Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya yang dapat mengganggu keamanan negara

Di era zaman modern ini, kemajuan iptek sudah berkembang sangat pesat diiringi dengan berkembangnya juga sistem pertahanan keamanan suatu negara. Pertahanan negara diselenggarakan untuk mewujudkan kepentingan nasional. Kepentingan strategis pertahanan Indonesia merupakan bagian dari kepentingan nasional dalam menjamin tegaknya NKRI. Pertahanan negara memiliki peran dan fungsi untuk mempertahankan eksistensi bangsa Indonesia dari setiap ancaman dan gangguan, baik dari luar maupun yang timbul di dalam negeri.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semula bertujuan untukmpermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalah gunaannya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya perkembangan iptek manusia mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.  

Dampak Positif IPTEK dalam bidang pertahanan dan keamanan:

  1. Peningkatan akurasi dan keandalan teknologi persenjataan dengan rekayasa hardware dan software.
  2. Teknologi informasi dapat mempercepat penyampaian informasi sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan.
  3. Pemerolehan personel militer yang mumpuni yaitu dengan rekrutmen berbasis teknologi informasi.
  4. penggunaan program kecerdasan buatan untuk mensimulasikan formasi dan kekuatan musuh memungkinkan serangan menjadi efektif dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.
  5. mencegah terjadinya  serangan-serangan dari pihak-pihak yang ingin memecah kesatuan Indonesia dan memecah belah yang menjadi perbedaan dalam kehidupan bernegara dengan media informasi, contohnya internet.

Dampak Negatif IPTEK Dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan:

  1. Penyalahgunaan satelit oleh para teroris  seperti melacak kondisi tempat mereka akan melakukan kejahatan.
  2. Melalui media internet, pelaku teroris dapat berkomunikasi dengan sesama teroris maupun untuk mencari pengikut.
  3. Munculnya perang informasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, karena sifat penggunaan sistem secara bersama
  4. Berkaitan dengan teknologi senjata pemusnah massal (Weapon of Mass Destruction / WMD) seperti senjata nuklir dan senjata biologi, dikhawatirkan akan menjadi ancaman terbesar bagi suatu negara bila digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Quiz…Sebutkan 9 tingkatan data dari bytes ke atas!! SALAH LAPOR!!!​

Buat sebuah program yang memiliki 2 variabel dengan perincian sbb:
1 variabel tipe string; 1 variabel bertipe bilangan bulat
Program anda akan menampi


lkan pesan: “Anda telah membeli: [variabel-1] sebanyak
[varibel-2]. Terimakasih”


sebutkan paket dari Ms office​


Jelaskan Skema dari Hirarki Sistem Intelligent Roboticmohon bantuannya kak ngejar deadline ​


Kali Linux berhenti berfungsi/freeze saat membuka firefox​


Perulangan Do While 1. Buatlah sebuah program untuk menginput sebuah bilangan bulat positif, dan menampilkan seluruh bilangan yang merupakan kelipatan


3 atau kelipatan 5 yang kurang dari angka yang diinput!Contoh output: Input bilangan: 17 Bilangan yang merupakan kelipatan 3 atau 5 adalah 3 6 9 10 12 15​


Mengapa ilmu pemograman banyak di sukai?​


Dalam sebuah pertandingan Laga Big Match Liga 1 Bali United vs Persebaya Surabaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, mahasiswa yang terdiri dari


cici, cece, caca dan cica berangkat bersamaan dari kampus setelah selesai kuliah matematika untuk menyaksikan laga tersebut. Mereka akan membeli tiket terlebih dahulu sebagai syarat untuk memasuki stadion. Maksimal panjang antrean untuk membeli tiket adalah 5, dan setiap orang dapat membeli tiket maksimal sebanyak 2 tiket.
a. Gambarlah analogi dari pernyataan diatas ke dalam bentuk queue.


Apakah membuat aplikasi Al Qur’an mobile
Bisa mendapatkan pahala bagi pembaca & developer nya?
Serius nanya nih (Muslim only)


tolong yaa…… jawabin…​

tirto.id – Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merambah banyak bidang. Kita nyaris selalu menggunakan teknologi untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, mulai dari ponsel, televisi, kendaraan, dan sebagainya.

