Dari manakah gambar-gambar yang dapat dijadikan bahan membuat montase

Kunci jawaban kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD/MI, Karya Montase

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Berikut ini penjelasan kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD/MI Subtema 2 pembelajaran 2 halaman 102 sampai 108.

Yuk simak berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD/MI berjudul Indahnya Keberagaman di Negeriku halaman 102, 103, 104, 105, 106, 107, dan 108.

Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Terdapat 3 pembelajaran 2 subtema pada buku ini diantaranya Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, Subtema 2: Indahnya Keragaman dan Subtema 3: Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 3 Pembelajaran 2 dalam Tema 7 kelas 4 tentang Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 4 Subtema 3 pembelajaran 2 Halaman 102, 103, 104, 105, 106, 107, dan 108 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 7 Kelas 5 SD/MI Subtema 3 Buat Tabel Tentang Catatan Kegiatanmu Sehari-hari.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 6 Buku Tematik Kelas 3 SD, Subtema 3 Pembelajaran 6, Halaman 144 145 146 dan 147

>>> Halaman 102

Perhatikan gambar karya-karya seni rupa yang kreatif berikut ini.

Gambar 3.9 menunjukkan karya montase.

Menurutmu, bagaimana cara membuat karya montase?

>> > Halaman 103

Halaman selanjutnya arrow_forward

Sumber: Tribun Pontianak

Adalah.Co.Id – Montase adalah karya seni tempel yang mengkombinasikan gambar-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi susunan karya seni baru. Sumber yang dimaksud dapat digunakan koran, majalah bekas, buku yang tidak digunakan, brosur atau lainnya.

Jadi karya montase dapat dihasilkan dari gambar jadi dieksposisikan dengan gambar jadi lainnya. Misalnya gambar binatang dari majalah dipotong dan direkatkan ke permukaan media gambar dan dikombinasikan dengan gambar binatang lain dari sebuah buku. Gambar rumah dari buklet menjadi gambar baru pada media gambar yang sama.

seni tempel montase ialah karya seni yang berasal dari gambar gambar jadi yang dirangkai menjadi satu sehingga tercipta pencampuran unsur dari berbagai sumber. Di masa lalu, karya perakitan hanya mengubah seni dua dimensi. Sekarang Montagekunst telah mengembangkan dan menghasilkan karya seni tiga dimensi. Kenyataannya pekerjaan umum yang kurang dikenal oleh masyarakat karena karya-karya mereka hampir sebanding dengan seni patung, lukisan dan seni. Pekerjaan ini juga dianggap semacam pekerjaan.

Montase Adalah

Berdasarkan pemahaman di atas seni pasta montase, kita dapat menyimpulkan bahwa karya seni montase berasal dari satu komposisi dengan yang lain. Misalnya gambar rumah di majalah. Gambar dipotong dan disisipkan pada permukaan gambar lainnya. Ini menciptakan karya seni baru. Templat montase sering disebut sebagai lukisan karena bahannya berasal dari gambar yang sudah jadi dan kemudian dipadukan dengan gambar lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Video Bokeh Full HD

Fungsi Montase

Fungsi teknik montaseTeknik montase memiliki fungsi yaitu sebagai berikut:

  1. Fungsi praktis, yaitu fungsi yang terdapat pada benda sehari-hari, karya montase tersebut dapat digunakan sebagai dekorasi atau dekorasi rumah.
  2. Fungsi edukatif, yaitu montase, dapat mengembangkan pikiran, daya serap, emosi, estetika dan kreativitas.
  3. Fungsi ekspresi adalah teknik perakitan yang menggunakan bahan dan tekstur berbeda untuk memproses semua ekspresi.
  4. Fungsi psikologis di mana kami menghasilkan sebuah karya dengan menanamkan semua ide dan emosi yang membangkitkan rasa kepuasan dan kesenangan untuk mengurangi beban psikologis.
  5. Fungsi sosial, yaitu banyak karya yang menarik dan unik, dimaksudkan untuk menciptakan lapangan kerja dengan modal kreatif.

Cara Membuat Montase

Berikut adalah teknik dan cara membuat karya montase:

1. Sediakan Semua Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahannya adalah Gunting, lem perekat, buku gambar atau kertas HVS untuk menempelkan gambar, crayon atau pensil warna.

2. Buatlah Tema dan Konsep Gambar Montase

Buat gambar montase yang ingin Anda buat dari sumber gambar yang ada. Juga pertimbangkan pengaturan gambar dengan menyesuaikan penempatan setiap gambar. Disini kreativitas dan imajinasi kalian berperan penting untuk menghasilkan sebuah susunan baru.

3. Potonglah Gambar-gambar Dari Sumber Referensi Yang Ada

Langkah perakitan Setelah Anda menentukan desain gambar, gunakan gunting untuk memilih dan memotong gambar yang menarik dan cocok dari majalah atau sumber gambar. Hati-hati saat memotong objek gambar agar tidak mempengaruhi kualitas gambar, Potong dan kumpulkan semua objek gambar yang ingin Anda masukkan.

