Rekomendasi tempat makan di semarang

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang tentunya memiliki segudang tempat menarik. Mulai dari kawasan wisata, hingga tempat wisata kuliner. Khusus untuk tempat makan di Semarang ini kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat yang direkomendasikan. Selain makanannya enak dan lezat, tempatnya juga nyaman.

Pastinya kurang lengkap jika berkunjung ke Semarang, tetapi tidak mencicipi kuliner yang ada. Padahal, Semarang memiliki beragam kuliner legendaris yang cita rasanya terjaga hingga puluhan tahun. Tempat makan di Semarang juga memiliki suasana yang nyaman dan cocok dikunjungi bersama dengan keluarga, teman, atau orang terkasih. Kuliner di Semarang juga tidak hanya lumpia atau nasi goreng babat saja, ada beberapa pilihan makanan lain yang tidak kalah lezat. Masing-masing terhidang di berbagai rumah makan berikut ini:

1. Restoran Kampung Laut

(Semarangarea)

Restoran Kampung Laut ada di pesisir laut Semarang. Alamat lengkapnya ada di Puri Maerokoco Tawang Mas, JL. Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Semarang Barat. Aneka hidangan laut yang tersedia di rumah makan ini bisa kamu pesan mulai dari harga 20 ribu saja. Bahan-bahannya yang segar menambah kelezatan masakan yang terhidang.

Karena berada di pinggir laut, suasana sejuk khas pesisir bisa kamu rasakan di sini. Kamu juga bisa makan dengan lesehan dengan pemandangan laut di depan mata. Tersedia pula arena bermain anak yang bisa digunakan secara gratis. Untuk menikmati suasana yang lebih romantis, sebaiknya datang pada senja hari. Pemandangan matahari terbenam yang cantik pastinya sayang untuk dilewatkan.

2. Pesta Keboen Restoran

(Semarangarea)

Konsep dari tempat makan di Semarang ini adalah vintage. Di dalam restorannya terdapat berbagai macam barang antik dan unik zaman dahulu yang digunakan sebagai pajangan. Pesta Keboen Restoran bisa kamu gunakan sebagai tempat bersantai bersama dengan teman-teman sambil makan aneka kudapan ataupun makanan berat. Uniknya lagi dari tempat ini adalah nama-nama menu ditulis dengan ejaan lama.

Harga yang ditawarkan mulai dari 15 ribu sampai 50 ribu saja. Lokasinya berada di JL. Veteran Nomor 29, Lempongsari, Semarang. Buka mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam.

Rumah Makan Selera Indonesia

(Tripadvisor)

Kalau kamu memilih tempat makan yang menyajikan menu prasmanan, Rumah Makan Selera Indonesia bisa menjadi salah satu pilihannya. Suasananya yang nyaman juga mendukung saat bersantap berbagai menu nikmat yang tersaji. Citra dari rumah makan ini juga semakin naik karena kerap disinggahi oleh berbagai public figure tanah air. Buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB, Rumah Makan Selera Indonesia beralamat di JL. Sultan Agung No. 117, Gajahmungkur, Semarang.

Menu yang tersedia di sini kebanyakan merupakan menu makanan khas Jawa yang bisa kamu ambil langsung sesuai selera. Rekomendasi makanan yang bisa kamu ganyang ada sambal tumpang, nasi merah, dan bakwan. Paduan rasa lauk dan sayurnya terasa menyatu dan nikmat di mulut. Masalah harga, tergantung dari lauk yang diambil.

(Tripadvisor)

Kedai Koenokoeni juga mengusung konsep jadul. Tidak hanya dari bangunan, dekorasi, dan penamaannya saja, tetapi juga dari menu makanannya yang ikut-ikutan jadul. Kesan tempo dulu begitu terasa karena banyak koleksi dan pajangan yang terdiri dari berbagai macam barang lama, seperti kamera, telepon, radio, hingga motor.

Menu makanan yang tersedia di tempat makan di Semarang ini kebanyakan memang makanan khas Jawa. Namun, ada juga beberapa menu ala barat yang patut untuk dicoba. Lokasinya berada di JL. Tabanan No. 4, Tegalsari, Candisari, Semarang. Kisaran harganya mulai dari 20 ribu sampai 200 ribu. Jam bukanya sendiri mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

5. Nglaras Rasa

(Tripadvisor)

Dari nama tempatnya saja sudah mengidentikkan diri sebagai nama resto Jawa. Namun, tidak hanya menu masakan Jawa saja yang bisa kamu temukan di Nglaras Rasa. Berbagai macam menu khas Indonesia lainnya yang autentik dan lezat juga bisa ditemukan di sini, termasuk beberapa menu yang hampir tidak pernah diketahui orang lain. 

Berada di JL. MH Thamrin No. 126-128, Miroto, Semarang Tengah, buka dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Pengunjung yang datang selalu ramai, jadi usahakan datang lebih awal bila tidak mau kehabisan berbagai menu masakan dan minuman yang unik dan nikmat di Nglaras Rasa. Menu makanan yang ada juga tersedia dalam menu paket dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari 5 ribu saja.

6. Kedai Gula Jawa

(Facebook/Kedai Gula Jawa)

Kedai Gula Jawa bisa dibilang menjadi salah satu restoran favorit warga Semarang. Hal ini bukan tanpa sebab, Kedai Gula Jawa menjadi favorit karena makanannya yang lezat dan tempatnya yang nyaman. Tersedia pilihan menu ala western dan Jawa dengan cita rasa yang khas dan autentik, beragam menu masakan yang ada dibanderol mulai dari 20 ribu saja.

