Jenis alat pemuas kebutuhan berdasarkan kedudukannya

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia | Setelah kita mengetahui berbagai macam kebutuhan, kita juga harus mengetahui apa saja macam-macam dari alat pemuas kebutuhan. Alat pemuas kebutuhan manusia biasanya disebut dengan produk yang berupa barang dan jasa.

Sebelum kita mengetahui tentang macam-macam alat pemuas kebutuhan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan alat pemuas kebutuhan yang berupa jasa. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi kebutuhan )

ialah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya berwujud dapat dilihat dan diraba.

Alat pemuas kebutuhan yang berupa jasa ialah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tidak berwujud tetapi fungsinya dapat dirasakan dan dinikmati. 

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Barang konkrit merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dilihat, diraba maupun dirasakan. Contohnya : Makanan, pakaian, rumah, mobil, tas, dan sebagainya. (Baca juga: Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya )

Barang abstark merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat dilihat maupun diraba tetapi bisa dirasakan. Contohnya : Jasa supir taksi, jasa guru, jasa dokter, jasa petani, dan sebagainya. (Baca juga: [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier )

Barang ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia itu sendiri dan untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk biaya. Contohnya : Rumah, sepatu, emas, lemari, laptop, dan sebagainya

Barang bebas merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya banyak sehingga tidak diperlukan pengorbanan tertentu dan cara memperolehnya bisa mengambilnya secara bebas. Contohnya : Air laut, es dikutub, pasir dipadang pasir, sinar matahari, angin, dan sebagainya.

Barang bekas juga bisa menjadi barang ekonomi loh , kok bisa ?

Ada saatnya barang bebas berubah status menjadi barang ekonomi. Misalnya, apabila seseorang tinggal di daerah yang sumber airnya melimpah, jernih dan bersih, maka air tersebut merupakan barang bebas. Sedangkan,  untuk penduduk yang tempat tinggalnya di kota-kota besar, air bersih biasanya diperoleh dari jasa Perusahaan Air Minum atau penjual air keliling. Dalam hal ini, air tersebut sudah berubah status menjadi barang ekonomi.

Barang illith merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya berlimpah sehingga berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat.

Contohnya : Air, apabila air jumlahnya berlebihan maka akan mengakibatkan banjir. Api, apabila api berkobar berlebihan maka akan mengakibatkan kebakaran, dan lain sebagainya.

Barang konsumsi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang secara langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga dapat dirasakan dan dinikmati kegunannya tanpa melalui proses pengolahan. Barang ini juga sering disebut barang siap pakai atau barang jadi.

Contohnya : Buah-buahan, roti, sepatu, pakaian, jam tangan, minuman kaleng, perabotan rumah tangga, dan sebagainya.

Barang konsumsi dapat dibedakan menjadi barang konsumsi tahan lama dan barang konsumsi tidak tahan lama. Barang konsumsi tahan lama merupakan barang yang tidak sekali habis dipakai. Misalnya : Pakaian, sepatu, perabotan rumah tangga, dll.

Sedangkan, barang konsumsi tidak tahan lama merupakan barang yang sekali dipakai sekaligus habis. Misalnya : Buah-buahan, roti, minuman kaleng, dll.

Barang produksi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak secara langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi harus melalui proses pengolahan dan menghasilkan barang lain. Barang produksi ini biasanya disebut juga dengan barang modal.

Contohnya : Kain yang akan digunakan untuk membuat pakaian, Padi yang akan digunakan untuk membuat beras, Gandung yang akan digunakan untuk membuat roti.

Baca juga:

Barang mentah merupakan barang baku yang belum melalui proses pengolahan.

Contohnya : Kapas, padi, rotan, tembakau, dan sebagainya.

Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses pengolahan tetapi  belum dapat digunakan karena prosesnya belum selesai.

Contohnya : Kopra dari kelapa untuk digunakan membuat minyak goreng, benang dari kapas untuk digunakn membuat kain, dan sebagainya.

Barang jadi merupakan barang yang sudah melalui proses pengolahan dan siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya : Pakaian, lemari, tas, televisi, dan sebagainya.

Barang Subtitusi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang dalam pemakaiannya dapat saling menggantikan antara barang satu dengan barang lainnya. Barang subtitusi biasanya disebut dengan barang pengganti.

