Sebutkan apa yang kamu ketahui mengenai perayaan Cap Go Meh

Suara.com – Tahun Baru Imlek tahun ini dirayakan pada tanggal 2 Februari. Biasanya, orang China berdoa dan melaksanakan tradisi turun-temurun yang diyakini membawa berkah sepanjang tahun. Setelah merayakan Tahun Baru Imlek, 15 hari kemudian, mereka akan kembali berkumpul bersama keluarga untuk menyambut Cap Go Meh. Lantas, Cap Go Meh itu apa?

Cap Go Meh adalah hari penutupan perayaan Tahun Baru Imlek. Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkien yang secara harfiah berarti 15 malam atau 15 hari setelah Tahun Baru Imlek. Cap Go Meh itu apa artinya dalam perkata? 

Arti Nama Cap Go Meh per kata

Berdasarkan dialek Hokkien, Cap berarti sepuluh, Go adalah lima, dan Meh adalah malam. Sehingga ini diartikan sebagai malam ke 15 dari hari tahun baru Imlek. Saat Cap Go Meh diadakan festival pada malam hari dan sangat identik dengan upacara pelepasan lentera ke udara, sehingga Cap Go Meh dikenal juga sebagai perayaan lampion. 

Baca Juga: Perayaan Cap Go Meh 2022 Kapan? Catat Tanggalnya dan Ketahui Perbedaanya dengan Tahun Baru Imlek

Makna Perayaan Cap Go Meh

Selain di Indonesia, perayaan Cap Go Meh atau perayaan lampion juga dirayakan di Malaysia dan Singapura. Di China, Festival Cap Go Meh dikenal sebagai Festival Yuanxiao atau Festival Shangyuan.

Cap Go Meh ini merupakan perayaan yang dilakukan untuk menghormati Dewa Yi. Dewa Yi dianggap sebagai dewa tertinggi di langit pada masa pemerintahan Dinasti Han (206 SM-221 M). Cap Go Meh diyakini sebagai simbol melepaskan nasib buruk dan menyambut nasib baik di masa depan. 

Berbeda dengan Tahun Baru Imlek yang dirayakan dengan mengunjungi sebuah kuil untuk mengucapkan doa, selama Cap Go Meh, orang-orang China datang ke kuil membawa persembahan dalam bentuk kue keranjang China dan berdoa untuk memberikan rasa terima kasih mereka dan meminta keselamatan.

Kemudian, dilanjutkan dengan menonton atraksi Barongsai dan Liong di sore hari. Atraksi Barongsai harus dilakukan sambil menyalakan petasan karena petasan diyakini mampu mengeluarkan energi negatif dan akan membersihkan semua lokasi yang dilewati Barongsai.

Baca Juga: Awak Pesawat Antariksa Shenzhou-13 Sampaikan Ucapan Tahun Baru Imlek dari Luar Angkasa, Sampaikan Doa dan Harapan

Tarian barongsai adalah simbol kebahagiaan, sukacita, dan kesejahteraan, sedangkan Liong atau naga dianggap sebagai simbol kekuatan. Menurut kepercayaan komunitas China, kesejahteraan keluarga mereka akan diperpanjang jika anak mereka lahir di Tahun Naga.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

TRIBUNNEWS.COM – Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban tema 3 kelas 5 SD halaman 79, 80, 81, dan 82 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 6.

Buku Tematik Tema 3 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Makanan Sehat.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 2 ini terdapat bacaan cerita yang berjudul Bogor Siap Gelar Cap Go Meh.

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 58 59 60 61 62 63, Subtema 2 Pembelajaran 3: Adat Istiadat

Kunci Jawaban Halaman 79 – 82

Ayo Membaca

Tak ada yang melebihi kekuatan rakyat saat bersatu. Persatuan dapat terwujud dalam suasana rukun dan damai.

Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan dalam bacaan!

Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.

Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.

Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan.

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan informasi dari bacaan!

1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?

Jawaban:

Perayaan Cap Go Meh adalah Pesta Rakyat untuk mengakhiri perayaan Imlek.

2. Atraksi apa sajakah yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor?

Jawaban:

Perayaan Cap Go Meh di Bogor dimeriahkan oleh atraksi penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Kemudian ada bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.

3. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas tentang keberagaman?

Jawaban:

Keberagaman adalah bersatunya beragam budaya, etnis, agama, ras, dan antargolongan dalam sebuah fetival.

4. Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat? Berikan pendapatmu.

Jawaban:

Manfaat keberagaman dalam suatu masyarakat diantaranya kita bisa saling menghormati perbedaan agama, suku, status sosial serta memupuk rasa persatuan bangsa.

Ayo Berlatih

Bentuklah satu kelompok yang terdiri atas empat siswa. Buatlah sebuah buku kecil atau buklet berisi kegiatan yang memperlihatkan keberagaman sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat.

Buklet Keberagaman

Kalian dapat mencari informasi dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian juga bisa melakukan wawancara dengan guru atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi tentang segala aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari segala kalangan.

Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua untuk membuat buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar aktivitas yang dimaksud.

