Pemain yang bertugas melakukan rebound dan biasanya mempunyai postur

Basket adalah permainan yang membutuhkan kecepatan, kelincahan dan ketepatan (anaerob) tapi juga kecepatan dalam berpikir (cerdas), mempunyai power, mental yang kuat dan juga mengerti dasar-dasar dalam permainan bola basket .Tidak ada jaminan dimanapun yang akan membuat sesorang menjadi pemain basket yang lebih baik terkecuali ia meluangkan sedikit waktunya untuk memahami dasar-dasar permainan ( Falsafah & Fundamental), serta Peraturan Permainannya. Sebelum kita dapat bermain basket, kita harus mengetahui hal yang paling mendasar dari pemainan bola basket dengan dapat menentukan Tugas, Fungsi dan Posisi kita dalam bermain agar dapat bermain maksimal sesuai dengan karakter kita nantinya. Dalam basket ada beberapa posisi pemain yang seringkali disesuaikan dengan Skill dan juga Postur Tubuh. Tugas, Fungsi dan Posisi akan selalu berubah tergantung keadaan Tim ( Defense dan Offense ), perubahan ini sangat cepat terjadi di lapangan

Bagi mereka yang mempunyai postur tubuh tinggi biasanya akan menempati posisi Center. Tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, paling tidak ini dilihat dari tim itu sendiri. Orang yang mempunyai postur tubuh tinggi di dalam timnya atau paling tidak lebih tinggi dibanding rekan setimnya akan menempati posisi ini. Sedangkan bagi mereka yang mempunyai postur badan lebih kecil dan biasanya didukung oleh kemampuan dribbling atau membawa bola yang baik akan menempati posisi Guard.


Guard Posisi ini lebih sering berada di luar key hole atau perimeter area. Kebanyakan tim menempatkan pemain mereka yang plaing kecil dan paling cepat untuk posisi ini.Guard lebih sedikit beradu kontak fisik dengan pemain lawan dibandingkan dengan posisi forward dan center.Posisi guard sendiri terdiri dari dua macam; Point Guard dan Shooting Guard.

Point guard Bertugas mengatur permainan dengan mengatur strategi yang akan diterapkan dengan menerapkan pola-pola permainan yang telah dipelajari oleh timnya. Walaupun handling bola penting pada posisi manapun, namun banyak yang percaya yang mempunyai kemampuan dribble paling baik akan cocok menempati posisi ini. Point guard mengatura serangan dan biasanya mempunyai tipikal melakukan passing yang pertama, jadi akurasi dana passing yang tepat adalah kunci dari kesuksesan pada posisi ini. Point guard seharusnya menjadi yang terdepan dalam memberikan assist di dalam timya.


Shooting guard/small forward Shooting guard, tergantung dari strategi serangannya, akan menjadi pemain yang membantu bola mengalir dalam serangan, tapi pemain ini juga menjadi penembak utama, dan juga dapat melakukan drive ke dalam. Mereka juga dapat merangkap menjadi small forward, dan diharapkan dapat membuat screen dan mempunyai kemampuan rebound yang baik. ForwardKebanyakan forward mempunyai postur badan yang lebih besar dan lebih kuat dibandingkan posisi guard dan tentu saja mempunyai kemampuan rebound yang lebih baik dibandingkan guard posisi ini kadang disebut juga dengan strong forward. Seorang forward harus dapat melihat posisi kosong di dekat key hole untuk melakukan penetrasi ke dalam, yang kemudian diharapkan dapat menerima passing lalu dilanjutkan dengan drive ke dalam. Forward biasanya memiliki postur tinggi dan kuat, tugas utama mereka adalah melakukan rebound dan bekerja di oaint area. Forward diharuskan memiliki kemampuan menembak medium yang baik. Tembakan mereka akan lebih banyak berada di dekat ring atau sekitar paint area. Forward adalah salah satu posisi penting dalam permainan basket.


Center Sering juga disebut big man dalam permainan basket. Biasanya mereka pemain yang paling tinggi dan paling besar dalam permainan. Pemain ini bertanggung jawab dalam melakukan rebound dan bermain di area key hole, center harus dapat memperjuangkan rebound dan bermain di bawah ring.


Demikian posisi-posisi yang ada dalam bermain basket, dengan dasar ini diharapkan kita dapat mengetahui posisi kita dalam bermain dan menjadi lebih baik lagi dalam bermain basket.

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Guard
  2. Forward
  3. Center
  4. Pull back

Jawaban terbaik adalah B. Forward.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝Pemain yang berfungsi atau bertugas melakukan rebound dan biasanya mempunyai postur tubuh yang tinggi dan besar, dalam permainan basket dinamakan ❞ Adalah B. Forward.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Latihan menembak sambil melayang dalam permainan bola basket disebut …. dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah.
Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Lihat Foto

Dok. NBA Academy

Derrick Michael Xzavierro (kiri) berduel dengan pemain naturalisasi Lester Prosper pada Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) timnas bola basket senior, 2020.

KOMPAS.com – Dalam permainan bola basket, tim yang mampu menguasai rebound akan dapat menguasai permainan, pemain yang bertugas melakukan rebound adalah pemain pada posisi center atau Big Man.

Center atau Big Man adalah pemain yan posturnya paling tinggi dan besar di dalam timnya.

Namun sebelum itu, apa yang dimaksud dengan rebound pada bola basket?

Pengertian Rebound

Dikutip dari e-modul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X (2019) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pengertian rebound adalah gerakan mengambil bola yang gagal masuk ke dalam ring.

Baca juga: Cara Menghitung Poin dalam Bola Basket

Lebih jelasnya, rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket di mana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain.

Berdasarkan pengertian tersebut, pemain yang bertugas melakukan rebound sepatutnya memiliki postur tinggi dan besar serta lompatan yang tinggi.

Karena rebound lebih efektif untuk orang yang bertubuh lebih tinggi dan yang lebih dekat dengan ring basket.

Penguasaan terhadap teknik ini mempunyai peranan yang penting dalam permainan bola basket.

Baca juga: Apa Itu Spin Dribble dalam Bola Basket?

Sebab, melakukan rebound merupakan salah satu kunci utama dan sasaran akhir yang dapat menentukan keberhasilan dalam permainan bola basket.

Pemain Berposisi Center dalam Bola Basket

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemain center adalah pemain yang posturnya paling tinggi dan besar di dalam timnya.

Tugas utamanya adalah melakukan rebound dan bermain di area key hole.

Seorang center harus dapat memperjuangkan rebound dan bermain di bawah ring. Sedangkan pada saat bertahan, pemain ini menjadi pertahanan terakhir.

Dengan posturnya yang tinggi dan besar, center bertugas untuk menghalangi lawan ketika ingin mencetak poin.

Baca juga: Waktu Istirahat dalam Permainan Bola Basket

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Leave a Comment