Format e- book yang diciptakan oleh Adobe adalah

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi E-Book? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: format, pengertian, sejarah, fungsi, tujuan, manfaat, cara, kelebihan dan kekurangan.

Pengertian E-Book

Ebook adalah Bentuk digital dari buku cetak, terdiri dari berbagai macam informasi digital (bisa text, gambar, audio, video) yang dapat dibuka melalui komputer, tablet,  smartphone, atau perangkat lainnya.

Sejarah E-Book

Pada tahun 70an saat Hart masih menjadi mahasiswa di University of Illinois, Hart diberi kesempatan mengakses komputer utama kampusnya. Saat itu ia berpikir apa yang bisa ia lakukan dengan komputer itu.

Ide tentang ebook kemudian muncul saat Hart berada di sebuah supermarket saat melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Di tahun 2002, dalam sebuah wawancara Hars mengungkapkan hal itu:

  1. “Kebetulan saya berhenti di IGA, sebuah supermarket lokal. Saat itu kami baru saja merayakan ulang tahun Amerika ke 200 dan banyak salinan dokumen sejarah yang dibagikan pada masyarakat termasuk di supermarket itu yang juga diberikan pada konsumen. Saya tengah mencoba mengambil makanan dari ransel saat saya tanpa sengaja mengambil sebuah dokumen Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Dan saat itu ide untuk membuat ebook muncul.”
  2. “Saya berpikir apakah saya bisa melakukan sesuatu dengan komputer, lebih dari sekedar mengetik naskah kemerdekaan. Sesuatu yang bisa bertahan sampai 100 tahun. Dan kemudian lahirlah Project Gutenberg.”

Naskah kemerdekaan Amerika adalah dokumen pertama yang dibuat Harts dalam bentuk ebook. Saat ini Project Gutenberg telah menjadi perpustakaan online yang memiliki lebih dari 36 ribu ebook, di luar buku-buku yang memiliki copyright.

Fungsi E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa fungsi e-book, antara lain:

Karena buku digital dapat memuat konten multimedia didalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang menarik dan menyenangkan.

Buku digital dapat di sebarkan dengan mudah ,melalui media seperti website yang memberi kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif dengan membuat konten dalam bentuk digital.

Berbeda dari buku fisik yang dapat rusak atau basah,buku digital berupa data di komputer yang terlindungi dari masalah-masalah tersebut.Jika hilang pengguna bisa dengan mudah mencari pengganti baik di internet atau meminta ke pembuat buku.

Dalam erangkat lunak buku digital,guru dapat memberi catatan pada materi,mencari kata di materi,menampilkan file multimedia untuk memperkaya kontern buku.

Tujuan E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa tujuan e-book, antara lain:

  • Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan lebih mudah, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya, cukup mendatangi salah satu situs penerbit digital dan memberikan bukunya secara mandiri.
  • Melindungi informasi yang disampaikan.
    Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah maupun hilang, buku digital berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Walaupun data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
  • Mempermudah proses memahami materi ajar.
    Dalam perangkat lunak buku digital, Anda dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, file multimedia yang dapat langsung dimainkan untuk memperkaya konten buku sehingga membantu memahami materi ajar dengan lebih baik dan cepat.

Manfaat E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa manfat e-book, antara lain:

  1. Ukuran fisik kecil. Karena eBook memiliki format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku dapat disimpan dalam sebuah DVD sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar) begitu juga dengan E journal.
  2. Mudah dibawa. Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
  3. Tidak lapuk. E book tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
  4. Mudah diproses. Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.
  5. Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca. Karena format eBook dapat diproses oleh komputer, maka isi dari eBook dapat “dibacakan” oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga dapat digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga dapat diset dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca dengan huruf kecil.
  6. Penggandaan (duplikasi, copying) eBook sangat mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal.
  7. Mudah didistribusikan. Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet.
  8. Dapat interaktif. eBook memudahkan menyampaikan informasi yang interaktif. Dalam eBook dapat ditampilkan ilustrasi multimedia, misalnya dengan animasi untuk menunjukkan poin yang ingin dibicarakan. Buku pelajaran Matematika dapat menunjukkan ilustrasi secara menarik sehingga mempermudah siswa dalam menangkap pelajaran. Buku komik dapat memperagakan jagoannya dengan lebih hidup. Hal ini tidak dapat atau sulit dilakukan dengan menggunakan buku yang konvensional. Manfaat dan kemudahan-kemudahan yang di atas membuat eBook menjadi alternatif baru dalam mendistribusikan tulisan.
  9. Mudah dipublikasikan, diakses, dan disalin

Format E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa format e-book, antara lain:

1. Format text biasa (.txt)

E-buku dalam teks biasa ada dan sangat kecil dalam ukuran.Sebagai contoh, Alkitab , sebuah kata buku 800.000, hanya sekitar 4 MB.  Standar ASCII memungkinkan hanya teks file-ASCII (tidak seperti kebanyakan jenis file lain) yang akan dipertukarkan dan dibaca di Unix, Macintosh, Microsoft Windows, DOS, dan sistem lainnya. Ini berbeda sesuai pilihan mereka berakhir konvensi dan interpretasi mereka nilai di luar rentang ASCII (encoding karakter mereka).

