Mengapa remote tv tidak berfungsi

Ilustrasi remot TV yang tidak bisa berfungsi. /unsplash/@introspectivedsgn

PortalJember.com – TV merupakan salah satu alat elektronik yang kerap ditemui di rumah-rumah.

Sebagaimana yang sudah diketahui, TV merupakan salah satu alat elektronik yang berfungsi untuk memberikan berita, edukasi, dan hiburan.

Untuk mempermudah mengganti channel di TV, biasanya TV dilengkapi dengan sebuah remot.

Baca Juga: Hubungan Intim dengan Istri Bisa Lebih Lama di Ranjang, Gunakan Bahan Ini agar Suami Lebih Perkasa

>

Namun penggunaan remot yang hampir setiap hari, kerap menimbulkan masalah yakni remot macet bahkan sampai tidak bisa berfungsi meski batu baterai nya masih baru.

Bagi yang mempunyai masalah tersebut, tidak usah khawatir.

Sebagaimana yang dilansir PortalJember.com dari kanal YouTube Arief Nurdiansah yang diunggah pada 10 Maret 2019, berikut ini adalah cara memperbaiki remot TV yang tidak berfungsi.

Baca Juga: Jangan Asal Sholat Dhuha, Baca Surat Ini Agar Kaya, Ustadz Adi Hidayat: Rezeki di Langit dan Bumi Dibuka

Sumber: Youtube Arief Nurdiansah

Pastikan apakah TV berfungsi dengan benar

Pastikan apakah remote control berfungsi dengan benar

  • Arahkan remote ke sensor remote control yang terletak di bagian depan TV.
  • Usahakan sensor remote control bebas dari halangan.
  • Lampu neon dapat mengganggu pengoperasian remote; coba matikan lampu neon.
  • Pastikan bahwa arah masing-masing baterai sesuai dengan simbol positif (+) dan negatif (-) di dalam ruang baterai.
  • Daya baterai mungkin rendah. Lepaskan tutup remote control lalu ganti baterainya dengan yang baru.
    • Jenis geser
    • Jenis lepas-tekan

Catatan

  • Remote control dengan tombol MIK terhubung ke TV menggunakan Bluetooth. Gangguan radio dapat terjadi dalam situasi berikut dan menyebabkan masalah seperti pengoperasian mikrofon atau remote control yang buruk karena gelombang radio Bluetooth menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang radio yang dipancarkan dari gelombang mikro dan LAN nirkabel (IEEE802.11b/g/n).
    • Ada orang atau hambatan (seperti benda logam atau dinding) antara TV dan remote control.
    • Sebuah microwave sedang digunakan di dekatnya
    • Ada jalur akses LAN nirkabel di dekatnya
    • TV dan remote control tidak berpasangan

    Dalam kasus ini, coba solusi berikut.

    • Gunakan remote control lebih dekat ke TV
    • Hapus hambatan antara TV dan remote control
    • Gunakan remote control saat microwave tidak digunakan
    • Matikan perangkat Bluetooth lainnya
    • Periksa pengaturan Bluetooth TV dan nyalakan dan matikan
      Tekan tombol HOME dan pilih urutan sebagai berikut.
      Jika [Setelan] — [Remote & Aksesori] — [Pengaturan Bluetooth] — [Bluetooth] dinonaktifkan, aktifkanlah. Jika diaktifkan, nonaktifkan, lalu aktifkan lagi.
    • Atur titik akses LAN nirkabel dan gelombang mikro setidaknya 10 m dari TV
    • Jika band 5 GHz (IEEE802.11a) tersedia di LAN nirkabel, sambungkan ke band 5 GHz
    • Pasangkan lagi remote control
      Tekan tombol HOME dan pilih urutan sebagai berikut.
      [Setelan] — [Remote & Aksesori] — [Remote kontrol] — [Hubungkan melalui Bluetooth] — [Sambungkan remote baru] — ikuti petunjuk di layar untuk menyambungkan kembali remote control.
      Jika Anda tidak dapat mengoperasikan TV menggunakan remote control yang disediakan, pilih urutan di atas hingga [Sambungkan remote baru] menggunakan remote control TV Sony lainnya, lalu coba hubungkan lagi menggunakan remote control yang disediakan.
  • Tergantung pada model Anda, remote control Bluetooth disediakan dan sudah dipasangkan dengan TV. Pada saat pengiriman, remote control berpasangan yang disediakan tidak dapat digunakan untuk mengoperasikan TV lain. Saat memeriksa operasi remote control, gunakan dengan TV yang sesuai dengan remote control yang disediakan.

