Jelaskan manfaat dibuatnya proposal sebelum menyelenggarakan sebuah pertunjukan

Tujuan proposal – Proposal merupakan rencana dan gambaran dalam bentuk rancangan kerja yang disusun secara sistematis, rinci dan mendetail. Tujuan dan fungsi proposal penting untuk memberi gambaran dan proyeksi sebuah kegiatan atau penelitian yang akan dilakukan, serta untuk mendapatkan dukungan, perizinan, dana dan sponsor dari pihak-pihak terkait.

Secara singkat, pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah pedoman dan perencanaan yang akan diterapkan dalam bentuk rancangan kerja. Tujuan proposal secara umum adalah memberi gambaran dan proyeksi terkait kegiatan atau penelitian yang akan diadakan.

Dalam tiap proposal ada beberapa unsur-unsur tertentu, seperti latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan, sasaran, isi dan pembahasan, jadwal pelaksanaan, anggara, susunan kepanitiaan, dan bagian penutup. Ada beberapa jenis-jenis proposal berdasarkan isi dan subjeknya, antara lain adalah proposal kegiatan, proposal bisnis/usaha, proposal penelitian, dan proposal proyek.

Tujuan Proposal

Apa tujuan proposal? Secara umum tujuan proposal adalah untuk menyampaikan rencana kegiatan pada pihak terkait, sehingga kegiatan tersebut dapat diterima dengan tujuan mendapatkan dukungan, mendapatkan izin, memperoleh dana dan sponsor, dan sebagainya.

Kegiatan yang diselenggarakan pun bervariasi bisa berupa diskusi, seminar, pentas, pelatihan, lomba, atau kegiatan dan acara lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa tujuan proposal antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menyampaikan rencana kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Menjelaskan secara langsung agenda dan acara yang akan diadakan pada pihak-pihak terkait.
  • Mendapat dukungan terkait kegiatan atau penelitian yang akan diselenggarakan.
  • Memperoleh persetujuan berupa izin acara dari pihak dan otoritas terkait.
  • Mendapatkan dana dan sponsor untuk penyelenggaraan suatu kegiatan atau penelitian.
  • Memberi garis besar acara dan kegiatan pada anggota panitia.
  • Meyakinkan donatur untuk memberikan bantuan dana penyelenggaraan kegiatan atau penelitian.

Fungsi Proposal

Fungsi proposal lebih berkaitan dengan diadakannya kegiatan atau penelitian yang diadakan. Penjelasan mengenai fungsi proposal juga dibagi pada jenis-jenis proposal itu sendiri, di antaranya proposal kegiatan, proposal bisnis/usaha, proposal penelitian, dan proposal proyek.

  • Fungsi proposal kegiatan, yaitu untuk menyelenggarakan suatu kegiatan dan acara tertentu, bisa berupa seminar, diskusi, pelatihan, pentas, lomba, syukuran, dan sebagainya.
  • Fungsi proposal bisnis/usaha, yaitu sebagai gambaran dan proyeksi untuk mendirikan suatu usaha guna mendapatkan keuntungan finansial.
  • Fungsi proposal penelitian, yaitu untuk melakukan sebuah riset dan penelitian di bidang sains, ekonomi, politik, sosial, budaya, agama, dan sebagainya.
  • Fungsi proposal proyek, yaitu untuk dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun instansi swasta.

Nah itulah referensi fungsi dan tujuan proposal beserta manfaat yang diperoleh dari pembuatan proposal. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Sebenarnya apa saja manfaat proposal bagi suatu kegiatan? Sebelum membahas mengenai manfaat proposal, ada baiknya kita mengetahui apa itu proposal.

Secara umum, pengertian proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal akan digunakan sebagai pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Sebelum membuat sebuah proposal, kita harus mengetahui bentuk proposal yang akan dibuat sesuai kebutuhannya. Bentuk proposal dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Proposal formal
  • Proposal semi formal
  • Proposal non formal

Jadi, membuat proposal tidak bisa sembarangan. Kita harus memahami bentuk proposal seperti apa yang diperlukan untuk suatu kegiatan.

