Mengapa durasi gerhana bulan lebih lama dibandingkan gerhana matahari

Jakarta

Gerhana adalah peristiwa alam yang wajar terjadi di mana terhalangnya sinar matahari oleh bumi atau bulan sehingga bumi atau bulan tidak mendapatkan sinar matahari. Maka dari itu, peristiwa tersebut dibedakan menjadi dua, yakni gerhana bulan dan matahari.

Akibat adanya gerhana, terjadi bayangan yang dibentuk bumi atau bulan yang terletak dalam satu garis. Bayangan tersebut lah yang biasa dilihat oleh manusia dan disebut gerhana.

Lantas, bagaimana proses terjadinya gerhana bulan dan matahari? Berikut penjelasannya

Berdasarkan gambar proses terjadinya gerhana bulan, peristiwa ini terjadi karena terhalangnya cahaya matahari yang menuju bulan oleh bumi. Sederhananya, peristiwa ini terjadi saat kedudukan bumi berada di antara bulan dan matahari atau dalam satu garis lurus.

Adapun, dikutip dari buku ‘Best Score 100 Bank Soal IPA’ oleh Tim Master Eduka, gerhana bulan dibagi menjadi beberapa macam, yakni

-Gerhana bulan total: bulan berada di daerah bayangan umbra (inti) bumi)
-Gerhana bulan sebagian: bulan masuk ke dalam bayangan penumbra bumi hanya sebagian.

Adapun, gerhana bulan rata-rata terjadi selama 3 jam 40 menit. Angka ini jauh lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari, yakni hanya sekitar 7 menit selama berlangsung.

Cepatnya waktu gerhana matahari dikarenakan bulan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bumi. Alhasil, lebih mudah bagi bumi untuk keluar dari bayang-bayang bulan.

2. Gerhana Matahari

Apa yang dimaksud gerhana matahari? Adalah peristiwa terhalanganya sinar matahari yang menuju bumi oleh bulan. Pada saat itu, kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada di satu garis yang sama. Bulan ada di antara bumi dan matahari.

Akibatnya, bayangan bulan akan mengenai bumi karena bulan lebih kecil dari matahari, maka hanya sebagian tempat permukaan bumi yang terkena bayangan bulan. Adapun, macam-macam gerhana matahari sebagai berikut

-Gerhana matahari total: permukaan bumi terkena umbra-Gerhana matahari sebagian (parsial) ketika bumi berada pada bayangan penumbra bulan-Gerhana matahari total: daerah bumi yang terkena bayangan umbra akan mengalami gerhana matahari-Gerhana matahari sebagian: daerah bumi yang terkena bayangan penumbra akan mengalami gerhana bumi sebagian

-Gerhana matahari cincin: Terjadi jika bumi terkena lanjutan umbra bulan dan bulan berada di titik terjauh dari bumi.

Selamat belajar gerhana bulan dan matahari!

Simak Video “Gerhana Bulan Blood Moon Bakal Muncul 15 dan 16 Mei 2022

[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Pada gerhana bulan, karena bumi cukup besar dan bayangannya dapat menutupi bulan sepenuhnya, maka gerhana bulan berlangsung selama 2 jam atau lebih karena bulan harus melewati bayangan bumi yang sangat luas. Sedangkan gerhana matahari berlangsung selama lima hingga sepuluh menit.

Pada gerhana bulan, karena bumi cukup besar dan bayangannya dapat menutupi bulan sepenuhnya, maka gerhana bulan berlangsung selama 2 jam atau lebih karena bulan harus melewati bayangan bumi yang sangat luas. Sedangkan gerhana matahari berlangsung selama lima hingga sepuluh menit.

Mengapa gerhana bulan lebih lama dibandingkan gerhana matahari?

Adapun, gerhana bulan rata-rata terjadi selama 3 jam 40 menit. Angka ini jauh lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari, yakni hanya sekitar 7 menit selama berlangsung. Cepatnya waktu gerhana matahari dikarenakan bulan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bumi. Alhasil, lebih mudah bagi bumi untuk keluar dari bayang-bayang bulan.

Mengapa gerhana bulan berlangsung dalam durasi yang lebih lama?

Hal yang membuat gerhana Bulan berlangsung dalam durasi yang lebih lama adalah pertama, bayangan yang diciptakan oleh Bumi saat gerhana Bulan terjadi jauh lebih besar daripada bayangan Bulan saat gerhana Matahari. Hal itu terjadi karena Bumi jauh lebih besar daripada Bulan.

Mengapa gerhana matahari tidak terjadi setiap bulan baru?

Akan tetapi, gerhana Matahari tidak terjadi setiap Bulan Baru, karena bidang orbit Bulan terhadap Bumi tidak berimpit dengan bidang orbit Bumi terhadap Matahari. Gerhana Matahari hanya akan terjadi ketika posisi Bulan-Bumi-Matahari berada pada satu garis lurus. Pada saat itulah Bulan menghalangi cahaya dari Matahari ke Bumi.

Apa itu gerhana matahari?

Gerhana Matahari merupakan fenomena yang bisa dibilang sangat jarang terjadi. Fenomena ini hanya terjadi ketika Bulan benar-benar tepat menghalangi cahaya Matahari dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Ditambah lagi, gerhana Matahari hanya dapat dilihat di beberapa tempat saja, yakni daerah yang dilalui jalur gerhana yang sempit.

