Gaya katak adalah nama lain dari renang gaya…

Berbeda dibanding dengan macam-macam gaya renang lainnya, renang gaya punggung atau backstroke menggunakan punggung sebagai tumpuan. Dokter merekomendasikannya sebagai teknik renang untuk penderita masalah punggung, hal ini guna memperkuat otot punggung.

Secara umum gerakan renang gaya punggung mirip seperti gaya bebas. Secara lebih jelasnya, Anda bisa simak langkah-langkah renang gaya punggung di bawah ini.

  • Mengapung dengan posisi telentang, telinga tepat di air, dan mata melihat ke atas. Lalu regangkan tubuh Anda selama mungkin.
  • Luruskan kaki dan kemudian tendang kaki Anda ke atas dan ke bawah secara bergantian. Bagian lutut harus tetap berada di bawah air dengan jari-jari kaki membuat percikan kecil. Tendang kaki Anda dengan cepat dan terus-menerus.
  • Mulailah dengan lengan terentang ke sisi tubuh Anda. Tarik lengan ke arah luar air dengan bagian ibu jari terlebih dahulu, kemudian luruskan hingga ke atas bahu.
  • Selanjutnya, masukkan tangan Anda ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu. Dorong lengan Anda di bawah air sampai ke paha. Lakukan gerakan terus-menerus saat satu lengan masuk ke dalam air, lengan yang lain siap keluar dari paha.
  • Anda bisa mengambil napas secara teratur jika diperlukan, atau setidaknya sekali selama gerakan mendayung.

4. Renang gaya kupu-kupu (butterfly stroke)

Gaya kupu-kupu atau butterfly stroke bisa dikatakan sebagai jenis gaya renang paling sulit. Renang gaya kupu-kupu paling ampuh menurunkan berat badan karena paling banyak menguras kalori. Untuk melatih renang gaya kupu-kupu, Anda disarankan berlatih bersama instruktur untuk bisa melakukannya dengan benar.

Berikut langkah renang gaya kupu-kupu yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

  • Mengapung dengan bagian perut dan wajah menghadap air, kemudian regangkan tubuh Anda selama mungkin.
  • Gerakkan tubuh Anda dari kepala hingga ujung kaki, dengan gerakan mencambuk, menekuk, dan meluruskan lutut, mirip seperti gerakan lumba-lumba berenang. Pastikan Anda menjaga kedua kaki tetap berdekatan.
  • Masukkan kedua tangan ke dalam air secara bersamaan dengan posisi lengan sejajar dengan bahu Anda. Lalu, dayung lengan Anda hingga ke pinggul untuk menciptakan dorongan. Tarik lengan Anda ke atas permukaan air dan siap untuk memulai lagi.
  • Untuk menarik napas, dorong dagu Anda ke permukaan air menjelang akhir dorongan. Saat lengan Anda kembali masuk ke air, kembalikan wajah Anda ke dalam air dan buang napas.

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh

Berenang memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis olahraga lainnya, seperti bisa dilakukan siapa saja, bisa menguatkan seluruh otot tubuh, serta risiko cedera minim.

Berikut manfaat berenang dengan macam-macam gaya yang Anda lakukan baik bagi kesehatan tubuh.

  • Memberikan latihan menyeluruh pada tubuh, karena hampir semua otot bergerak aktif selama berenang.
  • Mengurangi beberapa dampak stres, serta membuat tubuh lebih rileks.
  • Meningkatkan koordinasi, keseimbangan, kelenturan, dan postur tubuh.
  • Membantu menjaga dan mengurangi berat badan dengan lebih banyak membakar kalori dibanding olahraga lainnya.
  • Memberikan terapi yang memiliki dampak positif pada beberapa cedera dan kondisi, seperti kaki terkilir.
  • Membantu mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, paru-paru, stroke, dan diabetes tipe 2.
  • Memungkinkan berolahraga tanpa keringat, berkat efek air yang mendinginkan kondisi tubuh secara terus-menerus.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berenang

Berenang adalah aktivitas yang mudah, memiliki segudang manfaat, dan dapat dilakukan siapa aja. Sebelum memulai, Anda perlu memiliki perlengkapan renang, seperti baju atau celana renang, kacamata renang, pull buoys, pelampung (kickboard), dan kaki katak (fins).

