Jelaskan keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam Permintaan penawaran dan teknologi


tolong dijawab kakno 1 ke tutup meja dan kursi​


perkiraan umur batu tengah​


Apakah manajemen koperasi yang baik akan menjamin berkembangnya koperasi dan
diminati masyarakat? Jelaskan alasannya!
Di tempat kerja Arya belum ada k


operasi sehingga:
a. Bagaimana Arya menjelaskan manfaat koperasi bagi perusahaan?
b. Apa tindakan Arya supaya koperasi bisa di bentuk?


Apa yang apa yang dimaksud dengan peternakan darat.?​


tolong kak besok mau di kumpul ​


tujuan dari kegiatan perdagangan adalah a untuk menyediakan barang dan jasa kepada pembeli B untuk membeli berbagai barangnya yang dibutuhkan sehari-h


ari C untuk memudahkan pembeli membeli barang di toko terdekat De untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen​


16.
Gambar berikut yang merupakan kurva
permintaan adalah …..
2.
|

5.
e
d


Sebutkan Rute Kedatangan Bangsa Inggris Ke Indonesia!!!SECEPATNYA!!​


tolong di bantuya kak​


Dalam forum diskusi ini para mahasiswa akan membahas untuk dapat memahami dan mendiskusikan dinamika perkembangan teori-teori kepemimpian baik yang kl


asik maupun yang kontemporer.
Diskusikan:
1. Sebagaimana dijelaskan dalam Modul 2, jelaskan dan bandingkan perilaku Pak Bonar dan Pak Biner! Gunakan teori-teori perilaku sebagaimana dijelaskan dalam KB 2 Modul 2.
(Untuk dapat mendiskusikan pertanyaan tersebut, Anda harus mencermati teori-teori perilaku seperti fokus dan hasil studi Universitas Ohio Stae, fokus dan hasil studi di samping itu, serta perhatikan pula bagaimana orientasi pemimpin terhadap bawahan dalam model leadership continuum dan Likerts management system).
2. Bagaimana cara pencapaian keberhasilan seorang pemimpin yang efektif menurut teori atribusi kepemimpinan?
(Keberhasilan kepemimpinan tergantung pada kemampuan seseorang untuk mempengaruhi pihak lain agar melaksanakan sesuatu dengan cara atau gaya kepemimpinan yang bernilai. Selanjutnya, jelaskan argumen Anda).
hubungi 082339095539 untuk diskusi., tugas dan karil

KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN

PRAWACANA

Bangsa Indonesia harus selalu bersyukur karena telah dikaruniai oleh Tuhan sumber daya yang cukup banyak dan beragam di setiap daerah. Akan tetapi, tidak ada daerah yang sanggup memenuhi semua kebutuhannya dari daerahnya sendiri. Sering kali, produk-produk tertentu didatangkan dari daerah lain.

Hal itu disebabkan keragaman sumber daya antardaerah. Ada daerah yang kelebihan produk tertentu, ada juga daerah yang kekurangan.

Hal ini akan menimbulkan terjadinya permintaan dan penawaran akan suatu barang tertentu tergantung pada kebutuhan masing-masing daerahnya.

Dengan demikian, terjadilah perdagangan antardaerah dan  antarpulau di Indonesia. Aktivitas perdagangan akan terjadi jika ada produk yang diperdagangkan. Untuk menghasilkan produk perlu dilakukan kegiatan produksi, yang merupakan salah satu kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi akan berjalan jika ada pelaku-pelaku yang menjalankan  kegiatan ekonomi, yang meliputi rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri. Selain itu, kegiatan ekonomi akan terjadi jika didukung teknologi yang memadai.

Dengan teknologi yang memadai, hasil produksi akan meningkat, yang berdampak pada timbulnya penawaran. Dengan demikian, perbedaan teknologi yang dimiliki oleh suatu daerah akan menimbulkan keunggulan dan keterbatasan suatu daerah akan suatu produk.

Keunggulan dan keterbatasan suatu daerah yang disebabkan karena potensi daerah akan timbul permintaan dan penawaran serta perdagangan.

