Organel sel yang merupakan tempat pembangkit energi untuk keperluan sel adalah

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Fungsi mitokondria yang utama adalah menghasilkan energi. Namun, berbagai peran lainnya juga tidak kalah penting untuk membuat tubuh bekerja secara optimal.

08 Apr 2020|Armita Rahardini

Ditinjau olehdr. Karlina Lestari

Mitokondria terdapat dalam sel-sel tubuh

Mengenal apa itu mitokondria

Apa saja fungsi mitokondria?

Fungsi mitokondria menjadi salah satu materi pelajaran biologi di sekolah tingkat atas. Bagian yang terdapat dalam sel-sel tubuh ini memang memiliki aneka fungsi yang sangat penting untuk menjaga kita tetap hidup.

Mengenal apa itu mitokondria

Setiap makhluk hidup terbentuk dari sel-sel tubuh yang mampu mereproduksi diri. Sel ini berukuran sangat kecil, namun memiliki banyak unsur penyusun.Di dalam sel, terletak unsur penyusun yang ukurannya lebih kecil lagi, yaitu organel. Organel-organel melakukan fungsi yang beragam, dan semuanya sangat penting bagi kelangsungan hidup sel.Salah satu organel yang terdapat dalam sel tubuh manusia adalah mitokondria. Memproduksi energi yang dibutuhkan oleh sel tubuh untuk terus hidup termasuk fungsi mitokondria yang paling utama.Untuk menghasilkan energi tersebut, mitokondria membutuhkan asupan oksigen. Jika sampai kekurangan atau tidak mendapatkan oksigen, mitokondria tidak akan bisa bekerja alias tidak bisa menghasilkan energi. Akibatnya, sel tubuh akan rusak atau mati.

Apa saja fungsi mitokondria?

Beberapa fungsi mitokondria yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup tubuh manusia meliputi:Mitokondria mengubah energi kimia yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi menjadi bentuk energi lain, yang mudah digunakan oleh sel tubuh. Proses ini disebut fosforilasi oksidatif.Fosforilasi oksidatif akan menghasilkan adenosine trifosfat (ATP), yaitu satuan molekuler yang memberi energi untuk proses metabolisme. ATP dihasilkan oleh mitokondria dalam sebuah siklus bernama siklus Krebs.Siklus Krebs menghasilkan zat kimiawi yang disebut NADH. Zat ini kemudian digunakan oleh enzim-enzim yang berada dalam membran sel untuk memproduksi ATP.Di dalam molekul ATP tersebut, terdapat simpanan energi dalam bentuk ikatan kimia. Energi ini digunakan dengan cara memutus ikatan kimia ini.Salah satu proses penting dalam keberlangsungan hidup tubuh manusia adalah kematian sel atau apoptosis. Sel-sel tubuh yang sudah menua atau rusak harus dihancurkan dan dibuang dari tubuh.Di situlah, fungsi mitokondria berperan penting. Organel ini akan menentukan dan mengatur sel-sel tubuh yang harus dihancurkan.Mitokondria mengatur kematian sel dengan menghasilkan sitokrom C. Zat ini akan mengaktifkan caspase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk menghancurkan sel dalam proses apoptosis.Proses apoptosis sangat penting untuk menjaga keseimbangan jumlah sel-sel normal dalam jaringan tubuh, sehingga tubuh kita dapat berfungsi dengan normal.Kalsium merupakan salah satu unsur penting dalam proses-proses selular di tubuh kita. Pelepasan kalsium ke dalam sel akan memicu sel saraf atau sel endokrin untuk menghasilkan neurotransmiter.Kalsium juga berperan penting dalam proses pembekuan darah, proses pembuahan, pembentukan sel tulang, dan fungsi-fungsi otot.Begitu penting peran kalsium bagi tubuh sehingga sel-sel tubuh mengatur penggunaannya secara ketat. Dalam hal ini, fungsi mitokondria adalah menyerap ion-ion kalsium dan menyimpannya sampai dibutuhkan dalam proses selular.Salah satu cara tubuh untuk menghasilkan panas saat kedinginan adalah dengan menggunakan jaringan lemak yang disebut lemak cokelat.Lemak cokelat paling banyak terdapat dalam tubuh bayi karena bayi masih sangat rentan terhadap udara dingin. Jumlah lemak ini akan makin berkurang dalam tubuh seiring dengan pertambahan usia.Saat kita kedinginan, mitokondria menghasilkan panas tubuh dari lemak cokelat sehingga badan tidak sampai menggigil. Organel ini akan membocorkan proton agar bisa menghasilkan panas.Saking pentingnya fungsi mitokondria, kelainan atau gangguan pada organel ini akan berdampak pada munculnya penyakit atau kelainan tubuh. Sayangnya, DNA pada mitokondria termasuk yang paling rentan rusak.Menurut ahli, kerentanan mitokondria tersebut disebabkan oleh radikal bebas yang berefek merusak sel. Radikal bebas juga dihasilkan dalam proses sintesis ATP.Selain itu, gangguan pada mitokondria juga bisa muncul karena mutasi DNA yang diturunkan maupun terjadi secara spontan.makanan peningkat kalsiumsuhu tubuh