4. Tempelkan Gambar-gambar Tersebut

Langkah-langkah untuk Membuat Montase Setelah objek menggambar yang dipilih kemudian tempelkan gambar cut-out satu per satu pada posisi yang Anda tentukan dalam buku gambar atau di atas kertas.

5. Tambahkan Warna atau Arsiran

Untuk menambah nilai keindahan, Anda dapat menambahkan warna atau corak dengan krayon. Namun warna ini saling melengkapi, jadi pastikan warnanya tidak mendominasi gambar montase.

6. Lihatlah Hasil Karyamu

Setelah selesei, karya montase akan membentuk sebuah gambar baru dan menghasilkan cerita yang baru.

Pada dasar teknik montase ini tidak sulit alias mudah. Yang harus kita lakukan adalah memilih, memotong, dan menempel gambar untuk menghasilkan seri dan cerita baru. Bagaimana montase ini dilakukan, bagaimanapun membutuhkan kreativitas dalam penentuan dan pemilihan gambar sehingga hasilnya menarik.

Perbedaan Kolase Montase dan Mozaik

Dari pengertian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara montase dan kolase mosaik berasal dari bahan yang dilampirkan. Kolase dari bahan yang berbeda jenis, montase dengan bahan dari gambar yang sudah jadi, sedangkan mozaik berupa susunan kepingan dengan jenis bahan yang sama.

Sekian artikel tentang montase ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Lihat Foto

Pixabay.com/Michele Caballero Siamitras Kassube

Ilustrasi karya seni montase

KOMPAS.com – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, montase berarti komposisi gambar yang dihasilkan daripencampuran unsur dari beberapa sumber.

Karya seni montase merupakan salah satu dari tiga jenis karya seni rupa yang menggunakan teknik menempel. Montase berasal dari bahasa Inggris monatge artinya menempel.

Dalam buku Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar (2020) karya Arina Restian, montase adalah sebuah karya yang dibuat dengan cara memotong obyek-obyek gambar dari berbagai sumber, kemudian ditempelkan pada suatu bidang sehingga menhadu satu kesatuan karta dan tema.

Sumber yang digunakan dapat dari koran bekas, majalah bekas, buku yang tidak digunakan, pamphlet, dan lain sebagainya.

Pada awalnya karya seni montase terbatas pada karya dua dimensi. Dalam perkembangannya saat ini, montase sudah berada di karya tiga dimensi.

Baca juga: Seni Kolase dan Caranya

Teknik montase

Dalam buku Montase dan Pembelajaran (2018) karya Nurul Aini dan kawan-kawan, berdasarkan teknik pembuatannya, karya seni montae dibedakan menjadi dua, yaitu:

Montase dalam dunia seni foto disebut dengan montase foto, yaitu foto yang terbuat dari tempelan-tempelan atau kompilasi beberapa foto.

Montase teknik tempel secara manual, yakni menempelkan potongan-potongan gambar dari berbagai sumber pada sebuah bidang untuk menampilan pesan atau tema tertentu.

Selain mempertiimbangkan kesesuaian gambar dengan tema yang ingin disampaikan, jenis gambar yang ditempelkan juga diperhatikan agar antargambar terlihat serasi.

Baca juga: Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Membuat montase

Cara membuat montase, sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan , yaitu kertas bekas, kardus atau karton, kain, plastik dan kaleng, styrofoam dan busa, tali, serta tutup botol dan karet. Untuk alatnya, lem, gunting, kertas atau papan triplek sebagai alas gambar untuk ditempel.
  2. Siapkan gambar-gambar yang dibutuhkan dengan menyesuaikan obyek cerita. Bisa dari majalah, koran, poster, buku, dan lainnya.
  3. Guntung beberapa gambar yang sesuai dengan kebutuhan atau obyek tema cerita. Gunting dengan rapi dan sesuai pola gambar.
  4. Rekatkan potonga gambar dengan lem, lalu tempelkan pada alay yang diinginkan.
  5. Dari beberapa potongan tersebut, kombinasikan antara gambar satu dengan gambat yang lain sehingga menjadi sebuah gambar yang memiliki tema baru.

Baca juga: Gaya atau Corak Karya Seni Rupa Murni Indonesia

Perbedaan montase dan kolase

Montase dan kolase sama-sama karya seni rupa yang menggunakan teknik menempel. Namun, di antara keduanya tetap memiliki perbedaan.

Jika montase mengkombinasikan gambar yang sudah jadi menjadi sebuah gambar atau tema baru. Contohnya, menggunting gambar rumah, orang, mobil, dan pohon menjadi kombinasi gambar baru.

Sedangkan kolase menempeklkan bahan-bahan dasar yang belum diolah menjadi obyek yang diinginkan. Misalnya menempelkan kain perca warna-warni menjadi sebuah pohon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Leave a Comment