Nomor 5, Jakarta Pusat) pada 17 Agustus 1945, sehari setelah peristiwa Rengasdengklok.

KOMPAS.com – Proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 tak bisa dilepaskan dari peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada hari sebelumnya.

Peristiwa Rengasdengklok adalah sebuah kejadian saat golongan muda yang dipimpin oleh Chairul Saleh memutuskan untuk menculik Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta sehari sebelum proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Baca juga: Mengapa Rengasdengklok Dipilih sebagai Tempat Pengungsian?

Bagaimana sebenarnya peristiwa Rengasdengklok yang jadi momen bersejarah jelang detik-detik proklamasi ini terjadi? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Baca juga: Kronologi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan menyikapi kekalahan jepang dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Arti dan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Golongan muda ingin Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta segera mengumumkan kemerdekaan melalui proklamasi.

Namun di sisi lain, Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta serta golongan tua lainnya merasa proklamasi akan diputuskan melalui sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

Kronologi Peristiwa Rengasdengklok

Ersontowi dalam Modul Sejarah Indonesia XI (2020) menerangkan bahwa peristiwa Rengasdengklok bermula dari rapat golongan muda yang dipimpin Chairul Saleh.

Pada rapat tersebut golongan muda sepakat bahwa kemerdekaan Indonesia menjadi hak rakyat dan segala hubungan dengan janji kemerdekaan dari Jepang harus segera diputuskan.

Keputusan rapat tersebut kemudian disampaikan Wikana dan Darwis di kediaman Ir.Soekarno Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta yang menuntut segera dilakukannya proklamasi.

Hal itu membuat pada tanggal 16 Agustus 1945 keputusan rapat golongan muda yang juga dihadiri Sukarni, Yusuf Kunto, dr. Muwardi, Shodanco Singgih, untuk membawa Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta ke luar kota untuk menghindari pengaruh Jepang.

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.


LuckyJibrilian


LuckyJibrilian

1. Terjadinya Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 yang harusnya masih beberapa bulan kemudian. 2. Terhindarnya Ir. Soekarno dan Hatta dari pengaruh Jepang. 3. terjadinya persatuan dan kesatuan diantara golongan Muda dan Tua. 4. Berdirinya suatu negara yaitu INDONESIA

Semangat belajar nya kawan…..

Terjadinya peperangan
Maaf kalo salah


shaggy MUI vs the creatorsiapa yang akan menang?sebutkan alasannya juga​


~Quizzz~Jelaskan maksud relief Latitavista pada candi Borobudur.Note: Lagi kangen chattan sama seseorang yang saya sayangi, tapi…ah sudahlah:)​


Dalam hal apakah momentum, gaya dan energi berbeda antara fisika klasik dan teori relativitas khusus?


pidato tentang hari lahir pancasilatolong plis, beda in sama yang sebelah ​


14. Kitab al-Muqawamat karangan as Suhrawardi membahas mengenaia. akidahb. muamalahC.fikihd. munakahat​


bantu SMK ulangan tengah semester bantu dongggggg​


Pada suhu 30 derajat di daerah perkotaan umumnya rel kereta api sengaja di buat lebih tinggi untuk menghindari adanya permuaian pada besi rel kereta,


siapakah tokoh yang menjual bakso mercon pada masa kolonial belanda…
A. Arif Roachman
B. Farthand D. Quaits
C. Dzoelflicker Alokar
D. Umay


Semasa memerintah, Sultan al-Kamil membangun saluran irigasi damembuka lahan-lahan pertanian serta menjalin hubungan perdagangandengan Eropa. Ini menu


njukkan salah satu nilai positif sultan Ayyubiyah.Pernyataan berikut yang berkaitanadalah ….a. perkembangan ilmu pengetahuanb. kerukunan antarumat beragamac. perluasan wilayah kekuasaand. pembangunan dalam negeri​


Dalam perundingan shiffin yang diuntungkan adalah… A. kelompok muawiyahB kelompok Ali Bin Abi Thalib C. tidak ada yang diuntungkanD. muawiyah dan A


li sama-sama diuntungkan​


1). mengapa pemerintah daulah mamluk dapat mengalami banyak kemajuan dan kesuksesan dalam membangun peradapan?2). sebutkan sebab kejayaan daulah mamlu


k!Tolong ya kak!​

Leave a Comment