Cambridge MRC. http://www.mrc-mbu.cam.ac.uk/what-are-mitochondria
Diakses pada 8 April 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320875
Diakses pada 8 April 2020

Mineral adalah elemen penting untuk fungsi otak dan jantung manusia. Tak hanya itu, mineral juga berperan dalam produksi hormon dan enzim. Makanan yang mengandung mineral bisa diperoleh dari kacang-kacangan, hewan laut, kubis-kubisan, telur, dan banyak lagi.

11 Okt 2020|Azelia Trifiana

Ada berbagai jenis termometer yang beredar di pasaran yaitu, termometer air raksa, termometer digital, termometer digital khusus telinga, dan termometer digital dahi. Cara menggunakan termometer berbeda-beda.

09 Okt 2019|Annisa Amalia Ikhsania

kalsium untuk ibu menyusui adalah nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Kenali berapa kebutuhan kalsium busui perharinya, manfaat kalsium dan sumber terbaiknya ini.

Dijawab Oleh dr. Aisyah Nur Ramadhani

Dijawab Oleh dr. Ester Agustina

Dijawab Oleh dr. Aisyah Nur Ramadhani

Organel sel adalah organ dalam sel yang bekerja untuk membuat sel tetap hidup. Tak hanya pada manusia, organel sel juga ada di tubuh hewan dan juga tumbuhan.

10 May 2020|Nina Hertiwi Putri

Ditinjau olehdr. Reni Utari

Organel sel sama seperti organ dalam di tubuh manusia

Jenis-jenis organel sel pada makhluk hidup

Bisa dibilang, sel adalah bahan baku tubuh kita. Meski dianggap sebagai satuan terkecil dari tubuh, tapi di dalam sel masih terdapat organel sel. Ibaratnya, organel sel adalah organ dalam sel yang bekerja untuk membuat sel tetap hidup.Jadi jika di dalam tubuh ada jantung, paru-paru hingga ginjal, maka di dalam sel ada organel-organel seperti mitokondria, ribosom, atau nukleus. Masing-masing organel sel ini memiliki fungsi tersendiri.Sel di tubuh akan selalu mengalami regenerasi. Jadi, sel yang mati akan tergantikan oleh sel baru. Namun, jika dalam satu organ ada terlalu banyak sel yang rusak atau mati, maka fungsi organ tersebut bisa terganggu.