2. Format Hypertext Markup Language (.html;..htm)

HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk sebagian besar web halaman. E-buku dengan menggunakan HTML dapat dibaca menggunakan browser Web . Spesifikasi untuk format ini tersedia tanpa biaya dari W3C .
HTML menambahkan tanda khusus meta-elemen untuk teks biasa dinyatakan dikodekan menggunakan rangkaian karakter seperti ASCII atau UTF-8 . Dengan demikian, sesuai file berformat bisa, dan kadang-kadang, dihasilkan dengan tangan menggunakan editor teks biasa atau programmer’s editor.Banyak aplikasi HTML generator ada untuk memudahkan proses ini dan seringkali memerlukan kurang pengetahuan rumit rincian format yang terlibat.

HTML sendiri bukan merupakan format yang sangat efisien untuk menyimpan informasi, membutuhkan ruang penyimpanan lebih untuk pekerjaan yang diberikan daripada format lainnya. Namun, beberapa e-book format termasuk Amazon Kindle, Buka e-book, tekan HM, Mobipocket dan EPUB menggunakan satu file HTML untuk setiap bab buku dan kemudian Zip memampatkan file, bersama dengan gambar, metadata dan style sheet ke dalam satu file.

HTML file mencakup berbagai standar dan menampilkan file HTML dengan benar adalah sangat rumit.Selain itu banyak fitur yang didukung, seperti bentuk, tidak relevan untuk e-book. 

3. Format Amazon Kindle (.azw)

Dengan peluncuran Kindle pembaca e-book, Amazon.com menciptakan format proprietary, Azw. Hal ini didasarkan pada Mobipocket standar, dengan nomor seri skema yang berbeda sedikit (itu menggunakan tanda bintang dan bukan tanda dolar ) dan sendiri DRM format. Karena eBook dibeli di Kindle yang dikirim melalui sistem nirkabel yang disebut Whispernet, pengguna tidak melihat file Azw selama proses download. Format Kindle sekarang tersedia pada berbagai platform.

Berita Terkait  Materi Etika

4. Format Open Electronic Paket (.opf) 

OPF adalah suatu XML format buku yang berbasis ebook diciptakan oleh E-Book Systems.

5. Format TomeRaider (.tr2; .tr3) 

Format e-book TomeRaider adalah format proprietary. Ada versi TomeRaider untuk Windows, Windows Mobile (aka Pocket PC), Palm, Symbian, iPhone dan lebih masih banyak lagi. Beberapa Wikipedia tersedia sebagai File TomeRaider dengan semua artikel lengkap, beberapa bahkan dengan hampir semua gambar. Kemampuan TomeRaider3 e-book reader bervariasi per platform: Windows dan Windows Mobile edisi dukungan penuh HTML dan CSS .

Edisi terbatas Palm mendukung HTML (misalnya, ada tabel, tidak ada font), dan dukungan CSS hilang. Untuk Symbian hanya ada format TomeRaider2 lebih tua, yang tidak membuat gambar atau fasilitas kategori menawarkan pencarian. Meskipun perbedaan-perbedaan ini TomeRaider e-book dapat diakses pada semua platform yang didukung. Situs Tomeraider mengklaim memiliki lebih dari 4000 e-buku yang tersedia, termasuk versi bebas dari Internet Movie Database dan Wikipedia.

6. Format Arghos Diffusion (.aeh)

Format AEH adalah berbasis proprietary-format XML yang dikembangkan oleh perusahaan Perancis Difusi Arghos. file AEH menggunakan/memiliki DRM dan metode enkripsi dan dibaca hanya dalam Arghos Player. Ini mendukung berbagai format input teks, audio atau video, seperti PDF, WMA, MP3, WMV, dan memungkinkan beberapa fungsi interaktif seperti bookmark, pencarian plain-text, teks dinamis menyoroti, dll

7. Format Flip Books 

Sebuah “Flip Buku” adalah jenis E-Book dibedakan dengan halaman virtual yang sebenarnya “flip”, seperti balik halaman kertas dalam sebuah buku yang nyata atau majalah. Dinamika pertama Flip Book Reader dikembangkan pada tahun 2003/2004 oleh Interaxive Media untuk Nishe Media (Kanada) dan karena itu disebut “Nishe Halaman”. Versi pertama diproduksi sebagian oleh Cybaris (Kanada) dan pertama kali dipamerkan publik pada bulan Agustus 2004. Segera setelah itu, banyak peniru “buku flip” mulai muncul berkat kemajuan teknologi di Macromedia Flash, sebagian besar keras dikodekan menggunakan komponen Flash.