Pengembangan perdagangan diperlukan penguatan produk unggulan dari suatu daerah atau negara, seperti penguatan ekonomi maritim dan agrikultur untuk Indonesia. Pengembangan di dua sektor tersebut akan meningkatkan pendapatan nasional.

Pendapatan yang diperoleh suatu negara akan didistribusikan kembali untuk kepentingan masyarakat baik di bidang ekonomi, sosial, maupun budaya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari uraian materi  pada bab ini, kalian diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.
  2. Mendiskripsikan perdagangan antarpulau.
  3. Mendiskripsikan perdagangan antarnegara.
  4. Menganalisis model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur.
  5. Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan.

Baca juga A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian

Penawaraan merupakan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen. Penawaran akan muncul bila suatu produk memiliki potensi penjualan kepada pihak lainnya. 

Dalam konsep antarruang, keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki oleh masing-masing wilayah menciptakan peluang timbulnya interaksi antarruang dari segi perdagangan. Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam penawaran adalah sebagai berikut.

  1. Wilayah yang memiliki suatu sumber daya tertentu akan menawarkan sumber daya tersebut kepada wilayah yang tidak memiliki.
  2. Perbedaan teknologi dalam kegiatan industri akan mendorong penawaran produk-produk yang tidak tidak bida diproduksi di wilayah lain. 
  3. Perkembangan teknologi memudahkan penjualan barang ke berbagai wilayah.
  1. Perbedaan kurs mata uang.
  2. Tekanan persaingan yang semakin luas akibat kemudahan teknologi.
  3. Target pasar yang terlalu luas.  

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi – Kebutuhan manusia itu bermacam-macam dan selalu bertambah baik jumlah maupun kualitasnya.

Faktor ruang akan menentukan tindakan seseorang sebagai konsumen. Masyarakat kota memiliki perilaku konsumsi yang berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat desa, pegunungan ataupun masyarakat pesisir pantai. Demikian pula tindakan atau perilakunya dalam mengalokasikan sumber daya yang ada.

Dilihat dari fungsinya sebagai konsumen, masyarakat kota lebih banyak membeli barang dan jasa karena ditunjang pendapatan yang tinggi dan munculnya pasar-pasar modern, seperti supermarket dan hypermarket. Berbeda dengan perilaku masyarakat di daerah perdesaan atau pegunungan, yang pendapatannya rendah, akses jalannya kurang baik yang membuat pendistribusian barang atau jasa menjadi kurang lancar. Akibatnya, masyarakat desa atau pegunungan lebih sedikit membeli barang dan jasa.

Barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sebagian besar dihasilkan oleh manusia, dan hanya sebagian kecil yang disediakan langsung oleh alam. Oleh karena itu, manusia harus melakukan kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang biasa disebut dengan istilah produksi. Produksi merupakan salah satu dari kegiatan ekonomi.

Salah satu yang menjadi alasan adanya interaksi antarruang adalah perbedaan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki. Sumber daya alam memiliki fungsi dan peran penting dalam kehidupan manusia. Manusia hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

Sebagai negara tropis yang memiliki ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang cukup banyak. Di daratan, suhu dan curah hujan yang tinggi memungkinkan penduduknya menanam berbagai macam barang pertanian dan perkebunan.

Curah hujan yang tinggi juga menjamin tersedianya air untuk kepentingan budidaya perikanan darat. Indonesia juga memiliki laut yang luas dan garis pantai yang sangat panjang. Potensi ikan di Indonesia cukup banyak. Di samping itu, ditemukan pula berbagai jenis bahan tambang di dasar laut. Di sepanjang pesisir juga terdapat kekayaan alam berupa terumbu karang, rumput laut, dan tentu saja keindahan alam yang dapat dikembangkan untuk kepentingan pariwisata.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan dan Penawaran

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam yang tersebar di Indonesia memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Itu semua merupakan keunggulan yang dimiliki Indonesia, yang mengakibatkan munculnya penawaran beberapa produk hasil produksi Indonesia, serta munculnya permintaan negara lain atas produk Indonesia.

