Sebutkan 4 Keistimewaan kitab suci Al-Quran bagi umat Islam

Ilustrasi keistimewaan Alquran. Foto: Unsplash

Alquran merupakan kitab suci umat Islam. Kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan menjadi penutup sekaligus penyempurna kitab-kitab yang sebelumnya.

Mengutip buku Aneka Keistimewaan Al-Quran oleh Zakiyal Fikri, status Alquran sebagai kitab penutup memiliki tiga makna. Rinciannya, menjadi penutup kitab samawi, mengisyaratkan kesempurnaan syariat Islam, dan menegaskan bahwa Alquran akan akan terus terjaga dari segala jenis pemalsuan.

Allah SWT berfirman, “Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah : 3)

Kesempurnaan Alquran membuatnya menjadi istimewa hingga dapat menjadi pedoman yang menyelematkan manusia dari kesengsaraan dunia dan akhirat. Lantas, apa saja keistimewaan Alquran? Simak ulasan berikut.

Ilustrasi keistimewaan Alquran. Foto: Unsplash

Berbeda dari kitab lainnya, Alquran mengalami proses penurunan sebanyak dua kali. Proses pertama ialah secara sekaligus (jumlah wahidah) dan proses kedua secara bertahap (munajjaman).

Yang pertama, Alquran diturunkan dari Lauh Mahfudz di langit ketujuh (Baitul Izzah). Peristiwa ini tertuang dalam firman Allah yang berbunyi: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil)” (QS. Al-Baqarah : 185)

Mengutip buku Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an oleh Syarbini dan Jamhari, pada proses yang kedua, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad dalam periode di Makkah dan Madinah.

Membaca Alquran merupakan ibadah yang nilai pahalanya sangat besar. Siapa saja yang membaca satu huruf dari ayat Alquran akan mendapat pahala 10 kali lipat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Alquran), maka ia mendapat satu kebaikan, dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim (sebagai satu huruf), tapi alif, lam, dan mim (sebagai satu huruf).” (HR. Bukhari)

3. Lautan Ilmu Tak Bertepi

Salah satu keistimewaan Alquran ialah mengandung ilmu pengetahuan yang luas. Jenis ilmu yang terkandungnya pun bermacam-macam, mulai dari ilmu alam, sosial, kesehatan, hingga ketatanegaraan.

Pada surat Al-Fatihah misalnya, ayat pertama mengisyaratkan ilmu tauhid dan juga memuat ilmu alam pada lafal “al-‘alamin” (seluruh alam semesta). Jika kita menghayati setiap ilmu yang terkandung dalam Alquran, maka insyaAllah akan menjadi orang yang berilmu.

4. Terpelihara Kemurniannya

Kesucian dan kemurnian Alquran terjaga sejak awal diturunkan hingga hari kiamat. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. Al-Hijr : 9)

Satu hal yang membuat Alquran istimewa adalah adanya kekuatan yang disebut Mukjizat Al-Khalidah atau mukjizat abadi. Mukjizat inilah yang membuat Alquran menjadi satu-satunya kitab di dunia yang tak ada keraguan di dalamnya (la raiba fihi), tidak dapat ditandingi (la ya’tuna bimitslihi), dan menjadi petunjuk dari kegelapan (huda lin nas).

Semua sifat-sifat tersebut tak akan sirna, sekalipun banyak yang mengingkarinya dan mencoba menandinginya. Namun, tak satupun makhluk yang sanggup, bahkan gabungan kekuatan manusia dan jin sekalipun. Hal ini tertuang dalam firman-Nya sebagai berikut:

“Dan jika kamu meragukan (Alquran) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah : 23-24)


Page 2

Alquran merupakan pedoman hidup umat manusia. Foto: Https://pixabay.com

Ada berbagai keistimewaan Alquran yang merupakan kitab suci bagi umat Islam. Salah satunya adalah pedoman hidup agar sesuai dengan tuntunan agama yang sumbernya langsung dari Allah.

Lantas, apa sajakah keutamaan dan keistimewaan Alquran bagi umat Islam? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Mengutip buku Mengenal Qira-at al-Qur’an karya Sya’ban Muhammad Ismail (1993), Alquran merupakan pedoman yang abadi untuk kemaslahatan umat manusia,merupakan benteng pertahanan syari’at Islam yang utama serta landasan sentral bagi tegaknya aqidah, ibadah, mu’amalah dan akhlakul karimah. Sebagaimana firman Allah berikut ini:

“Sungguh, al-Quran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus ….” (Q.S. Al-Israa’/17: 9).

Dalam Tafsir al-Maraghi disebutkan:

“Bahwa al-Qur’anul-Karim membimbing penganutnya kepada jalan yang paling lurus, yakni, agama yang benar dan ajaran lempang yang mudah, dengan tonggak-tonggaknya yang tangguh, yaitu tunduk kepada Allah dan tawakkal kepada-Nya.”

Berdasarkan firman Allah di atas, keutamaan dan keistimewaan Alquran bagi umat Islam antara lain:

1. Alquran adalah pedoman hidup

Alquran yang merupakan wahyu dari Allah SWT yang turun kepada Rasulullah SAW melalui Malaikat Jibril. Tidak hanya berupa tulisan tanpa makna, melainkan memiliki makna mendalam, karena Alquran adalah kalamullah yang merupakan bimbingan bagi umat Islam.

2. Alquran tidak hanya mengajarkan hubungan manusia dengan Allah SWT

Alquran yang terdiri dari 30 juz, 114 surat dan 6236 ayat ini tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhan saja, melainkan juga mengatur hubungan manusia dengan manusia, serta hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

3. Membaca dan mendengarkan bacaan Alquran mendapat pahala

Alquran merupakan pedoman hidup bagi umat manusia, sehingga umat seharusnya mengkaji, memahami, dan menghayati sekaligus mengamalkannya dalam segala aspek kehidupan. Di dalam Alquran terkumpul firman Allah yang menjadi pedoman, petunjuk dan pelajaran bagi siapa yang mempercayai serta mengamalkannya.

Membaca Alquran merupakan ibadah dan amalan yang sangat mulia. Dengan membaca Alquran akan mendapat pahala yang berlipat ganda, sebab yang dibacanya merupakan kitab suci Ilahi.

Mendengarkan bacaan Alquran pun akan menjadi amalan shaleh, Firman Allah dalam Alquran segai berikut:

“Dan apabila dibacakan al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah agar kamu mendapat rahmat”. (Q.S. al-A’raaf/ 7: 204)

Mendengarkan bacaan Alquran saja sudah mendapat rahmat dari Allah SWT, apalagi membaca dan mempelajarinya akan mendatangkan kebahagiaan di dunia juga di akhirat. Hal ini jugalah yang menjadikan keistimewaan Alquran bagi umat Islam.

Semoga bermanfaat! (Adelliarosa)

Leave a Comment