Perangkat lunak asli tetap unik karena didukung oleh sistem CMS yang lengkap berbasis server yang memungkinkan buku-buku yang akan dibuat, dipublikasikan, dan dilihat jarak jauh dari server web tanpa memerlukan perangkat lunak kustom yang akan diinstal. Nishe Media Bangkrut pada tahun 2004, meninggalkan perangkat lunak yang belum selesai untuk Interaxive Media yang terus perkembangannya di Hong Kong. Meskipun tidak banyak digunakan di luar Asia, sekarang pada versi 3.0 dan bisa menjadi platform E-Book berbasis server. Pengembang asli, Ryan Sutherland, pemilik dan pendiri Interaxive Media.

8. Format ANSI/NISO Z39.86 (DAISY) 

Digital Accessible Information System (DAISY) merupakan XML berbasis standar terbuka yang dikelola oleh Konsorsium DAISY bagi penyandang cacat cetak. DAISY memiliki dukungan internasional yang luas dengan fitur untuk multimedia, navigasi dan sinkronisasi. Sebuah subset dari format DAISY telah diadopsi oleh hukum di Amerika Serikat sebagai National Instructional Material Aksesibilitas Standard (NIMAS), dan K-12 buku pelajaran dan bahan ajar sekarang perlu diberikan kepada siswa penyandang cacat.

DAISY sudah sesuai dengan standar EPUB terbuka, dan diharapkan untuk sepenuhnya menyatu dengan revisi yang akan datang EPUB3 nya.

9. Format FictionBook (Fb2)(. fb2)

FictionBook adalah populer XML -based e-book format, didukung oleh pembaca gratis seperti FBReader , Haali Reader dan STDU Viewer . Lihat

10. Format Text Encoding Initiative (.xml)

TEI Lite adalah yang paling populer dari TEI berbasis (dan dengan demikian XML -based atau SGML -based) format teks elektronik.

11. Format Plucker 

Program Plucker adalah gratis e-book reader aplikasi dengan format file yang terkait sendiri dan perangkat lunak untuk secara otomatis menghasilkan file Plucker dari file HTML, situs web atau RSS feed. Format adalah HTML arsip terkompresi, agak seperti Microsoft CHM.

12. Compressed HM (.chm)

Format CHM adalah format proprietary berdasarkan HTML. Beberapa halaman dan grafis tertanam didistribusikan bersama dengan proprietary metadata sebagai file terkompresi tunggal. Sebaliknya, dalam HTML, sebuah situs terdiri dari beberapa file HTML dan file gambar yang terkait dalam format standar.

13. Portable Document Format (.pdf)

Sebuah format file yang dibuat oleh Adobe Systems , awalnya untuk menyediakan bentuk standar untuk menyimpan dan mengedit dokumen patut diterbitkan dicetak. Format ini berasal dari PostScript , tetapi tanpa fitur bahasa seperti loop, dan dengan dukungan tambahan untuk fitur seperti kompresi dan password. Karena dokumen PDF dengan mudah dapat dilihat dan dicetak oleh pengguna pada berbagai komputer platform , mereka sangat umum di World Wide Web . Spesifikasi format tersedia tanpa dikenakan biaya dari Adobe.

File PDF biasanya berisi brosur, manual produk, artikel majalah sampai seluruh buku, karena mereka dapat font embed, gambar, dan dokumen lainnya. Sebuah file PDF berisi satu atau lebih gambar halaman zoomable.
Karena format ini dirancang untuk mereproduksi gambar halaman, teks tradisional tidak dapat kembali dialirkan ke sesuai dengan lebar layar atau ukuran. Akibatnya file PDF yang dirancang untuk mencetak pada ukuran kertas standar kurang mudah dilihat di layar dengan ukuran terbatas atau resolusi, seperti yang ditemukan pada ponsel dan PDA.

Adobe telah membahas hal ini dengan menambahkan fasilitas-aliran kembali ke software Acrobat Reader, tetapi untuk bekerja dokumen harus ditandai untuk kembali mengalir pada penciptaan, yang berarti bahwa ada dokumen PDF tidak akan mendapatkan keuntungan kecuali mereka tag dan resaved. Windows Mobile (aka Pocket PC) versi dari Adobe Acrobat secara otomatis akan mencoba untuk tag PDF untuk reflow selama proses sinkronisasi menggunakan diinstal plugin untuk Active Sync. Namun, proses penandaan ini tidak akan bekerja pada sebagian besar terkunci atau password dokumen PDF dilindungi. Ini juga tidak bekerja saat ini di Windows Mobile Device Center (penerus Active Sync) seperti yang ditemukan pada Windows Vista dan Windows 7 (2009-10). Hal ini membatasi dukungan penandaan otomatis selama sinkronisasi ke Windows XP/2000.

Beberapa produk dukungan menciptakan dan menandai file PDF, seperti Adobe Acrobat, PDFCreator , OpenOffice.org , iText , dan FOP , dan perpustakaan beberapa pemrograman. Adobe Reader (sebelumnya disebut Acrobat Reader)’s produk Adobe digunakan untuk melihat file PDF; pihak ketiga pemirsa seperti xpdf juga tersedia. Mac OS X memiliki built-in mendukung PDF, baik untuk penciptaan sebagai bagian dari sistem pencetakan dan untuk tampilan menggunakan built-in aplikasi Pratinjau.