Mengapa gerhana bulan terjadi lebih lama dibandingkan?

hal itu terjadi karena bumi jauh lebih besar daripada bulan. Karena bayangan yang diciptakan oleh bumi saat gerhana bulan terjadi jauh lebih besar daripada bayangan bulan saat gerhana matahari.

Mengapa gerhana matahari jauh lebih cepat daripada gerhana bulan?

Mengapa gerhana matahari lebih cepat dari pada gerhana bulan yang lebih lama? Karena rotasi bulan dan bumi terjadi lebih cepat.

Apa yang menyebabkan gerhana bulan berlangsung lama brainly?

karena bulan mengelilingi bumi sekaligus mengelilingi matahari, jadi waktu yang diperlukan untuk mengganti posisi semula akan semakin lama.

Mengapa bisa terjadi gerhana bulan?

Gerhana bulan dapat terjadi saat bayangan bumi menghalangi cahaya matahari menuju ke bulan. Peristiwa ini mengakibatkan bulan menjadi gelap karena tidak ada cahaya matahari yang dipantulkan. ‘Gerhana bulan terjadi jika posisi matahari, bumi, dan bulan dalam satu garis lurus.

Berapa lama durasi gerhana bulan?

Pada Gerhana Bulan Sebagian kali ini, permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%. Sehingga durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit. Sayangnya di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit.

Apa yang menyebabkan terjadinya gerhana matahari?

Gerhana matahari terjadi ketika bulan bergerak di antara bumi dan matahari. Pergerakan ini dapat menyebabkan gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida. Dilansir dari situs NASA, gerhana matahari total terjadi ketika bulan menutupi matahari sepenuhnya.

Apa yang menyebabkan terjadinya gerhana matahari total?

gerhana matahari total=gerhana ini terjadi pada permukaan bumi yang berada dalam umbra bulan,pada bagian itu sinar matahari tertutup sepenuh nya,menjadi gelap gulita. gerhana matahari sebagian=terjadi pada permukaan bumi yang berada dalam penumbra bulan,sinar matahari tertutup sebagian.

Apa saja akibat yang ditimbulkan oleh gerakan bulan?

Adapun akibat yang terjadi karena adanya gerakan bulan yakni:

  • Adanya fase-fase bulan.
  • Terjadinya pasang surut air laut.
  • Terjadinya gerhana.
  • Permukaan bulan yang terlihat dari Bumi selalu sama.
  • Apa Akibat peristiwa gerhana bulan total terhadap lingkungan?

    Koordinator Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Hendra Suarta mengungkapkan bahwa Gerhana Bulan Total juga memiliki pengaruh ke lingkungan. Salah satu dampaknya adalah adanya air laut pasang atau rob. ‘Dampak terhadap lingkungan, adanya air pasang di sejumlah wilayah Indonesia.

    Lihat Foto

    NASA VIA BBC INDONESIA

    Ilustrasi gerhana matahari total yang terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan sejajar sedemikian rupa, sehingga menghalangi sinar matahari secara penuh. [NASA VIA BBC INDONESIA]

    KOMPAS.com – Gerhana matahari total adalah fenomena alam yang dapat diperhitungkan kapan terjadinya beserta lokasi terjadinya. Peristiwa ini hanya bisa terjadi di tempat yang sama setelah 300 tahun.

    Kenapa gerhana matahari total terjadi sangat singkat?

    Gerhana matahari total terjadi pada saat bulan berada di antara Matahari dan Bumi dengan posisi ketiganya segaris lurus. Durasi waktu gerhana matahari total hanya sekitar tujuh menit. Waktu yang sangat singkat tersebut terjadi karena bayangan bulan yang bergerak sangat cepat.

    Gerhana adalah fenomena yang terbentuk akibat bayangan. Bumi dan Matahari berukuran lebih besar dari Bulan. Hal ini membuat bayangan Bulan terlihat sangat lambat, bahkan terlihat tidak bergeser karena jaraknya yang sangat jauh ke Bumi. Padahal, bayangan bulan bergerak dengan kecepatan 1.700 kilometer per jam.

    Hal ini membuat bayangan Bulan hanya sebentar menutupi bayangan Matahari. Atas alasan tersebutlah, gerhana matahari total terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

    Baca juga: Gerhana Matahari Total di Antartika Besok, Bisakah Dilihat dari Indonesia?

    Kapan terjadinya gerhana matahari total

    Fenomena gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana bulan, adalah kejadian yang bisa dikalkulasi. Hal ini karena Bumi, Bulan, dan Matahari bergerak dalam kecepatan yang konstan. Bahkan, kita bisa menghitung gerhana yang terjadi ratusan tahun ke belakang dan ratusan tahun yang akan datang.

    Secara kalkulasi, gerhana matahari total terjadi setiap 18 bulan sekali. Sedangkan gerhana matahari secara umum terjadi dua sampai lima kali dalam setahun.

    Namun, sangat jarang gerhana matahari terjadi sampai lima kali dalam setahun. Gerhana matahari terjadi lima kali dalam setahun pada tahun 1935 dan baru akan terjadi lagi pada tahun 2206.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

    Baca berikutnya

    Leave a Comment