Jika remote control tidak beroperasi dengan benar karena kontak baterai yang buruk atau listrik statis, masalahnya dapat diatasi dengan mereset remote control.

  1. Cabut baterai dari remote control.
  2. Tekan tombol daya pada remote control selama tiga detik.
  3. Pasang baterai baru ke dalam remote control.

Jika masalahnya tetap ada, baca halaman Jika ada setelan ulang (nyala ulang) lengkap dibutuhkan TV dan Tanya Jawab Umum seputar Pemecahan Masalah.

Catatan

  • Saat Anda mencabut colokan TV dan mencolokkannya lagi, TV mungkin tidak dapat hidup untuk sementara waktu meskipun Anda menekan tombol daya pada remote atau pada TV. Ini karena diperlukan waktu untuk inisialisasi sistem. Tunggu sekitar 10 hingga 20 detik, lalu operasikan lagi.

Page 2

Cetak

Anda juga dapat memilih dari topik berikut.

D-483-100-26(1)


Page 3

Cetak

Anda juga dapat memilih dari topik berikut.

D-483-100-26(1)


Page 4

Cetak

Anda juga dapat memilih dari topik berikut.

D-483-100-26(1)

Ayo, siapa nih yang suka memukulkan remot TV ketika tidak berfungsi? Jangan diulangi lagi, ya. Mulai sekarang, coba cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi yang berikut ini.

Meski terkadang berhasil, Pins tidak disarankan memukulkan remot TV ketika tidak merespon. Sesekali mungkin berhasil, tetapi risikonya merusak komponen di dalam remot akibat guncangan.

Daripada diketok-ketok, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk memperbaiki remot TV yang tidak merespons. Simak, yuk!

Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi

(Pixabay)

Apakah kamu memakai remot TV universal karena remot asli bawaan pabrik sudah rusak atau hilang? Kalau iya, kemungkinan masalahnya adalah pengaturan kode yang tidak sesuai.

Remot universal memang bisa dipakai untuk televisi berbeda-beda merek. Namun, Pins perlu memasukkan kode tertentu agar remot universal kompatibel dengan merek TV yang kamu miliki.

Kode ini bisa kamu temukan pada manual remot universal yang kamu beli. Pins juga bisa menemukan info kode remot TV untuk merek tertentu di internet.

Pins tinggal memasukkan kode sesuai merek dan jenis TV, misalnya untuk Panasonic kodenya 001, 014, 021, atau 059. Kemudian, tekan tombol set beberapa detik dan tekan tombol power bersamaan sampai lampu menyala.

Baca Juga: 5 Penyebab Layar Remote AC Tidak Muncul

Mengganti Baterai

Penyebab paling sering remot TV tidak merespon adalah karena baterai sudah habis. Hal ini wajar terjadi, apalagi jika baterai sudah lama tidak diganti.

Untuk mengecek apakah daya di dalam baterai sudah habis, kamu bisa menggunakan multitester. Namun, kalau di rumahmu tidak ada alat ini, masih ada cara lain yang lebih gampang.

Coba gunakan baterai yang masih berfungsi dari alat elektronik lain di dalam rumah, misalnya baterai remot AC atau baterai jam dinding. Kalau remot TV berfungsi setelah baterai diganti, berarti sumber masalahnya adalah baterai.

Cara mengganti baterai juga sangat mudah. Pertama, buka tutup baterai pada bagian belakang remot TV, kemudian ambil baterai yang lama.

Selanjutnya, pasanglah baterai baru dengan memperhatikan posisi sumbu positif dan negatif. Pastikan juga jenis baterai yang digunakan sudah sesuai, apakah tipe baterai AA atau AAA.