Jenis-jenis organel sel pada makhluk hidup

Seperti jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh atau paru-paru yang mengatur pertukaran udara, organel sel juga memiliki fungsi pentingnya sendiri-sendiri. Misalnya pada nukleus yang berfungsi menyimpan informasi genetik, mitokondria yang berperan dalam pembentukan energi kimia, dan ribosom yang membentuk protein.Organel sel tidak hanya terdapat pada manusia, tapi juga pada sel hewan dan sel tumbuhan. Lebih lanjut, berikut ini jenis-jenis organel sel beserta fungsi dan penjelasan lainnya untuk Anda.

Struktur organel sel secara lengkap

Membran plasma adalah lapisan yang memisahkan sel dari lingkungan di sekitarnya. Lapisan ini juga berfungsi untuk melindungi sel dan sebagai sarana perpindahan keluar masuknya material sel.Di dalam membran plasma, terdapat sitoplasma yang merupakan cairan tempat organel-organel sel yang lain berada. Sitoplasma juga menjadi tempat mayoritas aktivitas sel terjadi.Nukleus adalah inti sel atau pusat komando sel. Kalau di tubuh manusia, inti sel bisa diibaratkan seperti otak. Organel sel ini berfungsi untuk menyimpan DNA sel. Selain itu ia juga memiliki beberapa peran lain seperti mengontrol semua aktivitas yang terjadi di dalam sel termasuk pertumbuhan dan metabolisme sel.Di dalam nukleus, ada bagian kecil yang dinamakan nukleolus. Bagian ini merupakan tempat dari RNA yang berfungsi menyampaikan perintah dari DNA ke seluruh bagian sel.Ribosom adalah pabrik protein yang ada di dalam sel. Protein adalah komponen yang penting yang digunakan oleh sel agar bisa bertahan hidup. Ribosom mengolah atau mensintesis protein berdasarkan instruksi dari RNA.

Gambaran rinci bagian mitokondria

Mitokondria adalah organel sel yang berperan sebagai pusat energi. Di bagian ini, glukosa yang masuk ke tubuh akan diolah menjadi molekul energi, yang dikenal dengan nama adenosine trifosfat atau ATP. ATP inilah yang akan jadi “bahan bakar” sel agar bisa menjalankan semua fungsinya.Retikulum endoplasma (RE) adalah organel sel yang bisa dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu RE kasar dan RE halus. RE kasar berfungsi untuk membantu produksi protein terutama yang akan diekspor ke luar sel sedangkan RE halus berfungsi untuk produksi lipid atau lemak.Jika protein yang berasal dari RE kasar masih memerlukan modifikasi atau pengolahan lanjutan, maka komponen itu akan dipindahkan ke aparatus golgi. Melalui bagian inilah protein kemudian akan diekspor ke luar sel.

Bagian lisosom secara rinci

Lisosom adalah pusat daur ulang sel. Organel sel ini berisi enzim untuk memecah berbagai komponen yang melewati membran sel dan memilah komponen-komponen tersebut agar bisa digunakan ulang.Saat ada asam lemak yang masuk ke dalam sel, komponen ini akan dipecah untuk bisa digunakan. Proses pemecahan ini kemudian menghasilkan sisa-sisa yang harus disingkirkan. Di sinilah peroksisom berperan.Organel sel yang satu ini juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari molekul bernama reactive oxygen species (ROS) yang bisa menghancurkan sel. Dalam kondisi normal, ROS memang akan dihasilkan oleh sel sebagai produk metabolisme.Jumlah ROS yang normal masih bisa dikeluarkan oleh peroksisom. Namun, jika seseorang mengonsumsi obat-obatan terlarang, merokok dan sering terpapar radiasi, jumlah ROS di sel bisa meningkat, sehingga tidak semuanya bisa dikeluarkan dari sel. Akibatnya, kerusakan sel pun terjadi.Sentriol adalah organel sel yang terdapat pada hewan dan jamur. Organel ini berperan dalam proses pembelahan sel, pergerakan kromosom, dan pergerakan sel.