Manfaat Proposal Berdasarkan Kegiatannya

Biasanya proposal dibuat untuk keperluan tertentu, diantaranya adalah proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal usaha, dan proposal proyek. Berikut ini adalah manfaat proposal berdasarkan jenis keperluannya:

1. Proposal Kegiatan

Setiap kali akan melangsungkan sebuah kegiatan, maka pihak panitian harus membuat proposal pengajuan. Isi dari proposal tersebut adalah usulan, acuan, konsep kegiatan yang akan dilakukan oleh panitia pelaksana.

Berikut adalah beberapa manfaat proposal kegiatan:

  • Sebagai informasi mengenai pihak-pihak yang punya kepentingan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan.
  • Sebagai usulan atau konsep rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh panitia pelaksana.
  • Sebagai materi dasar untuk menjelaskan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan kepada pihak-pihak terkait.
  • Untuk membantu panitia dalam mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.
  • Untuk meyakinkan pihak sponsor agar memberikan dukungan secara finansial agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

2. Proposal Penelitian

Proposal penelitian biasanya dipakai untuk kalangan akademik untuk kegiatan penelitian. Di dalam proposal ini dijelaskan mengenai gambaran singkat penelitian yang akan dilakukan, seperti topik masalah, latar belakang, ruang lingkup, waktu/ tempat penelitian, dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat proposal penelitian:

  • Sebagai dasar/ acuan dalam melakukan penelitian
  • Sebagai gambaran singkat tentang penelitian yang akan dilakukan, seperti latar belakang permasalahan, landasan teori, metodologi penelitian, dan lainnya.
  • Sebagai bahan untuk melakukan evaluasi atau pertimbangan bagi pihak-pihak terkait yang berwenang.
  • Sebagai sarana untuk mengajukan dana penelitian kepada pihak tertentu.

3. Proposal Usaha

Proposal ini umumnya dipakai untuk kegiatan bisnis, baik perorangan maupun kelompok. Adapun isi dari proposal usaha adalah profil usaha, estimasi untung-rugi usaha, rincian anggaran, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa manfaat proposal usaha:

  • Sebagai sarana untuk melakukan analisis aspek-aspek usaha yang akan dijalankan.
  • Sebagai landasan atau acuan seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.
  • Untuk membantu pengusaha dalam menguji dan mengembangkan strategi usaha yang dijalankan apakah sesuai dengan harapan.
  • Sebagai media informasi dan komunikasi bagi pihak-pihak yang akan menjadi mitra bisnis.
  • Sebagai media informasi mengenai sumber-sumber finansial serta dokumen penting mengenai evaluasi finansial di masa mendatang.

4. Proposal Proyek

Proposal ini biasanya dipakai untuk keperluan di dunia kerja dimana isinya berhubungan dengan rencana kerja dan informasi teknis. Proposal proyek juga dapat berfungsi sebagai sarana pengajuan tender dari instansi pemerintah maupun swasta.

Berikut ini adalah beberapa manfaat proposal proyek:

  • Sebagai acuan atau dasar dalam mengerjakan suatu proyek.
  • Menyediakan gambaran tentang rencana kerja dan langkah kerja yang akan dilakukan dalam pelaksanaan proyek.
  • Sebagai dokumen informasi yang dapat membantu meyakinkan pihak-pihak terkait agar dapat memenangkan tender.

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai beberapa manfaat proposal berdasarkan jenis kegiatannya. Dari penjelasan singkat di atas kita dapat mengerti bahwa suatu proposal memiliki peranan penting bagi suatu kegiatan.