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 5592 persons

Asked by wiki @ 01/08/2021 in Penjaskes viewed by 5202 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 4851 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 4733 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 4023 persons

Asked by wiki @ 08/08/2021 in Penjaskes viewed by 3792 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 3369 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 3230 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in Penjaskes viewed by 2489 persons

Asked by wiki @ 09/08/2021 in Penjaskes viewed by 2479 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 2442 persons

Asked by wiki @ 09/08/2021 in Penjaskes viewed by 2399 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in Penjaskes viewed by 2250 persons

Asked by wiki @ 14/08/2021 in Penjaskes viewed by 2157 persons

Asked by wiki @ 26/08/2021 in Penjaskes viewed by 2121 persons

2 dari 6 halaman

Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah © Shutterstock.com

Pada dasarnya, memang ada beberapa teknik dasar yang ahrus dikuasai jika ingin melakukan renang gaya dada ini. Yaitu mulai dari posisi tubuh, gerakan tungkai, tarikan lengan, pernapasan, dan pengangkatan kepala.

Untuk detailnya seperti di bawah ini ya!

1. Posisi tubuh

Teknik dasar pertama yang harus dilakukan adalah posisi tubuh. Jadi, dalam renang gaya dada, posisi tubuh harus hrozontal atau bahasa teknisnya streamline. Lalu, pastikan kamu bisa mendapatkan dorongan dan lengan dan tungkai.

2. Gerakan tungkai

Teknik dasar kedua yang harus dikuasai dalam renang gaya dada ini adalah gerakan tungkai. Dalam hal ini ada dua macam gerakan tungkai yakni wedge action dan whip action.

Wedge action atau teori gerakan hentakan adalah kamu harus meluruskan kedua kaki dan menyatukannya. Kemudian, tekan air di antara tungkai untuk mendorong tubuh agar maju.

Lalu ada, whip action di mana kekuatan yang berasal dari hentakan diakibatkan oleh dorongan ke depan yang didapatkan dari mendesak air ke belakang dengan telapak kaki.

3. Tarikan lengan

Tarikan lengan dalam teknik renang gaya dada ini adalah dalam posisi menarik (pull) dan memulihkan (recovery). Jadi, untuk tarikan lengannya adalah dimulai dengan awal tarikan yang dalamnya sekitar 12 cm hingga 15 cm di bawah permukaan air.

4. Pengangkatan kepala

Teknik dasar terakhir yang harus dilakukan adalah pengangkatan kepala. Teknik ini dilakukan setelah melakukan tarikan lengan.

Jadi, ketika kedua lengan didorong ke depan dalam pemulihannya, leher ditekuk untuk mengangkat kepala atau wajah pada sudut 45 derajat dari garis horizontal. Kemudian, udara dikeluarkan di dalam air dari mulut.

Reporter :
Arif Mashudi

Olahraga yang minim resiko cedera ya renang ini hehe

Renang adalah olahraga yang mempunyai banyak seklai manfaat. Nggak heran jika olahraga ini banyak sekali peminatnya. Dalam olahraga ini ada satu gaya yang cukup banyak dilakukan yakni gaya dada.

Bagi yang belum tahu, nama lain renang gaya dada adalah gaya katak atau dalam istilah asing disebut sebagai Breaststroke. Gaya ini banyak dilakukan karena tergolong mudah, apalagi untuk pemula.

Namun, meskipun demikian, renang gaya dada ini tidak semudah yang dilihat alias tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada beberapa teknik dasar yang harus dilakukan dan dikuasai. Oh iya, manfaat kesehatan yang dimiliki olahraga renang ini juga banyak loh.

Berikut ini Diadona.id telah merangkum dari berbagai sumber tentang nama lain renang gaya dada adalah breaststoke serta teknik dan beberapa manfaatnya.

Leave a Comment