Kemudian versi spesifikasi menambahkan dukungan untuk bentuk, komentar, link hypertext , dan bahkan elemen interaktif seperti tombol untuk masuk bentuk dan untuk memicu suara dan video. fitur tersebut mungkin tidak didukung oleh pemirsa pihak ketiga atau lebih tua dan ada pula yang tidak dapat dialihkan untuk mencetak.

File PDF yang didukung pada pembaca e-book berikut: Mobipocket , IREX Iliad , IREX DR1000 , Sony Reader , Bookeen Cybook , Foxit eSlick, Amazon Kindle (1 , 2 , Internasional & DX ), Barnes & Noble Nook , yang iPad , dompet Reader , Bebook Neo dan eReader Kobo .

14. Format PostScript (.ps)

PostScript adalah bahasa deskripsi halaman yang digunakan dalam elektronik dan desktop publishing daerah untuk menentukan isi dan tata letak halaman tercetak, yang dapat digunakan oleh program rendering untuk berkumpul dan menciptakan output aktual bitmap . Banyak kantor printer langsung mendukung PostScript menafsirkan dan mencetak hasilnya. Sebagai hasilnya, format juga melihat penggunaan luas di Unix dunia.

15. Format DjVu (.djvu)

DjVu adalah sebuah format yang mengkhususkan diri dalam dan terutama unggul di scan menyimpan gambar. Ini mencakup kompresor maju dioptimalkan untuk gambar rendah-warna, seperti dokumen teks. Masing-masing file mungkin juga mengandung satu atau lebih halaman. DjVu file tidak dapat mengalir kembali.

Gambar Halaman terkandung dibagi dalam lapisan yang terpisah (seperti multi-warna, resolusi rendah, lapisan latar belakang dengan menggunakan kompresi lossy, dan sedikit-warna, resolusi tinggi, erat-dikompresi lapisan foreground), masing-masing dikompresi dalam metode terbaik yang tersedia. Format ini dirancang untuk dekompresi sangat cepat, bahkan lebih cepat daripada format berbasis vektor.

Keuntungan dari DjVu adalah bahwa adalah mungkin untuk mengambil scan resolusi tinggi (300-400 DPI), cukup baik untuk kedua on- membaca layar dan pencetakan, dan menyimpannya sangat efisien. Beberapa puluhan scan 300 DPI hitam-putih dapat disimpan dalam waktu kurang dari satu megabyte.

16. Format Microsoft LIT (.lit)

Dilindungi DRM LIT file hanya dapat dibaca dalam milik Microsoft Reader program, sebagai format LIT., dinyatakan mirip dengan Microsoft CHM format, termasuk Manajemen Hak Digital fitur. pihak pembaca ketiga lainnya, seperti Lexcycle Stanza , dapat membaca file LIT terlindungi. Ada juga alat seperti Mengkonversi Lit , yang dapat mengkonversi menyala. file ke file HTML atau OEBPS file.

The Reader Microsoft menggunakan dipatenkan ClearType teknologi display. Dalam Reader navigasi bekerja dengan keyboard, mouse, stylus, atau melalui bookmark elektronik. Katalog Perpustakaan pembaca buku-buku catatan dalam “halaman rumah” pribadi, dan buku-buku ditampilkan dengan ClearType untuk meningkatkan keterbacaan. Seorang pengguna dapat menambahkan penjelasan dan catatan ke halaman apapun, membuat besar-print e-buku dengan satu perintah, atau membuat gambar dalam bentuk-bebas pada halaman pembaca. Sebuah kamus memungkinkan pengguna untuk mencari kata-kata.

Berita Terkait  Materi Tentang Kalimat Majemuk Bertingkat

17. Format eReader/ Formerly Palm Digital Media/Peanut Press (. pdb)

eReader adalah freeware program untuk melihat buku elektronik Palm Digital Media. Versi yang tersedia untuk iPhone , PalmOS , Android , Symbian , BlackBerry , Windows Mobile Pocket PC / Smartphone, desktop Windows , dan Macintosh . Pembaca menunjukkan teks satu halaman sekaligus, seperti buku kertas lakukan. eReader mendukung hyperlink tertanam dan gambar. Selain itu, Stanza aplikasi untuk iPhone dan iPod Touch bisa membaca baik dienkripsi eReader file tidak terenkripsi dan.

Situs web perusahaan – ereader dot com mempertahankan berbagai pilihan eReader-format e-book, tersedia untuk pembelian dan download, dengan beberapa domain publik judul tersedia secara gratis. Buku-buku yang tidak bebas yang dienkripsi , dengan kunci yang nama lengkap pembeli dan nomor kartu kredit. Informasi ini tidak disimpan di e-book. Sebuah hash satu-arah digunakan, sehingga tidak ada resiko pengguna informasi yang diekstraksi.
Program ini mendukung fitur-fitur seperti bookmark dan catatan kaki, memungkinkan pengguna untuk menandai setiap halaman dengan penanda, dan setiap bagian dari teks dengan komentar catatan kaki-seperti. Catatan kaki nantinya bisa diekspor sebagai dokumen Memo.