Gambar organel sel tumbuhan secara rinci

Plastida adalah organel sel yang khas pada tumbuhan dan terdiri dari tiga jenis, yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas.Kloroplas merupakan bagian dengan pigmen-pigmen yang digunakan untuk fotosintesis, yaitu klorofil atau zat hijau daun dan karotenoid atau zat warna kuning atau oranye pada daun.Kromoplas adalah jenis plastida yang tidak mengandung klorofil. Biasanya, bagian ini berwarna kuning, merah, oranye, atau cokelat. Pada bunga, kromoplas berfungsi memberikan warna yang menarik agar serangga mau mampir untuk membantu penyerbukan.Berbeda dari kloroplas dan kromoplas, leukoplas tidak mengandung zat warna sama sekali. Bagian ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, sepert zat pati (karbohidrat). Organel ini hanya terdapat di bagian tumbuhan yang tidak terkena cahaya seperti akar dan umbi.Vakuola juga merupakan organel sel yang khas terdapat pada tumbuhan. Vakuola berisi cairan dan di dalam cairan tersebut, terdapat mineral, gula, asam, maupun bahan-bahan lain yang dibutuhkan oleh sel.Satu lagi organel sel yang khas pada tumbuhan adalah dinding sel. Bagian ini berada di bagian luar membran sel. Dinding sel berfungsi untuk mencegah sel menyerap terlalu banyak air.Sitoskeleton adalah serat-serat protein di sitoplasma yang berfungsi untuk mengatur pergerakan dan stabilitas sel. Organel ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu mikrotubulus, intermediate filamen dan mikrofilamen.

Baca Juga

Fungsi Tulang Betis alias Fibula Serta Bagian-bagiannyaPolidaktili Adalah Kelainan yang Membuat Seseorang Memiliki Jari Tambahan di Tangan atau KakiMengenal Fungsi Tulang Pengumpil, Saudara Tulang HastaMeski berukuran kecil, sel dan organel-organel yang ada di dalamnya bisa menjalankan fungsi yang rumit dan spesifik. Tanpa sel yang sehat, berbagai fungsi organ penting yang terdapat di tubuh manusia maupun makhluk hidup yang lain tidak akan berjalan dengan baik.kelainan genetikasel darahfungsi organ

Britannica. https://www.britannica.com/list/6-cell-organelles
Diakses pada 27 April 2020
Khan Academy. https://www.khanacademy.org/test-prep/mcat/cells/eukaryotic-cells/a/organelles-article
Diakses pada 27 April 2020
National Human Genome Researche Institute. https://www.genome.gov/genetics-glossary/Organelle
diakses pada 27 April 2020
Ferdinand P. Fictor, Ariebowo Moekti. 2009. Praktis Belajar Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.Washington University in St. Louis. http://www.nslc.wustl.edu/courses/bio101/cruz/Organelles/Organelle.htm
Diakses pada 27 April 2020

Faring atau tenggorokan membentang dari bawah tengkorak sampai ke tulang rawan krikoid yang berada di trakea. Tahukah Anda bahwa fungsi faring tidak hanya sebagai jalur untuk udara, makanan, dan air, tetapi juga membantu proses berbicara.

Sistem peredaran darah besar memompa darah ke seluruh tubuh dari bilik kiri jantung, sedangkan sistem peredaran darah kecil mengalirkan darah ke paru-paru dari bilik kanan jantung.

27 Jun 2019|Dina Rahmawati

Hati tersusun atas bagian-bagian yang masing-masingnya memiliki fungsi penting untuk menunjang kerja organ vital ini. Sebagai organ terbesar kedua setelah kulit, hati terbagi atas beberapa bagian seperti lobus, ligamen, kapsul pelapis, hingga sistem pembuluh darah tersendiri.

26 Mei 2020|Nina Hertiwi Putri

Dijawab Oleh dr. Elsinda Eka Sari

Dijawab Oleh dr. Adhi Pasha Dwitama

Dijawab Oleh dr. Sylvia V

Leave a Comment