Apakah Anda pernah membuat proposal? Bagi Anda yang belum pernah, apakah Anda mengetahui apa itu proposal dan fungsinya? Proposal berasal dari bahasa inggris yaitu to propose yang berarti menajukan. Secara sederhana proposal dapat diartikan sebagai salah satu bentuk pengajuan, permohonan maupun penawaran berupa gagasan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan. Dukungan tersebut dapat berupa perijinan, dana dsb. Perumusan proposal juga dapat dituangkan dalam bentuk rancangan kerja kegiatan mulai dari pengumpulan, pengolahan, penganalisisan dan penyajian data. Beberapa pengertian proposal menurut para ahli yaitu sebagai berikut.

  • Menurut Hasnun Anwar (2004), proposal merupakan rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  • Jay (2006) juga berpedapat bahwa proposal merupakan alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi dengan efisien.
  • Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002), proposal juga dapat diartikan sebagai rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perancangan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian baik di lapangan maupun di perpustakaan.
  • Lain halnya menurut sudut pandang ilmiah yang mengatakan bahwa proposal merupakan rancangan sebuah usulan penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti.

artikel terkait:

Bentuk proposal

Sedangkan berdasarkan bentuknya, proposal dibagi menjadi 3 yaitu :

1. Proposal formal

Pada proposal formal, isi proposal terdiri dari 3 bagian utama yaitu pendahuluan, isi dan pelengkap penutup. Pada bagian pendahuluan, penulis harus mencantumkan sampul dan halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi dan permohonan. Sedangkan pada bagian isi terdiri dari latar belakang, pembahasan masalah, tujuan penelitian, teori dasar, metodologi, isi, maupun  susunan panitia, keuntungan-kerugian, waktu dan biaya (bila perlu). Pada bagian penutup, penulis dapat mencantumkan kesimpulan dan saran, daftar pustaka, lampiran, tabel dsb. Perlu diingat bahwa bagian masing-masing proposal formal pun berbeda sesuai dengan tujuanya.

2. Proposal semi formal

Isi dari proposal semi formal itu tidak selengkap proposal formal dan hampir sama dengan proposal non formal.

3. Proposal non formal

Proposal bentuk ini biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat dan setidaknya mengandung hal-hal berikut seperti masalah saran, pemecahan dan permohonan.

artikel terkait: manfaat internet bagi pendidikan – manfaat tidak putus asa – manfaat tidak banyak bicara

Manfaat Proposal berdasarkan jenisnya

Secara umum dibagi menjadi 4 jenis yaitu proposal penelitian, proposal kegiatan, proposal proyek dan proposal bisnis. Berdasarkan jenisnya tersebut, proposal pun memiliki tujuannya masing-masing sesuai dengan jenisnya yang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Proposal penelitian

Merupakan jenis proposal yang sering digunakan di kalangan akademik dan berisi tentang pengajuan kegiatan penelitian. Proposal ini berisi tentang gambaran singkat mengenai penelitian yang akan dilakukan, seperti topic, masalah yang diangkat, latar belakang penelitian, waktu dan tempat penelitan dsb. Proposal penelitian dapat berfungsi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya dsb. Sebagai contoh, proposal penelitian untuk membuat skripsi, tesis dan penelitian lainnya. Adapun manfaat dari pembuatan proposal penelitian adalah sebagai berikut :

  • Sebagai acuan peneliti untuk melakukan penelitian
  • Memberikan gambaran singkat mengenai rencana penelitian yang meliputi latar belakang permasalahan, landasan teori dan metodologi yang akan digunakan
  • Sebagai bahan evaluasi maupun pertimbangan pihak terkait yang berwenang untuk menyetujui maupun menolak rencana penelitian
  • Sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mengajukan dana penelitian terhadap pihak terkait

artikel terkait: manfaat pasar modal

2. Proposal kegiatan

Yaitu proposal yang digunakan untuk mengajukan sebuah kegiatan baik individu maupun kelompok. Acuan, usulan, konsep dan ide yang terdapat pada proposal ini berisi tentang kegiatan yang akan dilakukan. Proposal kegiatan dapat berfungsi untuk mengadakan acara seminar, diskusi, pelatihan dsb. Sebagai contoh, proposal kegiatan pentas seni budaya. Adapun manfaat dari pembuatan proposal kegiatan antara lain