Baca Juga:

  • Penyebab Warna TV Tidak Normal
  • 15 Mobil Off Road Terbaik

Bersihkan Besi Penghubung yang Berkarat

Penyebab lain remot TV tidak bekerja adalah adanya karat pada besi penghubung. Masalah ini biasanya dijumpai pada remot yang sudah tua.

Besi penghubung yang dimaksud adalah pelat dan per yang ada di ujung wadah baterai. Seiring waktu, besi bisa saja berkarat apalagi jika remot disimpan di tempat lembap.

Adanya karat akan menghambat aliran daya listrik dari baterai ke dalam remot TV. Akibatnya, remot tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya meski baterai masih dalam keadaan bagus.

Solusinya adalah dengan membersihkan karat pada besi penghubung ini. Kamu bisa menggunakan alat sederhana seperti ampelas atau obeng untuk menggosok karat sampai bersih.

Hindari menggunakan zat cair untuk membersihkan karat karena bisa membasahi komponen di dalam remot.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Bersihkan Bagian Keypad

Remot TV tidak merespons juga bisa terjadi karena ada kotoran pada tombol. Akibatnya, saat tombol ditekan, kotoran ini menghalangi fungsi remot.

Kotoran ini bisa berupa kumpulan debu yang menempel di sela-sela tombol. Solusinya adalah dengan membersihkan keypad untuk mengangkat semua kotoran.

Pins bisa menggunakan lap kain atau tisu untuk mengusap permukaan keypad. Untuk area yang sulit dijangkau, Pins bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Namun, pastikan sikat gigi dalam keadaan kering, ya. Hindari menggunakan cairan apa pun untuk membersihkan remot TV karena komponen di dalamnya rentan rusak jika terkena air.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan slime khusus untuk membersihkan remot hingga ke sele-sela tombol.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Warna TV Tidak Normal Saat Dinyalakan

Segera Keringkan Remote Jika Basah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, komponen di dalam remot TV rentan mengalami kerusakan jika terkena air. Jadi, kalau remot TV terkena tumpahan air, segera keringkan dengan lap atau tisu.

Lepas juga baterainya dan keringkan sebisa mungkin dengan lap. Hindari mengeringkan remot TV dengan hair dryer karena panasnya bisa merusak komponen.

Setelah dilap, simpan remot di dalam kotak tertutup berisi silika gel sebagai penyerap kelembapan. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam kotak beras dan diamkan di dalamnya selama setidaknya 24 jam.

Setelah disimpan cukup lama, pasang lagi baterainya dan cek apakah remot sudah kembali bekerja. Jika masih tidak merespons, kemungkinan komponen utamanya sudah rusak dan perlu diganti.

Sebagai upaya pencegahan, kamu bisa memasang sarung remot untuk melindungi remot TV dari tumpahan air maupun kotoran dan debu. Pilihlah yang terbuat dari bahan silikon agar lentur saat ditekan dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Cek Printed Circuit Board (PCB)

(Wikimedia Commons)

Remot TV masih belum bisa dipakai setelah diganti baterai dan dibersihkan menyeluruh? Coba bongkar bodinya dan cek bagian PCB.

PCB merupakan lempengan hijau yang merupakan komponen utama remot TV. Di papan PCB terpasang beberapa komponen-komponen lebih kecil yang direkatkan dengan solder.

Jika komponen yang disolder terlepas, sambungan sirkuitnya otomatis akan terputus. Maka, solusinya adalah dengan menyolder kembali komponen tersebut.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Bersihkan Rangkaian Elektronik

Rangkaian elektronik remot TV mungkin juga tidak berfungsi karena terhambat oleh tumpukan kotoran. Maka, segera bersihkan dengan lap kering.

Agar lebih mudah dibersihkan, kamu bisa menggunakan minyak kayu putih sedikit saja. Teteskan minyak kayu putih pada lap kering, kemudian gunakan untuk mengusap kotoran.

Pasang Kembali Bodi Remote Tv

Setelah melakukan Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi di atas, jangan lupa untuk merangkai kembali komponen-komponen remot TV. Pastikan semua komponen dalam keadaan kering dan bersih sebelum kamu memasangnya, ya.

Itulah beberapa Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!

Baca Juga: 10 Rekomendasi TV Box Terbaik

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. 

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Source Feature Image: Pixabay

Leave a Comment