Perusahaan juga menawarkan dua Windows / program MacOS untuk memproduksi e-book: itu Dropbook , yang gratis, dan ebook Studio , yang tidak. Dropbook adalah file-berorientasi PML-to- PDB converter; eBook Studio menggabungkan WYSIWYG editor. Kedua program yang kompatibel dengan file teks sederhana.

Ada juga dukungan untuk sebuah referensi kamus terpadu (dengan banyak pilihan sampai dengan dan termasuk 476.000-kata Merriam-Webster Dictionary, termasuk kunci pengucapan) sehingga setiap kata dalam teks bisa disorot dan melihat di kamus langsung. font Komersial juga dapat secara individual dibeli dan di-download di situs web perusahaan, ereader dot com.

Pada tanggal 20 Juli 2009, Barnes & Noble mengumumkan [7] bahwa format eReader akan menjadi metode yang akan digunakan untuk mengirimkan e-buku. Diperbarui versi dari program Digital sawit untuk iPhone Apple / Touch, Blackberry, Mac OS X, dan Windows platform dibuat tersedia di situs Barnes & Noble eBook .

Pada tanggal 20 Oktober 2009, Barnes & Noble mengumumkan [8] bahwa mereka Nook Reader akan mendukung format eReader. Format eReader juga didukung oleh dihentikan eSlick, sebuah perangkat e-membaca dari Foxit Software.

18. Format Desktop Author (.dnl; .exe)

DesktopAuthor adalah sebuah suite penerbitan elektronik yang memungkinkan pembuatan web buku digital dengan halaman berputar virtual. web buku digital dari setiap tipe publikasi dapat ditulis dalam format ini, termasuk brosur, e-buku, album foto digital, e-card, buku harian digital, resume online, kuis, ujian, tes, bentuk dan survei. DesktopAuthor paket e-book ke dalam “. Dnl” atau “exe.” Buku. Masing-masing dapat tunggal, polos berdiri sendiri file eksekusi yang tidak memerlukan program lain untuk melihatnya. file DNL dapat dilihat di dalam web browser atau berdiri sendiri melalui DNL Reader.

DNL Format adalah format e-book, salah satu yang meniru alternatif kehidupan nyata, yaitu Buku balik halaman. The DNL e-Book ini dikembangkan oleh DNAML Pty Limited sebuah perusahaan Australia didirikan pada tahun 1999. Sebuah DNL e-Book dapat diproduksi menggunakan Penulis DeskTop atau DeskTop Communicator.

19. Format Newton eBook (.pkg)

Umumnya dikenal sebagai Apple Newton buku; sebuah file Newton paket dapat berisi banyak buku (misalnya, tiga buku trilogi mungkin dikemas bersama-sama). Semua sistem yang menjalankan sistem operasi Newton (yang paling umum termasuk MessagePads Newton, eMates, Siemens Sekretaris Stasiun, Motorola Marcos, Digital Samudera Kuda laut dan Tarpons) telah built-in mendukung untuk melihat buku Newton. Format paket Newton dirilis ke publik oleh Newton, Inc sebelum penyerapan bahwa perusahaan ke dalam Apple Computer. Format ini bisa dibilang dan berbagai orang telah membuka ditulis pembaca sehingga untuk itu (konverter menulis buku Newton bahkan telah ditetapkan sebagai tingkat kelas proyek-universitas).

Buku Newton tidak memiliki dukungan untuk DRM atau enkripsi. Mereka mendukung link internal, beberapa tabel berpotensi isi dan indeks, tertanam gambar skala abu-abu, dan bahkan beberapa kemampuan scripting (misalnya, mungkin untuk membuat sebuah buku di mana pembaca dapat mempengaruhi hasil). Newton buku memanfaatkan Unicode dan dengan demikian tersedia dalam berbagai bahasa. Seorang individu buku Newton sebenarnya mungkin berisi beberapa tampilan yang mewakili konten yang sama dengan cara yang berbeda (seperti untuk resolusi layar yang berbeda).

20. Format Founder Electronics (. xeb ; .ceb)

APABI adalah format deviced oleh Founder Electronics . Ini adalah format populer untuk Cina-ebook. Hal ini dapat dibaca menggunakan Apabi Reader perangkat lunak, dan diproduksi menggunakan Apabi Publisher . Baik .xeb dan .File CEB dikodekan file biner. Iliad e-book perangkat termasuk pemirsa sebuah Apabi ‘.

21. Format Libris (.lbr;.bin)

Libris adalah e-book reader berbasis Java untuk perangkat mobile seperti ponsel. Libris akan berjalan pada kebanyakan perangkat berkemampuan Java yang mendukung MIDP . Format Pembaca buku agar sesuai dengan layar perangkat, dan menunjukkan satu halaman pada waktu menggunakan font berkualitas tinggi anti-alias. Buku dapat menggunakan enkripsi atau tidak dibatasi. Libris konten dapat dihasilkan dengan menggunakan alat MakeLibris. Pembaca Libris juga mendukung PalmDoc format.