Adanya penawaran dan permintaan akan produk mengakibatkan munculnya aktivitas perdagangan. Potensi sumber daya alam apa saja yang ada di sekitar tempat tinggalmu? lihatlah tabel di halaman berikut dengan jenis-jenis sumber daya alam dan potensi yang tersebar di wilayah Indonesia.

Provinsi Sumber Daya Alam
Aceh Semen Andalas, pupuk AAF, minyak, emas, dan perak
Sumatra Utara Minyak bumi, kertas, tekstil, dan ban mobil
Sumatra Barat Semen, tenun, timah, batubara, dan granit
Riau Minyak bumi, emas, perak, bauksit, dan kertas
Kepulauan Riau Batubara
Jambi Batubara, emas, minyak bumi, dan karet
Sumatra Selatan Minyak bumi, batubara, karet, dan pupuk polipropilen
Bangka Belitung Timah
Bengkulu Emas, perak, dan batubara
Lampung Emas, pupuk, kopi, dan sapi potong
Jakarta Pupuk TSP, tekstil, kayu lapis, susu, logam, dan benang
Jawa Barat Minyak, teh, susu, sutra alam, baterai, kertas, semen, beras, dan pupuk
Banten Minyak, baja, pipa, dan semen
Jawa Tengah Semen, pupuk, kertas, kayu lapis, dan perkapalan
D.I. Yogyakarta Batik, rokok, cerutu, emas, perak, dan kosmetik
Jawa Timur Semen, perkapalan, kertas, pupuk, baterai, kaca, alkohol, kayu lapis, kereta api, garam, tembakau, cengkih, dan rokok
Bali Tenun
Nusa Tenggara Timur Semen Kupang, mangan, dan minyak Cendana
Nusa Tenggara Barat Emas, perak, dan mangan
Kalimantan Barat Bauksit, intan, minyak kelapa, rotan, dan karet
Kalimantan Tengah Minyak kelapa, minyak bumi, intan, karet, dan rotan
Kalimantan Selatan Batubara, intan, bijih besi, dan rotan
Kalimantan Timur Kayu lapis, gas alam cair, minyak bumi, tenun, kristal, dan timah
Kalimantan Utara Minyak, gas, kelautan, dan tambang
Sulawesi Utara Minyak kelapa, emas, marmer, mangan, gips, dan kayu
Sulawesi Tengah Emas, bijih besi, nikel, dan mika
Sulawesi Tenggara Nikel, minyak kelapa, aspal, dan kapur
Gorontalo Emas, tembaga, tekstil, dan kayu
Maluku Emas, minyak bumi, dan minyak kayu putih
Maluku Utara Minyak bumi, nikel, minyak kayu putih, dan asbes
Papua Barat Minyak bumi, kayu gelondong, kayu lapis, emas, perak, aluminium, asbes, dan tembaga
Papua Tembaga, minyak bumi, kayu lapis, marmer, aluminium, asbes, dan kayu gelondong

Berdasarkan Tabel di atas, terlihat bahwa persebaran sumber daya alam antara satu daerah dengan daerah lain berbeda-beda. Suatu daerah dapat dikenal sebagai penghasil barang tambang. Akan tetapi, daerah lain juga dapat dikenal sebagai penghasil hasil hutan atau pertanian. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan keadaan geografis.

Perbedaan potensi daerah ini juga menyebabkan perbedaan keunggulan masing-masing daerah. Perbedaan potensi daerah bisa terjadi karena perbedaan teknologi. Setiap daerah memiliki keunggulan komparatif tersendiri.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tambang terbesar di dunia. Pengelolaan tambang-tambang tersebut masih didominasi pihak asing. Kondisi tersebut mengakibatkan tingginya pemasukan negara dari sektor pertambangan. Pengelolaan sumber daya alam membutuhkan sumber daya manusia yang baik serta penguasaan teknologi yang unggul.

Video Pembelajaran

Silakan simak Video Pembelajaran Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi berikut ini.

Latihan Soal Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

Setelah belajar, silakan kerjakan latihan soal penilaian harian berikut ini.

Demikianlah rangkuman materi Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi IPS kelas 8. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi (maglearning.id).

Leave a Comment