Jelaskan empat contoh perbedaan kegiatan masyarakat sebelum

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Perubahan Sosial Budaya Setelah Ditemukannya Listrik. Semoga bermanfaat.

Orang yang berjasa menemukan teknologi listrik adalah Michael Faraday. Ia adalah seorang Ilmuwan Inggris yang lahir di Kota Lewington, Inggris pada tahun 1971. Dengan perjuangan dan semangat pantang menyerah ia berhasil membuat alat sederhana yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Walaupun ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah.

Penemuan listrik ini memicu terjadinya Revolusi industri di Inggris dan negara Eropa lainnya seperti Perancis dan Jerman yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Energi listrik pertama kali digunakan di Indonesia pada zaman Belanda Nederlandche Indische Electriciteit Maatscappij (NIEM) Saat itu energi listrik hanya digunakan untuk menjalankan pabrik-pabrik gula dan pabrik teh milik pemerintah Belanda. Saat ini energi listrik sudah tersedia tidak hanya di kota-kota besar, listrik bahkan sudah digunakan di desa-desa di Indonesia. Perusahaan pengelola listrik di Indonesia adalah PLN (Perusahaan Listrik Negara)

Listrik adalah salah satu penemuan yang sangat penting, yang bisa berdampak terjadinya perubahan sosial di masyarakat bahkan di setiap kegiatan manusia.

Beberapa manfaat listrik dalam kegiatan manusia:

  1. Sebagai alat penerangan
  2. Menyalakan alat elektronik
  3. Mempermudah transportasi
  4. Sumber energi bagi pabrik dan industri

Perubahan kegiatan yang dilakukan masyarakat sebelum dan sesudah adanya listrik.

Sebelum ada listrik

  • Orang bekerja hanya pada pagi siang dan sore hari
  • Pertunjukan seni hanya bisa pada siang dan sore hari
  • Mencari air menggunakan sumur dan timba
  • Anak-anak belajar pada malam hari menggunakan lampu minyak
  • Menggunakan kipas tangan
  • Menggunakan lampu tempel

Sesudah ada listrik

  • Orang bisa bekerja dari pagi, siang, sore hingga malam hari
  • Pertunjukan seni bisa dilakukan mulai pagi hari, siang sampai malam hari
  • Mencari atau mendapatkan air dengan menggunakan pompa listrik
  • Anak-anak belajar pada malam hari menggunakan listrik atau lampu bohlam
  • Menggunakan kipas angin listrik
  • Menggunakan lampu listrik

Penggunaan barang elektronik yang menggunakan energi listrik terus berkembang. Sehingga banyak sekali barang-barang elektronik yang digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh barang elektronik yang digunakan sehari-hari

  1. Kipas angin
  2. Magic com
  3. Kulkas
  4. Strika listrik
  5. Blender
  6. Microwave

Penemuan energi listrik merupakan penemuan yang sangat bermanfaat, berpengaruh dan memicu perubahan sosial di masyarakat. Namun energi listrik bukan tidak ada batasnya. Sumber daya alam yang semakin berkurang mempengaruhi ketersediaan energi listrik. Manusia harus bijak dalam menggunakan energi listrik sehingga listrik bisa digunakan untuk jangka waktu yang sangat panjang untuk kebutuhan manusia.

Soal Latihan Perubahan Sosial Budaya Setelah Ditemukannya Listrik

Sebagai latihan jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Mengapa penemuan listrik bisa memicu revolusi industri?

Pembahasan:
Karena dengan adanya listrik pekerjaan manusia di berbagai bidang mulai digantikan oleh mesin-mesin yang memanfaatkan energi listrik untuk menggerakkannya.

2. Mengapa listrik sangat penting bagi kehidupan manusia?

Pembahasan:Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia karena listrik memiliki banyak manfaat di antaranya:(1) Sebagai alat penerangan(2) Menyalakan alat elektronik(3) Mempermudah transportasi

(4) Sebagai sumber energi bagi pabrik dan industri

3. Jelaskan 4 contoh perbedaan kegiatan masyarakat sebelum dan sesudah ditemukannya listrik!

Pembahasan:

No Sebelum ada listrik Sesudah ada listrik
1. Orang bekerja hanya pada pagi siang dan sore hari Orang bisa bekerja dari pagi, siang, sore hingga malam hari
2. Pertunjukan seni hanya bisa pada siang dan sore hari Pertunjukan seni bisa dilakukan mulai pagi hari, siang sampai malam hari
3. Mencari air menggunakan sumur dan timba Mencari atau mendapatkan air dengan menggunakan pompa listrik
4. Anak-anak belajar pada malam hari menggunakan lampu minyak Anak-anak belajar pada malam hari menggunakan listrik atau lampu bohlam
5. Menggunakan kipas tangan Menggunakan kipas angin listrik
6. Menggunakan lampu tempel Menggunakan lampu listrik

