Mengapa energi ionisasi kedua lebih besar dari yang pertama?


Menurut kimposisinya,emas murni merupakan zat…
A. tunggal
B. hidup
C. campuran
D. bukan zat


Berikut yang merupakan campuran adalalah…
A. air hangat
B. air manis
C. air dingin
D. semua salah


Sirop adalah campuran…dengan..


unsur-unsur yang membentuk senyawa…a. menghasilkan zat baru yang berlangsung secara fisikab. menghasilkan zat baru yang barlangsung secara kimia c.


tidak menghasilkan zat baru yang berlangsung secara fisikad. tidak menghasilkan zat baru yang berlangsung secara kimia​


Pelarut pada masing masing benda berikut!
A.kuah bakso yang diberi kecap
B.susu bubuk Yang dilarutkan dalam air hangat
C. Tinta yang di teteskan ke da


lam segelas air


Pelarut pada masing masing benda berikut!
A.kuah bakso yang diberi kecap
B.susu bubuk Yang dilarutkan dalam air hangat
C. Tinta yang di teteskan ke da


lam segelas air


Bagaimana hasil dari campuran garam dengan minyak goreng yang didiamkan?


1.distilasi dilakukan dengan memenaskan campuran hingga suhu tertentu sehingga salah satu komponen mengendap karena titik didih yang lebih rendah.perb


aikan yang tepat:2.campuran yang komponen nya berupa zat cair lebih mudah di pisahkan dengan cara filtrasi karwna memiliki besar molekul yang berbeda.perbaikan yang tepat:3.dalam proses penyaringan, komponen campuran yang memiliki molekul lebih besar akan mudah melalui saringan sehingga akan terpisah.perbaikan yang tepat:4.kegiatan:menyuling susu untuk mendapat kan lemak.cara yang tepat:mohon di bantu kak​


Konsentrasi ion hidroksil (OH-) dalam 500 ml larutan 0,004 M HNO3 yaitu.


1.Jelaskan bagaimana kedudukan benda langit saat terjadi gerhana bulan!jawab:2.Jelaskan bagaimana kedudukan benda langit saat terjadi gerhana matahari


!jawab:​

Perbedaan Utama – Energi Ionisasi Pertama vs Kedua

Energi ionisasi adalah jumlah energi yang dibutuhkan oleh atom gas untuk menghilangkan elektron dari orbital terluarnya. Ini adalah energi ionisasi karena atom mendapat muatan positif setelah penghilangan elektron dan menjadi ion bermuatan positif. Setiap elemen kimia memiliki nilai energi ionisasi tertentu. Ini karena atom dari satu elemen berbeda dari atom dari elemen lain. Energi ionisasi pertama dan kedua menggambarkan jumlah energi yang dibutuhkan oleh atom untuk masing-masing melepaskan satu elektron dan elektron lainnya. Perbedaan utama antara energi ionisasi pertama dan kedua adalah itu itu energi ionisasi pertama memiliki nilai lebih rendah daripada energi ionisasi kedua untuk elemen tertentu.

1. Apa itu Energi Ionisasi Pertama?
     
– Definisi, Tren dalam Tabel Periodik
2. Apa itu Energi Ionisasi Kedua
     
– Definisi, Tren dalam Tabel Periodik
3. Apa Perbedaan Antara Energi Ionisasi Pertama dan Kedua
     
– Perbandingan Perbedaan Kunci

Istilah Kunci: Energi Ionisasi Pertama, Ionisasi, Energi Ionisasi Kedua, Kerang

Apa itu Energi Ionisasi Pertama?

Energi ionisasi pertama adalah jumlah energi yang dibutuhkan oleh gas, atom netral untuk menghilangkan elektron terluarnya.Elektron terluar ini terletak di orbital terluar atom. Karenanya, elektron ini memiliki energi tertinggi di antara elektron-elektron lain dari atom itu. Oleh karena itu, energi ionisasi pertama adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron energi tertinggi dari sebuah atom. Reaksi ini pada dasarnya adalah reaksi endotermik. Ini dapat diberikan dalam reaksi sebagai berikut.