Contohnya : Beras dengan singkong, bus dengan mikrolet, kopi dengan teh, gelas dengan cangkir, dan sebagainya.

Barang komplementer merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang dalam penggunaannya dapat saling melengkapi. Barang ini baru dapat dimanfaatkan apabila dipakai bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya. Barang komplementer biasanya disebut dengan barang pelengkap.

Contohnya : Kompor dan gas, gula dan kopi, galon dan dispenser, buku dan pena, dan sebagainya.

Barang bergerak merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka pendek.

Contohnya : Televisi, mobil, motor, dan sebagainya.

Barang tidak bergerak merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka panjang.

Contohnya : Rumah, tanah, dan sebagainya.

Barang superior merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki kualitas yang tinggi dan kualitas tersebut ditunjukkan dengan harganya yang mahal sehingga barang ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang berpenghasilan menengah keatas.

Contohnya : Pakaian mahal, mobil mewah, lukisan mewah, dan sebagainya.

Barang inferior merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki kualitas harga rendah dan biasanya barang ini dikonsumsi oleh orang-orang yang berpenghasilan rendah.

Contohnya : Barang-barang loak, pakaian bekas, dan sebagainya.

Nah itulah artikel mengenai Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya. Jangan lupa share dan terimakasih atas kunjungannya!

Kunjungi juga artikel lainnya:

Berbicara mengenai kebutuhan manusia maka tak terlepas dari alat pemuas kebutuhan manusia. karena apa kebutuhan merupakan suatu hal yang dibutuhkan untuk memuaskan kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhan itulah yang menjadi jalan manusia untuk memperoleh kebutuhan tersebut. Bisa dibilang bahwa alat pemuas kebutuhan manusia merupakan instrumen yang menjadi pembantu manusia mendapatkan kebutuhannya, kita umpamakan bahwa kebutuhan manusia itu ikan, sedangkan alat pemuas kebutuhannya adalah alat pancing untuk mendapatkan ikan tersebut. (Baca juga : kebutuhan dasar manusia)

Alat pemuas kebutuhan manusia bisa berbentuk barang (benda) ataupun jasa. Untuk alat pemuas kebutuhan yang berbentuk barang atau benda merupakan jenis alat pemuas kebutuhan yang bisa dilihat, diraba, ditimbang. Mungkin sekililing kita jenis alat pemuas kebutuhan ini sanagatlah banyak contohnya motor, meja, kursi, buku, radio, televisi, kulkas dan lain sebagainya. Sedangkan untuk alat pemuas kebutuhan yang berbentuk jasa yakni alat pemuas kebutuhan yang tidak bisa diraba, dilihat hanya bisa dirasakan selain itu untuk jasa biasanya yang diberikan adalah pelayanan bukan dalam bentuk barang atau benda, contohnya jasa asuransi, jasa tukang rambut, jasa ojek, bimbingan belajar, TPQ dan lainnya.

Lebih jelasnya kita akan membahas macam macam atau jenis alat pemuas kebutuhan manusia. ada beberapa perspektif atau segi dari macam-macam atau jenis alat pemuas kebutuhan manusia, yakni bisa didasarkan atas fungsinya, wujudnya, dan lain sebagainya. Untuk itu mari kita kupas satu per satu jenis atau macam alat pemuas kebutuhan manusia.

  1. Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan wujudnya

Untuk wujud yang kita jadikan fokus atau pusat kajian adalah bentuk atau shape yang bisa kita lihat, ada dua macam alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan wujudnya dibagi menjadi dua, yakni :

Untuk barang konkret ini bisa diartikan sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki bentuk yang dapat dilihat, diraba, dirasakan, dan lainnya. Barang ini biasanya memberikan manusia dengan bentuk nyata terlihat dan manfaatnya bisa dirasakan secara langsung. Contohnya kue, tas, lemari, laptop, televisi, motor, mobil, uang dan lainnya. (Baca juga : fungsi asli uang)

Barang yang abstrak merupakan kebalikan barang konkret, barang abstrak ini memiliki arti sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa pelayanan sehingga tidak bisa dilihat, diraba hanya bisa dirasakan saja. Contohnya jasa guru, dokter, asuransi, ojek dan lain sebagainya.