Akan tetapi, kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang tak selamanya membawa pengaruh positif. Jika tak disikapi dengan baik, kemajuan IPTEK berpotensi membawa dampak buruk bagi masyarakat. Berikut ini, pengaruh negatif IPTEK di bidang politik dan hukum yang lazim dijumpai di Indonesia.

Secara definitif, IPTEK termasuk ilmu terapan yang dikembangkan manusia untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya.

Apabila pengetahuan hanya dalam tataran konsep atau teori, ia belum bisa dimanfaatkan secara praktis.

Berkat kemajuan IPTEK, hal itu bisa dikembangkan secara efisien dan efektif sehingga terjewantahkan dalam bentuk teknologi praktis yang dapat dimanfaatkan sehari-hari.

Baca juga:

  • Dampak Negatif IPTEK di Bidang Ekonomi dan Pendidikan
  • Dampak Positif Perkembangan IPTEK Bagi NKRI dalam Berbagai Bidang

Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Politik dan Hukum

Di sisi lain, meskipun kemajuan IPTEK membawa dampak besar bagi kehidupan manusia, hal itu bak pedang bermata dua. Selain pengaruh positif, ada juga pengaruh negatif IPTEK di berbagai bidang, di antaranya dampak buruk IPTEK di bidang politik dan hukum di Indonesia.

Di bidang politik, berkat perkembangan informasi dan komunikasi, akan sangat mudah kelompok-kelompok yang bermaksud jahat, misalnya teroris berkembang dan membangun jaringan di Indonesia.

Sementara itu, di bidang hukum, masyarakat kian turun kesadaran hukumnya dan kian mudah melanggar peraturan hukum, misalnya melalui peretasan komputer (hacking), perundungan siber (cyberbullying), dan sebagainya.

Bidang Politik

Berikut ini pengaruh negatif kemajuan IPTEK di bidang politik yang rentan dialami bangsa Indonesia:

1. Kemajuan IPTEK dapat mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berpaling dari ideologi Pancasila bahkan lebih memilih ideologi liberalisme.

Hal ini terjadi karena perkembangan IPTEK mampu meyakinkan sebagian masyarakat Indonesia bahwa liberalisme akan membawa manusia ke arah kemajuan dan kemakmuran.

2. Munculnya gerakan terorisme dan radikalisme.

Para pelaku gerakan tersebut umumnya pintar memanfaatkan teknologi, seperti keterampilan merakit senjata, bom, dan lainnya.

Namun sayangnya, kepintaran tersebut digunakan untuk mengganggu keamanan negara.

3. Membuat stabilitas politik nasional terganggu.

Hal itu terjadi seiring dengan adanya tindakan anarki sebagai reaksi terhadap sikap pemerintah yang (menurut mereka) tidak terbuka.

Reaksi anarkis itu muncul karena kesalahpahaman masyarakat Indonesia mengenai nilai-nilai yang dibawa IPTEK seperti keterbukaan, kebebasan, dan demokrasi.

4. Terganggunya stabilitas politik akibat menyebarnya isu hoaks terkait pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, publik figur, hingga mudahnya informasi palsu merebak tak terkendali.

Infografik SC Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Politik. tirto.id/Fuad

Bidang Hukum, Pertahanan, dan Keamanan

Berikut ini dampak negatif kemajuan IPTEK di bidang hukum, termasuk juga sektor keamanan, pertahanan, dan kesatuan bangsa.

1. Dapat menimbulkan tindakan vandalis yang mengganggu stabilitas nasional, ketahanan sosial, bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Semakin menurunnya peran masyarakat dalam menjaga ketertiban, keamanan, dan kedaulatan negara.

Baca juga:

  • Pengaruh Positif Kemajuan IPTEK Bidang Pendidikan & Sosial Budaya
  • Sikap Selektif terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Berbagai Bidang

Baca juga
artikel terkait
PENGARUH NEGATIF IPTEK BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
atau
tulisan menarik lainnya
Abdul Hadi

(tirto.id – hdi/hdi)


Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

Subscribe for updates
Unsubscribe from updates

Leave a Comment