Pada kegiatan sebelumnya, kita mencoba untuk melakukan gerak tari sederhana, yakni tarian Kancet Papatai dari Kalimantan Timur. Apa yang tengah kita lakukan merupakan sebuah bentuk yang mendukung keberagaman budaya. Dengan menarikan tarian daerah sendiri dan juga daerah lain, kita sudah mendukung pelestarian budaya Indonesia. Budaya Indonesia adalah milik kita bersama.

Cobalah untuk kembali melatih gerakan tarianmu. Lakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Tunjukkan tarian kelompokmu di depan kelas. Berikan masukan saran atau pendapat saat melihat penampilan kelompok lain.

• Apakah kamu berasal dari suku bangsa atau adat istiadat yang sama dengan tarian yang kamu bawakan?

Jawaban:

Tari Kancet Papatai berasal dari suku Dayak di Kalimantan Timur, sedangkan saya berasal dari suku jawa.

• Apa yang kamu rasakan saat berhasil menguasai tarian daerah milik daerah yang tidak sama dengan daerahmu?

Jawaban:

Saat saya berhasil menguasai tarian daerah milik daerah yang tidak sama dengan daerahku saya merasa sangat senang karena bisa mengenal tarian daerah lain.

• Maukah kamu mempertunjukkan tarian daerah lain di hadapan kedua orang tuamu? Jelaskan.

Jawaban:

Mau, sebagai bukti saya ingin melestarikan dan mengenal kekayaan budaya Indonesia.

Beni dan Siti bercakap-cakap tentang Festival Cap Go Meh yang dibahas pada kegiatan sebelumnya.

Bersama teman sebangkumu, bacalah teks percakapan Beni dan Siti secara bergantian

Beni: “Aku tidak menyangka bahwa Festival Cap Go Meh di Bogor menarik begitu banyak perhatian masyarakat.

Siti: “Iya, dari yang aku baca terdapat sekitar 10 ribu pengisi acara dan akan diliput oleh banyak media cetak dan elektronik yang katanya dinikmati oleh sekitar 30 juta penonton dan pembaca!”

Beni: “Banyak sekali. Bayangkan saja betapa banyaknya penonton televisi, ya.

Siti: “Itulah mengapa banyak sekali iklan yang ditayangkan di sebuah televisi karena jumlah penonton yang amat banyak.”

Beni: “Aku masih teringat dengan tugas mencari kata kunci dalam iklan. Dalam waktu semalam saja, terdapat lebih dari sepuluh jenis iklan.”

Siti: “Pada tugas yang lalu, aku memilih kata kunci yang isinya mengajak dan menarik para penonton.”

Dalam kelompok yang berisikan empat siswa, diskusikanlah kesimpulan tentang ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat dalam iklan.

Jawaban:

– Kata kunci tercantum dalam judul iklan

– Kata kunci dapat diungkapkan melalui gambar

– Kata kunci iklan harus menggunakan kata yang menarik perhatian, baik pembaca, pendengar, atau pemirsa.

• Masih dalam kelompok, buatlah sebuah peta pikiran tentang perbedaan dan persamaan kata kunci iklan media cetak dan iklan media elektronik. Gunakan kertas gambar A 4 dan pastikan peta pikiranmu menarik.

Jawaban:

Perbedaan kata kunci iklan media cetak dan iklan media elektronik:

Iklan Media Cetak

– Bahasa iklan cenderung formal

– Ukuran kata kunci menyesuaikan halaman iklan

– Terdapat gambar yang menjelaskan iklan secara rinci

Iklan Media Elektronik

– Menggunakan bahasa tidak formal

– Kata-kata iklan dibatasi detik atau durasi

– Bahasa yang digunakan singkat, padat

Persamaan kata kunci: Menggunakan kata kunci yang bertujuan menarik konsumen.

• Tuliskan pula contoh-contoh kata kunci iklan elektronik yang kamu ketahui, misalnya hemat, wangi, tahan lama, dan sebagainya.

Jawaban:

Judul iklan-1: SaniterKata kunci iklan:1) Sanitizer2) Mengandung alkohol dan Benzolkorium chloride

3) Kuman pasti hilang

Judul iklan-2: Kecap BangoKata kunci iklan:1) Kedelai hitam2) Kecap3) Melezatkan makanan

4) Rasa

Ayo Renungkan

Selama seminggu ini, banyak aktivitas pembelajaran yang telah kamu lakukan. Buatlah tabel yang terdiri atas dua kolom. Tuliskan hal-hal yang menarik dalam seminggu pada kolom pertama dan hal-hal yang kurang menarik pada kolom kedua.Tuliskan idemu untuk membuat hal-hal yang kurang menarik menjadi lebih menarik.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, buatlah ringkasan singkat tentang hal-hal besar yang telah kamu pelajari dalam minggu ini. Gunakan ringkasan tersebut untuk membantumu mengingat kembali apa yang telah kamu pelajari sebelumnya.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

(Tribunnews.com/Nadya)

Berita lain terkait buku tematik.

Leave a Comment