Artikel terkait jasa :

  1. Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan cara memperolehnya

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya alat pemuas kebutuhan perlu dicari dan ditentukan, tidak bisa datang dengan sendiri untuk itulah ada jenis alat pemuas kebutuhan yang didasarkan atas cara memperolehnya, untuk alat pemuas jenis ini dibedakan menjadi tiga macam, diantaranya :

  • Benda atau barang ekonomi

Benda yang bersifat ekonomi ini diartikan sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang keberadaan atau jumlahnya terbatas, akan habis jika kita eksploitasi dan gunakan terus menerus. (Baca juga : cara mengatasi kelangkaan SDA – faktor penyebab kelangkaan )

Selain itu untuk memperolehnya juga membutuhkan suatu pengorbanan dari manusia tersebut. Dan barang atau benda ekonomi ini adalah salah satu jenis alat pemuas kebutuhan yang paling sering dijumpai dan digunakan oleh manusia. Contohnya makanan, air, sepatu, pakaian, rumah, motor, mobil dan lain sebagainya.

Berbeda dengan benda ekonomis, benda bebas ini merupakan jenis alat pemuas kebutuhan yang telah ada dan disediakan oleh alam dengan jumlah yang tak terbatas. Untuk memperolehnya kita juga tidak memerlukan usaha yang keras ataupun sebuah perejuangan. Contohnya sinar matahari, udara, air dan lain sebagainya.

Untuk benda atau barang yang jenisnya ilith ini masih terdapat perdebatan karena alat pemuas kebutuhan ini menimbulkan kerugian bagi manusia karena jumlahnya yang terlalu berlebih akan menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia. contohnya air saat jumlahnya berlebihan maka akan menimbulkan banjir, angin yang berlebihan akan menyebabkan angin topan atau puting beliung dan lain sebagainya.

  1. Alat pemuas kebutuhan berdasarkan tujuan penggunaannya.

Alat pemuas kebutuhan manusia yang beradasarkan tujuan pengguanannya diartikan sebagai jenis alat yang dilihat dari perspektif cara menggunakannya, misal digunakan secara langsung, atau di proses dahulu dan lain sebagainya. Hal ini muncul dikarenakan keinginan manusia dalam berinteraksi dengan kebutuhannya memiliki ciri masing-masing. Alat pemuas kebutuhan jenis ini dibedakan menjadi dua yakni :

Untuk alat pemuas kebutuhan jenis ini bisa diartikan sebagai benda atau barang yang bisa langsung digunakan dan dirasakan manfaatnya secara langsung tanpa harus melalui sebuah pengolahan. Barang konsumsi juga bisa diartikan sebagai bahan matang yang langsung bisa dieksekusi. Contohnya buah, motor, mobil, buku, meja, kursi dan lain sebagainya.

Untuk barang produksi ini merupakan jenis alat pemuas kebutuhan yang yang manfaatnya tidak bisa dirasakan secara langsung dan belum bisa kita manfaatkan sebelum menghasilkan bnetuk atau benda lain. Hal ini dikarenakan barang produksi merupakan barang mentah yang harus diproses terlebih dahulu sebelum digunakan. Contohnya kayu, beras, kain, dan lainnya. Kayu harus diolah terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai meja kursi agar bisa digunakan, beras diolah terlebih dahulu untuk menjadi nasi sehingga bisa dimakan, dan kain diolah dahulu untuk dijadikan sebagai pakaian.

  1. Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan fungsinya

Tentu dalam suatu barang atau benda memiliki nilai fungsinya, namun fungsinya berbeda-beda. Inilah latar belakang pengklasifikasian alat pemuas kebutuhan manusia, yaitu didasarkan pada fungsi benda tersebut. Adapun jenis alat pemuas kebutuhan tersebut, antara lain :

  • Barang pelengkap (komplementer)

Sesuai dengan namanya barang pelengkap merupakan salah satu jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang bertindak sebagai pelengkap dari barang lain, barang pelengkap tidak bisa berdiri sendri tanpa berbaur atau melengkapi barang lain. Karena sesuai dengan fungsinya yaitu pelngkap bukan independen. Untuk lebih jelasnya kita akan memberikan sebuah contoh minyak akan lebih berguna jika digunakan bersamaan dengan kompor, pulsa digunakan dengan handphone akan lebih berguna, kopi dicampur dengan gula untuk memberikan rasa lebih enak dari sebelumnya.