X(g) → X(g)+ + e–

Konsep ini dikaitkan dengan atom bermuatan netral karena atom yang bermuatan netral hanya terdiri dari jumlah elektron asli yang harus dikomposisikan oleh unsur tersebut. Namun, energi yang dibutuhkan untuk tujuan ini tergantung pada jenis elemennya. Jika semua elektron dipasangkan dalam atom, itu membutuhkan energi yang lebih tinggi. Jika ada elektron yang tidak berpasangan, ia membutuhkan energi yang lebih rendah. Namun, nilainya juga tergantung pada beberapa fakta lain. Misalnya, jika jari-jari atom tinggi, jumlah energi yang rendah diperlukan karena elektron terluar terletak jauh dari nukleus. Kemudian gaya tarik-menarik antara elektron ini dan nukleus rendah. Karena itu, dapat dengan mudah dihilangkan. Tetapi jika jari-jari atom rendah, maka elektron sangat tertarik ke nukleus. Maka sulit untuk dihilangkan dari atom.

Tabel periodik unsur menunjukkan pola tertentu atau kecenderungan memvariasikan energi ionisasi pertama selama periode-periode tersebut. Ketika turun kelompok tabel periodik, energi ionisasi pertama berkurang sejak jari-jari atom meningkat ke bawah kelompok.

Gambar 1: Tren Energi Ionisasi Pertama di Tabel Periodik Unsur

Gambar di atas menunjukkan bagaimana energi ionisasi pertama bervariasi sepanjang periode. Gas mulia memiliki energi ionisasi pertama tertinggi karena unsur-unsur ini memiliki atom yang terdiri dari kulit elektron yang terisi penuh. Karena itu, atom-atom ini sangat stabil. Karena stabilitas ini, sangat sulit untuk menghilangkan elektron terluar.

Apa itu Energi Ionisasi Kedua

Energi ionisasi kedua dapat didefinisikan sebagai jumlah energi yang dibutuhkan untuk menghilangkan elektron terluar dari atom gas yang bermuatan positif. Penghapusan elektron dari atom yang bermuatan netral menghasilkan muatan positif. Ini karena tidak ada cukup elektron untuk menetralkan muatan positif inti. Menghapus elektron lain dari atom bermuatan positif ini akan membutuhkan energi yang sangat tinggi. Jumlah energi ini disebut energi ionisasi kedua. Ini dapat diberikan dalam reaksi seperti di bawah ini.

X(g)+ → X(g)+2 + e–

Energi ionisasi kedua selalu bernilai lebih tinggi daripada energi ionisasi pertama karena sangat sulit untuk menghilangkan elektron dari atom bermuatan positif daripada dari atom bermuatan netral; ini karena sisa elektron sangat tertarik oleh nukleus setelah mengeluarkan satu elektron dari atom netral.

Gambar 2: Perbedaan antara Energi Ionisasi Pertama, Kedua dan Ketiga di Logam Transisi

Gambar di atas menunjukkan perbedaan antara energi ionisasi pertama, kedua dan ketiga. Perbedaan ini terjadi karena melepas elektron menjadi sulit dengan meningkatnya muatan positif. Terlebih lagi, ketika elektron dihilangkan, jari-jari atom berkurang. Itu juga membuat sulit untuk menghilangkan elektron lain.

Definisi

Energi Ionisasi Pertama: Energi ionisasi pertama adalah jumlah energi yang dibutuhkan oleh atom netral gas untuk menghilangkan elektron terluarnya.

Energi Ionisasi Kedua: Energi ionisasi kedua adalah jumlah energi yang dibutuhkan oleh atom bermuatan positif gas untuk menghilangkan elektron terluar.

Nilai

Energi Ionisasi Pertama: Energi ionisasi pertama relatif bernilai rendah.

Energi Ionisasi Kedua: Energi ionisasi kedua relatif bernilai tinggi.

Mulai Spesies

Energi Ionisasi Pertama: Energi ionisasi pertama didefinisikan mengenai atom bermuatan netral.

Energi Ionisasi Kedua: Energi ionisasi kedua didefinisikan mengenai atom bermuatan positif.

Produk akhir

Energi Ionisasi Pertama: Produk akhir adalah atom bermuatan +1 setelah ionisasi pertama.

Energi Ionisasi Kedua: Produk akhirnya adalah atom bermuatan +2 setelah ionisasi kedua.

Kesimpulan

Nilai energi ionisasi penting dalam menentukan reaktivitas elemen kimia. Ini juga membantu dalam menentukan apakah suatu reaksi kimia akan terjadi atau tidak. Energi ionisasi terkadang bertindak sebagai energi aktivasi untuk reaksi tertentu. Perbedaan utama antara energi ionisasi pertama dan kedua adalah bahwa energi ionisasi pertama adalah nilai yang lebih rendah daripada energi ionisasi kedua untuk elemen tertentu.

Referensi:

1. “Energi ionisasi.” PURDUE Science.

Leave a Comment