  • Sebagai rencana yang dapat mengarahkan panitia kegiatan dalam melaksanakan kegiatan tersebut
  • Sebagai acuan informasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan tersebut
  • Secara tidak langsung, sebagai bahan yang dapat menjelaskan pada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut
  • Memberikan kemudahan bagi penyelenggara untuk mendapatkan dukungan
  • Menyakinkan para sponsor yang dapat memberikan dukungan secara material maupun finansial untuk mewujudkan kegiatan sesuai dengan rencana

artikel terkait: manfaat perilaku tawakal

3. Proposal proyek

Proposal proyek pada umumnya digunakan di dunia kerja dan berisikan mengenai serangkaian rencana bisnis maupun komersial. Proposal proyek dapat berfungsi untuk mengajukan tender dari lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta. Salah satu contoh proposal proyek adalah proposal proyek pembangunan. Adapun manfaat dari pembuatan proposal proyek antara lain

  • Memberikan gambaran mengenai rencana dan langkah yang akan dilakukan dalam proyek
  • Sebagai acuan dalam menjalankan proyek
  • Meyakinkan pihak-pihak terkait agar tender dapat dimenangkan

artikel terkait: manfaat perjanjian internasional

4. Proposal bisnis

Proposal bisnis biasanya digunakan pada dunia usaha, baik usaha perorangan maupun kelompok. Proposal ini berisi tentang penjelasan singkat mengenai profil usaha, estimasi keuntungan dan kerugian, rincian anggaran dsb. Dengan membuat proposal ini, seorang pengusaha dapat melakukan analisis seluruh aspek usaha yang akan dijalankan serta menyiapkan straergi alternatif untuk menyiapkan segala sesuatu yang mungkin dapat terjadi. Proposal ini dapat berfungsi untuk mendirikan usaha. Contoh proposal bisnis yaitu proposal pendirian usaha maupun proposal kerjasama antar dua perusahaan.

artikel terkait: manfaat pengelolaan wakaf bagi umat

Adapun manfaat dari pembuatan proposal bisnis yaitu antara lain

  • Sebagai acuan wirausahawan untuk menjalankan bisnisnya
  • Membantu seorang wirausaha untuk berfikir kritis dan ojektif pada usahanya dengan mempertimbangkan kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman yang akan terjadi pada usaha yang dijalankannya. Untuk itu, diperlukan kedisiplinan dan waktu usaha dalam menyusun proposal rencana bisnis ini.
  • Dapat mendekati asumsi-asumsi dengan cermat mengenai tingkat keberhasilan usaha melalui analisis persaingan, faktor ekonmi dan analisis finansial rencana bisnis.
  • Membantu para wirausahawan untk mengembangkan dan menguji strategi dan hasil sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan
  • Dapat digunakan untuk membandingkan antara perkiraan dan hasil usaha yang dijalankan, mengingat salah satu tujuan dari proposal bisnis adalah mengukuar tujuan dan rencana bisnis.
  • Sebagai penyedia alat komunikasi yang dapat memaparkan dan meyakinkan gagasan dari pengusaha kepada pihak lain mengenai rencana usahanya secara menyeluruh.
  • Sebagai gambaran mengenai kemampuan seorang wirausahawn untuk memenuhi kewajibannya sebagai wirausahawan dan pemimpin dari usahanya.
  • Memberikan sumber-sumber finansial yang jelas dan dokumen yang ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi finansial.

artikel terkait: manfaat puasa untuk anak – manfaat bersosialisasi dengan orang lain – manfaat membaca asmaul husna

Leave a Comment