4. Sebutkan 5 alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik beserta fungsinya!

Pembahasan:(1) Lampu, fungsinya: untuk penerangan(2) Televisi, fungsinya: untuk hiburan dan sumber informasi(3) Magic com, fungsinya: untuk memasak dan menghangatkan nasi(4) Strika listrik, fungsinya: merapikan pakaian(5) Blender, fungsinya: menghaluskan bahan makanan dan minuman(6) Kipas angin, fungsinya: menyejukkan udara(7) Kulkas, fungsinya: mendinginkan dan mengawetkan bahan makanan(8) Mesin cuci, fungsinya: membersihkan pakaian(9) Microwave, fungsinya: menghangatkan makanan

(10) Hair dryer, fungsinya: mengeringkan rambut

5. Apakah menurutmu penemuan listrik adalah penemuan terbesar bagi manusia? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Menurut saya, penemuan listrik adalah penemuan terbesar bagi manusia karena penemuan listrik mendorong terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang besar terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat di seluruh dunia.

Demikian pembahasan mengenai Perubahan Sosial Budaya Setelah Ditemukannya Listrik. Semoga bermanfaat.

Lihat Foto

KOMPAS.com/Gischa Prameswari

Ilustrasi kegiatan masyarakat adanya listrik

KOMPAS.com – Hampir setiap aktivitas yang dilakukan manusia selalu membutuhkan listrik. Bagi masyarakat modern, listrik sangat penting dan perannya tidak bisa dipisahkan dari kehidupannya sehari-hari.

Listrik jelas membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal. Sebagai salah satu sumber energi terbesar, listrik sangat berperan besar. Tanpa listrik, beberapa kegiatan atau aktivitas akan terganggu bahkan terhenti.

Menurut Gatut Susanta dan Sasi Agustoni dalam buku Kiat Hemat Bayar Listrik (2007), listrik adalah sumber energi yang disalurkan lewat kabel atau jenis penghantar lainnya. Dalam kabel, akan timbul arus listrik yang mengalir tiap satuan waktu.

Listrik bisa dihasilkan dari dua jenis energi. Pertama, energi yang tidak dapat diperbarui, contohnya batu bara. Kedua, energi yang dapat diperbarui, seperti air, angin, dan tenaga surya.

Baca juga: Komponen-komponen Rangkaian Listrik Sederhana

Contoh kegiatan masyarakat

Kehadiran listrik dalam hidup manusia telah membawa sejumlah dampak. Tentunya ada beberapa perbedaan kegiatan, antara sebelum dan sesudah ada listrik. Berikut contoh perbedaan kegiatan masyarakat sebelum dan sesudah ditemukannya listrik, yaitu:

Sebelum ada listrik Sesudah ada listrik
Aktivitas bekerja dilakukan dari pagi hingga sore hari, berkat sinar matahari. Namun, ketika malam tiba, kegiatan berhenti dilakukan karena membutuhkan penerangan tambahan, seperti lilin. Aktivitas bekerja dilakukan dengan bebas, mulai dari pagi hingga malam hari. Tidak tergantung sepenuhnya pada sinar matahari, karena saat malam bisa menggunakan penerangan dari sumber energi listrik, seperti lampu.
Menyetrika menggunakan setrika arang yang tidak memerlukan listrik. Menyetrika menggunakan setrika listrik.
Air didapatkan dengan menimba air di sumur. Air bisa didapatkan dengan memakai pompa listrik.
Komunikasi dulunya terjalin dengan surat atau alat komunikasi tradisional. Komunikasi terjalin lewat telepon atau gadget yang juga membutuhkan daya listrik.
Kegiatan ekonomi dilaksanakan dengan manual atau tanpa bantuan teknologi. Kegiatan ekonomi dilaksanakan dengan memakai teknologi, contohnya mesin.

Mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia?

Dikutip dari buku Mengenal Electrical Safety: Sebuah Panduan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (2019) karya Eliza Rahmawati, listrik sangatlah penting untuk kehidupan manusia. Tanpa listrik, manusia tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

Jika dirangkum, setidaknya ada tiga alasan mengapa listrik sangat penting untuk manusia. Berikut penjelasan manfaat listrik bagi kehidupan:

  1. Listrik menghasilkan penerangan
    Saat pagi hingga sore, manusia tidak terlalu membutuhkan penerangan, sehingga dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, ketika malam tiba, manusia perlu pencahayaan, agar aktivitas tetap berjalan. Jika tidak ada listrik, kegiatan di malam hari akan terganggu.
  2. Listrik membantu kegiatan manusia
    Hampir sama seperti alasan sebelumnya, listrik sangat membantu manusia dalam beraktivitas. Contohnya mengerjakan tugas lewat komputer, menggunakan pendingin ruangan, memakai mesin, dan lain sebagainya. Adanya listrik mempermudah manusia dalam melakukan banyak kegiatan.
  3. Listrik membawa dampak bagi kehidupan
    Listrik telah membawa sejumlah dampak di berbagai bidang kehidupan. Contohnya di bidang transportasi, listrik memudahkan manusia untuk bepergian. Contoh lainnya dalam bidang komunikasi, membantu manusia berkomunikasi lewat telepon dan handphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Comment