Formasi lurus dalam tari Bungong Jeumpa diwujudkan dalam bentuk

Tari Bungong Jeumpa berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam. Tarian ini gerakannya hampir sama dengan tari Saman. Bungong Jeumpa merupakan judul lagu populer di Aceh yang artinya bunga cempaka.

Awal mula lagu ini karena bunga Jeumpa tumbuh liar di daerah Aceh. Pohon cempaka tumbuh besar dan tinggi menyangga dahan dan ranting. Sementara bagian bunga mengeluarkan bau harum yang khas.

Bunga Jeumpa memiliki aneka warna yaitu kuning, hijau, dan merah. Dalam tradisi masyarakat Aceh, bunga ini menjadi simbol keindahan. Bunga Jeumpa digunakan untuk upacara tradisi dan pernikahan. Bagian kuncupnya dipakai sebagai hiasan kepala pengantin yang disebut dara baro.

Mengutip dari kemdikbud.go.id, di Aceh Selatan, bunga cempaka menjadi bahan campuran wewangian untuk prosesi mandi balimau sebelum Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Tradisi mandi balimau dahulu adalah prosesi mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadas besar dan kecil. Dahulu masyarakat Aceh memakai bahan campuran limau kaco berupa jeruk limau kasturi seukuran jempol dan kelopak Jeumpa untuk keramas.

Bunga ini juga dijadikan campuran air untuk upacara pernikahan mempelai perempuan di Aceh. Bagian kelopak jeumpa dilepas dari tangkai dan dicampur dengan bunga wangi lainnya. Bunga jeumpa juga menjadi wewangian air untuk ziarah makan masyarakat Aceh. Bunga jeumpa dicampur bunga lain seperti mawar, melati, seulanga, dan bunga harum lain untuk menyiram makam.

Advertising

Advertising

Bunga Jeumpa juga menjadi simbol ragam hias kerajinan di Aceh. Jeumpa menjadi inspirasi desain interior rumah tradisional Aceh. Selain ornamen rumah, bunga ini menjadi motif tenunan songket khas Aceh.

Baca Juga

Bungong teuleube, teuleube, indah lagoina(Bunga yang sangat indah rupanya)

Bungong jeumpa bungong jeumpa, meugah di Aceh

(Bunga cempaka yang terkenal di Aceh)

Bungong teuleube, teuleube, indah lagoina

(Bunga yang sangat indah rupanya)

Puteh kuneng.. meujampu mirah

(Warna putih, kuning, bercampur dengan warna merah)

Bungong si ulah indah lagoina

(Setangkai bunga yang indah sekali)

Puteh kuneng.. meujampu mirah

(Warna putih, kuning, bercampur dengan warna merah)

Bungong si ulah indah lagoina

(Bunga yang sangat indah rupanya)

Gerakan Tari Bungong Jeumpa

Formasi Tari Bungong Jeumpa dilakukan berkelompok. Ada 2 gerakan tari yaitu berdiri dan duduk. Tarian dari Aceh ini diiringi alat musik dan lagu Bungong Jeumpa. Mengutip dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 yang diterbitkan Kemendikbud, berikut gerakan tari Bungong Jeumpa formasi berdiri. 

Gerakan Tari Bungong Jeumpa Berdiri

Kedua tangan mengarah ke atas, kaki berjinjit dan dihentakkan 2 kali ke kanan 2 kali.Kedua tangan mengarah ke atas, kaki jinjit lalu hentakkan 2 kali ke kiri 2 kali.

Tubuh serong ke kanan lalu kedua jari merapat ditarik ke atas. Kaki kanan berada di depan. Bagian tangan ditarik ke bawah, lalu kaki kanan mundur. Tubuh menghadap serong ke kiri, kedua jari merapat ditarik ke atas. Bagian kaki kiri mengarah ke depan bergantian kanan dan kiri sebanyak dua kali dua kali.

  • Gerakan CTubuh menghadap serong ke kanan, kedua jari rapat ditarik ke atas. Bagian kaki kanan ke depan dan tangan ditarik kebawah. Bagian kaki kanan mundur. Kemudian tubuh menghadap serong ke kiri, jari kedua tangan dirapatkan, lalu ditarik ke atas. Bagian kaki kiri melangkah ke depan. Bergantian kaki kanan dan kiri masing-masing sebanyak 2 kali.
  • Gerakan D

Kedua telapak tangan saling berhadapan dan di balik kanan kiri bergantian. Kaki berjalan ditempat sambil diayun.

Kedua tangan memegang bahu, tangan didorong ke depan. Bagian jari tangan lurus mengarah ke atas. Kemudian kaki maju bergantian kanan dan kiri.