22. Format Mobipocket (.prc;.mobi)

Mobipocket e-book format berdasarkan ebook Terbuka standar menggunakan XHTML dan dapat mencakup JavaScript dan bingkai. Ini juga mendukung asli SQL query untuk digunakan dengan database tertanam. Ada e-book reader yang sesuai. Sebuah buku gratis-e dari Wikipedia Jerman telah diterbitkan dalam format Mobipocket.
Mobipocket Reader memiliki perpustakaan halaman rumah. Pembaca dapat menambahkan halaman kosong di bagian manapun dari buku dan tambahkan gambar bebas tangan.

Penjelasan – highlight, bookmark, koreksi, catatan, dan gambar – dapat diterapkan, terorganisir, dan ingat dari satu lokasi. Gambar dikonversi ke format GIF dan memiliki ukuran maksimum 64K [12] , yang cukup untuk ponsel dengan layar kecil, tetapi membatasi untuk gadget yang lebih baru. Mobipocket Reader memiliki bookmark elektronik, dan built-in kamus.

Pembaca memiliki modus layar penuh untuk membaca dan dukungan bagi banyak PDA , Communicator , dan Smartphone . Mobipocket produk dukungan yang paling Windows, Symbian, BlackBerry dan sistem operasi Palm. Dengan menggunakan WINE, pembaca bekerja di bawah Linux atau Mac OS X. Aplikasi pihak ketiga seperti Okular dan FBReader juga dapat digunakan di Linux atau Mac OS X, tetapi mereka bekerja hanya dengan file tidak terenkripsi.

Amazon Kindle format Azw pada dasarnya hanya format Mobipocket dengan nomor seri skema yang berbeda sedikit (menggunakan tanda bintang dan bukan tanda Dolar ), dan. publikasi prc dapat dibaca langsung pada Kindle.
Mobipocket telah mengembangkan ke. epub. konverter Mobi disebut KindleGen (mendukung IDPF 1.0 dan 2.0 IDPF epub format, menurut perusahaan).

Terutama, Eropa Timur dengan surat tanda diakritik tidak didukung.

23. Format EPUB (.epub)

Epub OEBPS format adalah standar terbuka untuk e-book yang dibuat oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). It combines three IDPF open standards: Ini menggabungkan tiga standar IDPF terbuka:

  1. Publikasi Terbuka Struktur (OPS) 2.0, yang menggambarkan markup konten (baik XHTML atau Daisy DTBook )
  2. Buka struktur Format (OPF) 2.0, yang menggambarkan struktur sebuah epub. Dalam XML
  3. OEBPS berisi Format (OCF) 1.0, yang bundel file bersama (sebagai file ZIP dinamai)

Saat ini, format dapat dibaca oleh eReader Kobo , Apple iBooks , Barnes dan Noble Nook , Sony Reader , BeBook, Bookeen Cybook Gen3 (dengan firmware v. 2 ke atas) , SEJUK-ER, Adobe Digital Editions , Lexcycle Stanza , BookGlutton , AZARDI, Aldiko dan WordPlayer Android dan Mozilla Firefox add-on EPUBReader . Pembacaan Beberapa program perangkat lunak lain yang saat ini mengimplementasikan dukungan untuk format, seperti dotReader , FBReader , Mobipocket , uBook dan Okular . Perangkat lunak lain, epub. Pembaca Lucidor , masih versi beta.

Adobe Digital Edition menggunakan format epub untuk ebook, Dengan perlindungan DRM diberikan melalui mekanisme Adept berpemilik mereka. Kerangka tersebut tidak layak dikembangkan baru-baru ini dan script telah reverse-direkayasa untuk menghindari sistem DRM.

DSLibris , sebuah proyek Sourceforge.net, mampu decode e-book dalam .epub dan format xht. untuk membaca di Nintendo DS sistem.

24. Format Broadband eBooks (.lrf;.lrx)

Format buku digital yang digunakan oleh Sony Corporation . Ini adalah format proprietary, tetapi beberapa perangkat lunak pembaca untuk-tujuan komputer umum, terutama di Linux (misalnya, internal pemirsa kaliber [15]), memiliki kemampuan untuk membacanya. Ekstensi file lrx merupakan e-book terenkripsi DRM.

25. Format SSReader (.pdg)

Buku format digital yang digunakan oleh perpustakaan perusahaan digital populerdi China. Ini adalah kompresi citra raster proprietary dan format mengikat, dengan waktu membaca OCR plug-in modul. Perusahaan dipindai sejumlah besar buku Cina di Perpustakaan Nasional China dan ini menjadi saham utama dari layanan mereka. Format rinci tidak dipublikasikan. Ada juga beberapa komersial lainnya e-book format yang digunakan dalam perpustakaan digital Cina.