Ajak teman, keluarga, atau kekasih untuk makan di Kedai Gula Jawa untuk merayakan momen spesial atau sebatas menghabiskan waktu bersama saja. Lokasinya ada di JL. Singosari Raya No. 49, Pleburan, Semarang Selatan. Buka dari jam 7 pagi hingga 11 malam. Untuk hari Sabtu, restoran tutup pukul 12 malam.

7. Delman Resto

(Seputar Semarang)

Berlokasi di wilayah Semarang Barat, Delman Resto berada di JL. Simongan No. 22 A, Ngemplak Simongan, Semarang Barat. Ada tom yum hingga ikan bakar nikmat yang menjadi salah satu menu andalan di Delman Resto. Harganya sendiri mulai dari 15 ribuan saja.

Tempatnya cukup luas dan memiliki suasana yang asri, pas jika dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama orang-orang terdekat, terutama pada akhir pekan. Delman Resto buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam. Kalau ingin datang berkunjung, sebaiknya jangan terlalu larut agar suasana tidak terlalu ramai.

8. Ikan Bakar Cianjur

(Travelingyuk)

Sepertinya rumah makan dengan nama Ikan Bakar Cianjur bisa ditemukan di mana-mana. Menu ikan bakar memang menjadi salah satu masakan khas dari Cianjur yang menggugah selera, tidak heran jika restoran dengan menu tersebut tersebar di mana-mana hingga ke Semarang.

Ada dua tempat makan di Semarang dengan nama Ikan Bakar Cianjur. Satu di JL. Teuku Umar No. 8, Jatingaleh, Candisari, Semarang dan satunya lagi di JL. Letjen Suprapto No. 19, Purwodinatan, Semarang Tengah atau dekat Kota Lama Semarang. Kedua rumah makan menyajikan menu aneka olahan ikan dan masakan Indonesia lainnya. Harganya sendiri sekitar 20 ribu hingga 200 ribu.

9. Ayam Goreng Kampung Kali

(Trip)

Setelah mencoba berbagai macam olahan ikan dan makanan laut, kamu juga harus mencicipi olahan ayam goreng. Kamu bisa ke Ayam Goreng Kampung Kali yang kelezatannya sudah tersohor. Berada di JL. Mayjen D.I. Panjaitan No. 45, Miroto, Semarang. Berbagai menu khas Indonesia yang nikmat bisa kamu temukan di sini. Ayam gorengnya tentu yang paling juara karena teksturnya renyah dan rasanya enak, apalagi jika dimakan berbarengan dengan lalap dan sambal.

Harga menunya sendiri sekitar 25 ribu saja. Ayam yang dipesan bisa kamu pilih pengolahannya sesuai selera, bisa digoreng kremes, dipenyet, atau dibakar. Selain ayam, ada juga bebek dan beragam olahan hidangan lain yang juga lezat. Ayam Goreng Kampung Kali mulai buka pada jam 10 pagi sampai 10 malam. Hindari datang pada jam makan siang karena kedai akan penuh dan ramai.

10. Ayam Bakar Primarasa

(Daftar Harga & Tarif)

Selain Ayam Goreng Kampung Kali, ada rumah makan Ayam Bakar Primarasa yang juga spesialis dalam menyajikan menu olahan ayam. Berlokasi di JL. Gajahmada No. 99 D, Miroto, Semarang Tengah, warung makan mulai buka dari jam 7 pagi sampai 10 malam. Pengunjungnya selalu ramai, apalagi bila akhir pekan.

Ayam Bakar Primarasa tidak hanya diminati oleh wisatawan saja, masyarakat sekitar juga banyak yang memfavoritkan menu ayam bakar di sini sebagai salah satu menu terbaik. Harganya juga terjangkau, mulai dari 10 ribu saja

11. Selasih Indonesian Restaurant

(Ranggawisata)

Ingin makan masakan khas Indonesia dengan suasana yang lebih fancy? Selasih Indonesian Restaurant bisa menjadi pilihannya. Tempat makan di Semarang ini menyajikan menu-menu Nusantara, seperti sambal matah Bali sampai ayam woku Manado. Tempatnya yang luas dan nyaman serta cantik ini sangat pas bila dijadikan sebagai tempat berkencan bersama pasangan atau kumpul keluarga.

Menu yang ditawarkan mulai dari 20 ribu sampai 80 ribu. Ada juga menu paket dengan harga lebih terjangkau. Alamatnya sendiri berada di JL. Sultan Agung No. 81, Gajahmungkur, Semarang dan buka dari jam 7 pagi sampai 9 malam.

12. Lind’s Ice Cream & Resto

(Tripadvisor)

Puas makan makanan berat kini saatnya berburu pencuci mulut atau dessert. Kamu bisa ke Lind’s Ice Cream & Resto dan memesan es krim yang menyegarkan. Ada di JL. Papandayan No. 99, Gajahmungkur, Semarang dan buka dari jam 11 siang sampai jam 11 malam. Selain menu es krim sebagai pencuci mulut, jika kamu ingin makan makanan berat, resto ini juga menyediakan menu steak dan pasta. Harga yang ditawarkan mulai dari 35 ribu saja.

Nah, apakah siap menjajal berbagai menu makanan nikmat di tempat makan di Semarang di atas? Jangan lupa ajak keluarga atau orang-orang terdekat lainnya supaya kegiatan bersantap lebih menyenangkan.

Cover Credit by Facebook Pemerintah Kota Semarang

Leave a Comment