Gerakan Tari Bungong Jeumpa Duduk

  • Gerakan F
    Bagian tangan kanan di bahu dan tangan kiri ada di paha. Lakukan gerakan bergantian dan tepuk dua kali secara bersamaan.
  • Gerakan GTangan kanan berdiri dan tangan kiri memegang siku bagian kanan. Lakukan secara bergantian tangan kiri berdiri dan tangan kanan memegang siku kiri. Tepuk bagian tangan dua kali, lakukan secara bergantian.
  • Gerakan H
    Kedua lengan tangan lurus ke depan dan tangan menepuk. Kemudian gerakkan tangan menepuk didepan dada posisi menepuk. Lalu panjangkan tangan ke atas kepala, lengan lurus, dan badan diangkat. Kemudian tepuk didepan dada kembali.
  • Gerakan I
    Badan sedikit membungkuk, serong ke kanan, dan ke kiri, kemudian kedua telapak tangan menyentuh lantai. Taris tangan ke atas lurus kemudian serong kanan dan kiri bergantian.

Baca Juga

Lagu Bungong Jeumpa menjadi kebanggan masyarakat Aceh. Lagu daerah dan tarian ini melambangkan semangat dan keindahan masyarakat Aceh. Dahulu bunga ini tumbuh subur tanpa perlu ditanam. Pohonnya tinggi dan besar sampai menghasilkan banyak bunga yang harum.

Lagu Bungong Jeumpa menjadi musik pengiring sebuah tarian dan pentas seni. Lagu ini pernah mengiringi tarian Ratoh Jaroe untuk Opening Ceremony Asian Games 2018. Bunga Jeumpa memberi pengaruh menjadi simbol keharuman masyarakat Aceh.

AYO
BERLATIH !

KERJAKAN
SOAL DI BAWAH INI DENGAN BENAR DAN TEPAT !

TULISLAH
DI KERTAS FOLIO / HVS!

1.       
1. Formasi
lurus dalam tari Bungong Jeumpa diwujudkan dalam bentuk garis ….

2.    
2
.
Penari
Saman dilakukan dengan tempo gerakan ….

3.    
3. Level
tertinggi pada gerakan tari Saman adalah ….

4.    
4. Tari
yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman disebut jenis tari …

5.    
5. Sebutkan
3 tarian daerah dari Provinsi Jawa Timur ?

…biasanya dipertunjukan pada malam hari. Tarian ini diawali dengan semua peserta tari tandak membentuk sebuah lingkaran dan saling berpegangan pundak setiap peserta. Lantas para peserta berjalan sambil mengangkat kaki dan…

…harus diwujudkan ke dalam bentuk gerak tari pada puncaknya harus distilisasi atau didistorsi. Tari merupakan relaksasi dan penegangan otot yang secara penghayatan menghasilkan ekspresi gerak untuk berkesenian. Gerakan tari berwujud…

Tari daerah yang berpasangan Jenis tari daerah berpasangan – Di dunia negara kita indonesia memang dikenal dengan kekayaan dari nilai budayanya, salah satunya adalah dalam bentuk tarian. tarian tarian…

…Gerakan – gerakan inilah yang kemudian mengkristal dan disusun dalam bentuk tarian dari berbagai peristiwa sehari – hari kemudian terlahir bentukbentuk rangkaian gerak yang diwujudkan dalam bentuk upacara…

…arti bungong jeumpa Tari bungong jeumpa berasal dari – Ketika mendengar “Bungong Jeumpa” setiap orang akan mengingat Aceh. Kemegahan Lagu Bungong Jeumpa seolah telah tersebar hingga ke pelosok negeri,…

…Keunikan tari kelompok Pengertian tari berkelompok – Tari berkelompok merupakan bentuk penampilan tari yang ditarikan oleh banyak penari atau lebih dari dua orang. Dalam tarian berkelompok dituntut keserempakan dan…

…(sakral). Salah satu contoh tari upacara ritual yang bersifat sakral adalah Tari Ngalage. Seperti pada upacara perayaan panen padi di Jawa barat, Tari Ngalage merupakan tarian sebagai bentuk ucapan terima…

Tari Serampang Dua Belas terutama untuk kalangan masyarakat yang berada di kawasan Kabupaten Serdang Bedagai. Makna tari serampang dua belas Tari Serampang dua belas termasuk ke dalam bentuk sendratari karena…

…serimpi merupakan tari klasik, tata rias wajahnya pun masih dipengaruhi unsur klasik Tata rias tari serimpi antara lain : memakai bedak warna terang, memasang rouge di pipi membentuk kedua alis…

…terdapat pada unsur gerak, pakaian, musik pengiring, dan lagu-lagu yang dilantunkan. Unsur-unsur ini bersatu padu sehingga membentuk sebuah harmoni yang terwujud dalam pentas tari Lenggang Patah Sembilan. Unsur-unsur seni ini…

Leave a Comment