  • Barang pengganti (subtitusi)

Untuk barang substitusi ini diartikan sebagai alat pemuas kebutuhan yang bertindak sebagai barang yang dapat saling menggantikan. Lebih mudahnya kita bisa bilang barang substitusi ini merpakan barang cadangan yang dimana bisa menggantikan barang utama ketika barang itu tidak bisa berguna. Contohnya ketika angkot tidak ada kita bisa menggantikan peran angkot itu dengan busa atau taksi, bisa juga menjadikan beras contoh ketika beras tidak ada kita bisa menggantikannya dengan gandum atau singkong.

  1. Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan proses pembuatan atau pengolahannya.

Tidak bisa dipungkiri bila berbicara mengenai kebutuhan manusia maka sebagian besar barang atau benda yang bisa dimanfaatkan memerlukan sebuah pengolahan. Berdasarkan cara pembuatan atau pengolahannya alat pemuas kebutuhan dibagi menjadi tiga, yakni :

Sama seperti halnya sebuah masakan yang belum matang atau masih mentah, masakan ini tidak bisa dikonsumsi. Sama halnya dengan barang mentah, yakni salah satu jenis barang yang belum mengalami pengolahan atau bisa disebut masih mentah. Barang mentah ini biasanya berwujud sebagai bahan dasar pembuatan suatu benda atau produk. Contoh dari barang mentah antara lain hasil pertanian seperti padai,jagung, gandum yang menjadi bahan dasar dari makanan, hasil hutan seperti jati, mahoni, rotan yang menjadi bahan dasar dari lemari, meja dan kursi, selanjutnya ada juga hasil perkebunan seperti kopi, teh yang menjadi bahan dasar pembuatan minuman, ada juga hasil tambang yang menjadi bahan dasar perhiasan seperti emas, perak dan lainnya.

Untuk barang setengah jadi ini diartikan sebagai barang yang sudah mengalami sebuah proses pengolahan namun belum bisa dilaksanakan karena porosesnya belum sempurna atau prosesnya belum selesai. Biasanya barang jenis ini diproduksi dan dihasilkan dalam jumlah besar dan banyak. Contohnya kulit hewan yang ada di industri sepatu dan tas, tekstil yang ada di industri koveksi, tembakau yang ada di industri rokok.

Untuk jenis terakhir dinamakan barang jadi, dimana barang ini sudah bisa untuk digunakan dan di konsumsi serta melalui proses pengolahan yang sudah lengkap dan selesai. Dan barang ini tentunya sudah sering kita pakai dan temui. Contohnya televisi, HP, komputer, buku, dan lain sebagainya.

  1. Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya alat pemuas kebutuhan manusia dibagai menjadi dua yakni:

Apa yang dimaksud dengan barang yang bergerak, yang dimaksud gerak disini bukan geraknya suatu barang seperti halnya manusia bergerak, namun dalam hal ini yang termasuk barang jaminan adalah barang yang bisa digunakan untuk jaminan dalam bentuk hutang atau kredit jangka pendek. Contohnya motor, mobil, TV, HP dan lain sebagainya.

  • Barang tidak bergerak (diam)

Bisa dibilang tidak bergerak karena benda atau barang ini karena memang diam di tempat tidak bisa di bawa kemana-mana. Kegunaan dari barang tidak bergerak ini adaah digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit atau pinjaman jangka panjang. Contohnya rumah, tanah, dan lain sebagainya.

Artikel terkait : macam kredit pasif

  1. Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan kualitasnya

Berbicara mengenai kualitas maka kita akan menyinggung tentang mutu dari suatu produk tersebut. Berdasarkan kualitasnya alat pemuas kebutuhan manusia dibagi menjadi 2 yakni :

Sesuai dengan namanya yakni superior maka benda ini pastinya memiliki kualitas yang tinggi. Kualitas ini ditunjukkan dengan harga dan keawetan benda tersebut. Contohnya beras mentari, pakaian bermerk mahal, lukisan mewah, mobil dengan merk besar dan lain sebagainya.

Kebalikan dari benda superior adalah barang inferior yakni barang dengan kualitas rendah. Biasanya barang ini mudah didapatkan tentunya dengan harga yang murah. Contohnya barang-barang bekas (second), di toko-toko pinggir jalan dan lain sebagainya.

Itulah beranekaragam alat pemuas kebutuhan manusia, macam-macam dari alat alat tersebut didasarkan atas beberapa kriteria yakni berdasarkan sifatnya, fungsinya, cara pengolahannya dan lain sebagainya. Pada dasarnya alat pemuas kebutuhan adalah pembantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Leave a Comment