Mewujudkan persatuan dan kebanggaan sebagai bangsa wujud nilai kebangkitan nasional

Mewujudkan Persatuan dan Kebanggaan sebagai Wujud Kebangkitan NasionalEra Kebangkitan Nasional merupakan tonggak sejarah bangsa Indonesia. Semangatkebangsaan atau nasionalisme yang dahulu masih bersifat kedaerahan, berganti menjadibersifat nasional. Rakyat Indonesia menyadari bahwa tanpa ada rasa persatuan dan kesatuandari seluruh bangsa tidak mungkin akan meraih kemerdekaan.1.Mewujudkan Persatuan IndonesiaBerdasarkan istilah, persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berartiutuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dapat diartikan sebagai perkumpulan daribebrbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Kesatuan merupakan hasilperkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh, dengan demikian kesatuan erathubungannya dengan keutuhan. Makna persatuan hakikatnya adalah satu, yang artinyabulat tidak pecah. Mewujudkan persatuan merupakan nilai-nilai yang terkandung didalamsila ketiga Pancsasila.Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pengertian “Persatuan Indonesia”adalah faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuanganIndonesia. Hal itu tercantum dalam pembukaan UUD 1945 Alinea ke 2.Tahap-tahap Pembinaan persatuan bangsa Indonesia itu yang paling menonjolialah sebagai berikut :a)Perasaan SenasibPerasaan senasib sebagai bangsa akan meningkatkan rasa persatuan dalam seluruhrakyat Indonesia. Perasaan senasib dapat muncul karena faktor keterikatan terhadaptempat kelahiran atau menghadapi suatu masalah tertentu.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 3 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

  1. Meujudkan Persatuan Indonesia

Persatuan dapat diartikan sebagai peerkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Kesatuan merupakan hasil perkumpulan yang telah menjadi satu dan utuh dengan demikian, kestuan erat kaitanya dengan keutuhan. Bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang menjadi utuh dan serasi ( Persatuan dan Kesatuan )

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pengertian persatuan Indoneia adalah sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjungan Indonesia supaya terlepas dari bayang-bayang peenjajah. Hal ini tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke-3.

Faktor-faktor pendorong persatuan Bangsa Indonesia adalah :

Perasaan senasib ini muncul karena faktor keterikatan terhadap teeempat kelahiran atau menghadapi situasi tertentu. Dalam sejarah, bangsa indonesia pernah menjadi bangsa jajahan yang mendorong perasaan senasib bangsa Indonesia.

Kebangkitan nasional Indonesia dipelopori dengan kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908, yang menjadi ciri kebangkitan nasional adalah perjuangan bangsa Indonesia untuk kepentingan nasional bukan daerah.

Sumpah pemuda adalah penegas bagi bangsa Indonesia untuk meujudkan sebuah negara yang memiliki identitas dan dicintai rakyatnya.

Proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan bangsa Indonesia

Pristia proklamasi kemerdeekaan dan penegasan UUD 1945 merupakan konsensus kesepakatan bangsa Indonesia bahwa pengaturan kehidupan berbangsa dan bernegara dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. Pancasila dan UUD 1945 merupakan konsensus nasional yang menjadi panduan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Di sisi lain kita juga dapat menyaksikan mulai lemahnya semangat pemuda dalam melaksanakan Pancasila dan UUD 1945. Menurut laporan dari Kemenpora RI da 10 masalah pada generasi muda :

  1. Masih maraknya tingkat kekerasan di kalangan pemuda

  2. Adanya kecendrungan sikaf ketidak jujuran yang semakin membudaya

3. Berkembangnya rasa tidak hormat pada orang tua, guru dan pemimpin

4. Sikaf saling curiga dan kebencian antar sesama

5. Penggunaan bahasa Indonesia yang semakin memburuk

6. Berkembangnya prilaku mnyimpang dikalangan pemuda (narkoba, pornografi, dll)

7. Kecendrungan meengadopsi nilai-nilai asing

8. Melemahnya idealisma, patriotisma, serta semangat kebangsaan

9. Meningkatnya sikap pragmatisma dan hedonisma

10. Makin kabur pedoman dan sikap yang berlaku acuh tak acuh terhadap ajaran agama

Dalam hal kehidupan berbangsa dan bernegara , kita perlu meningkatkan kembali nilai-nilai semangat juang khususnya nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945 seperti :

  1. Nilai Religius 5. Nilai demokrasi

  2. Nilai kemanusiaan 6. Nilai Kesamaan Drajat

  3. Nilai Produktivitas 7. Nilai Ketaatan Hukum

  4. Nilai Keseimbangan

KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA

Apakah kalian bangga menjadi bangs indonesia ?

Bagaimana Prilaku kalian yang menunjukan rasa bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia ?

Kita bangga menjadi bangsa Indoneisa alasanya adalah karena kita lahir dan besar di negeri Indonesia. Oleh karena itu harus mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia. Selain itu keunggulan yang di miliki Indonesia adalah :

  1. Jumlah dan potensi penduduk Indonesia sangat banyak yaitu menempati urutan ke empat didunia setelah RRC, India dan Amerika Serikat.

  2. Semangat kebangkitan nasional dan sumpah pemuda mendorong indonesia pertama lepas dari tangan penjajah setelah di jajah selama 3,5 abad.

  3. Memiliki keanekarangaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya seperti adat istiadat, agama, bahasa dan kesenian.

  4. Semboyan Bhenika Tunggal Ika menyatukan Indonesia sehingga walau terdapat banyak keberagaman namun tetap bisa bersatu.

  5. Memiliki tata krama yang tidak dimiliki oleh bangsa lain sehingga menarik bangsa-bangsa lain di dunia.

  6. Letak wilyah yang aman sangat strategis

  7. Keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi

  8. Wilayah daratan dan lautan sangatlah luas

  9. Tanahnya sangat subur dengan matahari yang bersinar sepnjang tahun

Selain di dukung dengan SDA (Sumber daya alam yang melimpah dan keanikaragaman budaya. Indonesia juga memiliki SDM (Sumber daya Manusia) yang tidak kalah saing dengan negara-negara maju di dunia. Itu dibuktikan dengan segudang prestasi yang di peroleh anak muda Indonesia di ajang bergengsi Internasional baik di bidang akademik maupun non akademik.

Sebagai pelajar penerus perjuangan bangsa Indonesia yang membaa bangsa ke arah yang lebih baik, kita bisa menciptakan dan meraih prestasi itu dengan cara kalian sendiri yang dapat membanggakan keluarga sekolah dan masyarakat.

Selain itu, di masa media sosial sekarang ini kita sebagai generasi muda seringkali dihadapkan dengan pemberitaan negtif dan menjelek-jelekan satu sama lain. Sehingga kita harus lebih cermat lagi dalam memilih berita yang ada sehingga kita tidak terbawa arus yang menimbulkan perpecahan yang mengancam persatuan dan persatuan bangsa.

Leave a Comment