Berita Terkait  Materi Proposal

26. Format TealDoc (.pdb)

Software TealPoint milik pembaca untuk Palm OS. Selain format sendiri, ini akan membuka file teks biasa dan PalmDoc. Versi yang lebih baru dari software termasuk editor untuk Palm OS. Embedded gambar harus dikonversi menjadi format proprietary TealPaint TealPoint’s. Format ini menggunakan HTML seperti tag untuk memformat dan telah reverse-engineered untuk 3 program pihak untuk mengedit dan mengkonversi ke / dari format TealDoc.

27. Format IEC 62448 

IEC 62448 adalah standar internasional yang diciptakan oleh International Electrotechnical Commission (IEC)), Panitia Teknis 100, Bidang Teknis 10 (Multimedia e-publishing dan e-book).

Versi saat ini dari IEC 62448 adalah standar payung yang berisi sebagai lampiran dua format baku, XMDF dari Sharp dan BBeB dari Sony. Namun, BBeB telah dihentikan oleh Sony dan versi XMDF yang ada di spesifikasi sudah ketinggalan jaman. Kelompok TA10 IEC adalah membahas langkah selanjutnya, dan telah mengundang organisasi IDPF yang EPUB standar untuk menjadi penghubung. Ada kemungkinan bahwa versi saat EPUB dan / atau revisi EPUB3 akan datang dapat ditambahkan ke IEC 62448.

Sementara sejumlah perusahaan Jepang telah mengusulkan bahwa IEC standar file format baru yang diusulkan Jepang-centric yang diharapkan untuk menyatukan DotBook dari Voyager Jepang dan XMDF dari Sharp. Format baru ini belum dipublikasikan diungkapkan pada November 2010 tetapi seharusnya untuk menutup pernyataan dasar untuk bahasa Jepang. Secara teknis, revisi ini seharusnya menyediakan satu set minimum Jepang, satu set ekstensi Jepang, dan bahasa stylesheet. Isu-isu yang dibahas dalam pertemuan TC100 diadakan pada bulan Oktober 2010 tetapi tidak ada keputusan yang diambil selain menawarkan status penghubung untuk IDPF.

28. Format Comic Book Archive file (.cbr → RAR ;.cbz → ZIP; .cb7 → 7z ; .cbt → TAR;.cba → ACE)

Berkas Comic Book Archive file atau ComicBook Reader terdiri dari serangkaian file gambar, biasanya PNG (kompresi lossless) atau JPEG (kompresi lossy) file, disimpan sebagai file arsip tunggal, untuk tujuan melihat urutan gambar, buku komik terutama . Ide ini dipopulerkan oleh penampil foto CDisplay, sejak itu, banyak pemirsa untuk platform yang berbeda telah dibuat.

Comic Book Archive file-file tersebut bukan format file yang berbeda; hanya ekstensi nama file berbeda dari file standar jenis arsip yang diberikan. Beberapa aplikasi dukungan tag informasi tambahan (seperti seniman atau informasi cerita) dalam bentuk file XML tertanam dalam arsip, atau gunakan fungsi komentar Zip.

29. Format Multimedia eBooks (.exe or.html)

Sebuah ebook multimedia adalah media dan buku konten yang memanfaatkan kombinasi dari buku yang berbeda format konten . Istilah ini dapat digunakan sebagai kata benda (media dengan format konten ganda) atau sebagai kata sifat menggambarkan suatu media sebagai memiliki format konten yang ganda.

Istilah ‘ebook multimedia’ digunakan berbeda dengan media yang hanya memanfaatkan bentuk-bentuk tradisional buku teks dicetak atau. ebooks Multimedia termasuk kombinasi teks , audio , gambar , video , dan / atau interaktif format konten. Banyak seperti bagaimana sebuah buku tradisional dapat berisi gambar untuk membantu teks bercerita, ebook multimedia dapat berisi elemen-elemen lain yang tidak dulu mungkin untuk membantu bercerita.

Dengan munculnya lebih komputer tablet-seperti luas, seperti smartphone , beberapa rumah penerbitan berencana untuk membuat ebook multimedia, seperti Penguin.

Cara Membaca E-Book Di HP

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara membaca e-book di hp, antara lain:

  • Download Ebook dari internet untuk dipakai sebagai bahannya.
  • Ebook udah siap. Sekarang download Software MJ Book Maker. Software ini gratis koq, ukurannya Cuma 700 kb. Cukup kecil, simple dan nggak ribet.
  • Sambil nunggu MJ Book Maker selesai didownload, ubah File pdf ke format text dengan software Pdf2text. Bisa juga dengan cara di Save As di acrobat reader lalu di kotak dialog save as ubah Save as type dengan Plain Text (*.txt). Ebook memang harus diubah kedalam format text karena MJ Book Maker hanya bisa mengubah format *.txt ke *.jar(format untuk Java Application)
  • Kalo MJ Book Maker sudah selesai didownload, buka aplikasi tersebut. Tidak perlu nginstal karena aplikasi ini berbasis Portable.
  • Setelah hal di atas sudah selesai maka klik tombol START dan tunggu sejenak lalu klik tombol Show Midlet untuk melihat hasil aplikasi EbooK
  • Masukkan file yang berformat *.jar ke dalam handphone anda.

Cara Membuat E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara membuat e-book, antara lain:

Idealnya, setiap footer halaman e-Book diberi link web, logo atau nomor anda.

Sebuah e-Book harus didesain dan berisi tentang berita yang menarik sehingga pembaca tidak bosat saat mempelajarinya.

Anda bisa membandingkan E-book-E-book yang telah beredar di pasaran supaya dapat bersaing dengan mereka.

Saat membuat e-Book berpikirlah anda sedang membuat e-Book best seller, agar semua kemampuan anda tercurah sehingga menghasilkan karya yang sempurna.

Begitu anda yakin telah menciptakan draft terakhir e-Book anda, kini saatnya mengonversinya menjadi produk jadi.

Kelebihan dan Kekurangan E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan e-book, antara lain:

1. Kelebihan E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa kelebihan e-book, antara lain:

  • Harga ebook lebih murah dari pada buku umum atau konvensional. Ini adalah salah satu argumen paling besar yang bikin orang lebih memilh ebook dari pada buku umum, banding saja harga buku konvensional yang berisi nyaris sama juga dengan 2 hingga 3 kali lipat harga ebook, sedang harga-book sendiri sangat murah bahkan juga dapat gratis yang kita peroleh dari sebagian website yang sediakan ebook gratis.
  • Ebook ramah lingkungan. Dengan memakai ebook kita sudah menghemat kertas yang dihasilkan dari pohon. Kita juga menghemat tinta, lantaran ebook tak membutuhkan tinta sama sekali
  • Ebook ANTI RUSAK, sepanjang tak terserang virus, itu juga dapat juga dibikin bersih dengan anti virus. Pikirkan saja dengan buku konvensional yang bisa rusak, sobek, ketumpahan tinta serta beragam hal yang bisa merusaknya.
  • Ebook itu gampang dibawa serta mempunyai ukuran yang relatif kecil. Kita bisa dengan gampang membawa beribu-ribu ebook cuma dalam flashdisk yang ukurannya mungkin saja cuma seputar jari kita. Hal semacam ini karena ukuran file e-bok yang relatif kecil.
  • Kita bisa menghemat saat serta tempat kita. kita bisa menghemat saat kita lantaran kita tak perlu ke toko buku untuk membli buku. Dari sisi tempat, kita tak membutuhkan tempat untuk menaruh ebook, karena kita cuma memerlukan 1 flasdisk yang bisa diisi beribu-ribu ebook.
  • System pengiriman ebook amat cepat. Kita bisa lakukan pengiriman ebook dalam hitungan sebagian menit bahkan juga dapat dalam sebagian detik. Banding dengan buku konvensional yang membutuhkan saat berhari-hari.

2. Kekurangan E-Book

Berikut dibawah ini terdapat beberapa kekurangan e-book, antara lain:

  1. Memerlukan satu piranti lunak untuk membukanya, baik computer atau alat yang lain. Hingga kita memerlukan saat yang cukup lama cuma untuk membukanya, sedang buku umum bisa segera kita buka serta tutup sesuka hati.
  2. Kenyamanan. Umumnya bila mau membaca buku kita mau dalam keadaan nyaman, seperti tiduran, duduk enjoy di sofa, serta tiduran di lantai. Hal semacam ini tak dapat kita kerjakan dengan ebook, lantaran kita mesti memandang PC atau laptop, serta kadang-kadang kita tak tahan untuk berlama-lama memandang monitor.
  3. Mata yg tidak punya kebiasaan untuk membaca di monitor. Hal semacam ini bikin umumnya orang condong cetak ebook dengan printer, sesudah membaca sebagian halaman dari ebook.
  4. Ebook mempunyai beragam format, yang tampak dari extension filenya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo, dan sebagainya. Hal semacam ini bikin diperlukan beragam aplikasi tidak sama untuk membukanya ataupun membuatnya. Contoh untuk format PDF, untuk membacanya biasanya memakai Acrobat dari Adobe. Untuk membuatnya memakai aplikasi sejenis PDF writer.
  5. Tak seluruhnya format ebook mempunyai sekuriti yang baik. Contoh format txt, sangatlah rawan terserang virus atau dijebol sekuritinya. Sedang pdf telah mempunyai sekuriti yang baik. Namun secanggih apa pun format sekuriti ebook, lantaran digital, ebook terus dapat dibongkar terlebih oleh beberapa hacker.
  6. Sensasi. Tujuannya di sini, kita mempunyai rasa sensasi yang kita rasakan saat buka masing-masing lembaran dari buku umum, tetapi hal semacam ini tak kita rasakan pada ebook.

Demikian Pembahasan Tentang 29 Format E-Book: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Cara, Kelebihan & Kekurangan dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca 

Berita Artikel Lainnya:

Leave a Comment