Sebutkan dan jelaskan struktur dalam teks petunjuk atau cara membuat atau melakukan sesuatu

Merdeka.com – Sebelum menggunakan perangkat elektronik baru, beberapa orang mungkin suka membaca tata cara menggunakannya. Atau ketika ingin membuat minuman sachet, Anda mungkin akan melihat ke belakang kemasannya untuk melihat petunjuk cara membuatnya.

Teks yang menunjukkan tata cara penggunaan atau cara membuat sesuatu disebut juga dengan teks prosedur. Setelah mengetahui contohnya, Anda mungkin sudah memiliki pandangan tentang apa pengertian teks prosedur.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata prosedur sendiri memiliki arti tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Jadi, pengertian teks prosedur adalah jenis teks yang berisi tahapan untuk menyelesaikan sesuatu.

Teks prosedur bertujuan untuk membantu memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat. Kita sudah sering menemukan teks prosedur ini dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang tercantum di belakang minuman sachet. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang teks prosedur.

2 dari 3 halaman

Pengertian teks prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

Sesuai dengan pengertian teks prosedur tersebut, teks ini memiliki sejumlah ciri-ciri khusus. Ciri inilah yang akhirnya membuat teks prosedur berbeda dengan jenis teks lainnya. Dari laman penerbitdeepublish.com, ciri-ciri dari teks jenis prosedur yaitu:

Menggunakan Kalimat Perintah

Teks prosedur menggunakan kalimat perintah, atau bisa juga diartikan teks menggunakan kalimat larangan dan anjuran. Di dalam teks tersebut Anda akan menemukan kata imbauan atau perintah Seperti kata “tambahkan”, “aduk perlahan”, “campurkan”, dan kata lain sebagainya. Kata-kata tersebut membuat pembaca seolah-olah diperintahkan untuk melakukan apa yang disampaikan.

Berisi Panduan

Dalam teks prosedur, terdapat panduan atau langkah-langkah dan tahap dalam melakukan atau menggunakan sesuatu. Misalnya pada keterangan penggunaan toner. Biasanya terdapat teks prosedur yang mencantumkan detail perawatan sebelum toner diaplikasikan.

Menggunakan Kata Kerja Aktif

Teks prosedur menggunakan kata kerja aktif, yang seolah-olah dilakukan secara langsung oleh pembaca. Karena teks jenis prosedur berisi tahapan yang perlu dilakukan oleh pembaca, maka di dalamnya Anda tidak akan menemukan kata kerja pasif, melainkan aktif.

Menggunakan Konjungsi

Mengingat isi dari teks prosedur adalah tahapan untuk merangkai sesuatu, maka di dalamnya juga berisi poin-poin yang menjelaskan setiap tahapan dari awal sampai akhir. Jadi Anda akan banyak menemukan kata penghubung antara satu tahapan ke tahapan lainnya. Kata “kemudian”, “lalu”, “selanjutnya”, “berikutnya”, dan lain sebagainya adalah konjungsi yang sering Anda temukan dalam teks prosedur.

Ada Aturan Khusus

Dalam teks prosedur, terdapat aturan khusus dan aturan tambahan yang berkaitan dengan bahan maupun kegiatan yang disampaikan di dalam teks. Saat membaca detail teks ini, Anda akan menemukan beberapa aturan, misalnya pada prosedur memasak mie instan, akan ada aturan terkait takaran air, takaran besar kecilnya api kompor, dan lain-lain.

Terdapat Urutan Kegiatan

Dalam teks prosedur, terdapat urutan kegiatan yang disusun secara sistematis. Untuk memudahkan pembaca memahami urutan kegiatan, maka penulis menggunakan poin-poin atau penomoran. Penyusunan teks secara sistematis bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mempraktekkan tahapan dan juga untuk mengurangi terjadinya kesalahan.

3 dari 3 halaman

Tujuan

Dilansir dari bola.com, struktur tujuan yang ada di dalam teks prosedur cukup beragam, contoh yang paling sering dijumpai yaitu pengantar topik. Tak hanya itu, bisa saja tujuan tersebut berisi alasan mengapa teks prosedur tersebut di buat. Hal ini berarti, tujuan merupakan hasil akhir yang didapat jika mengikuti pedoman langkah-langkah yang ada di dalam teks prosedur tersebut.

Langkah-langkah

Pada bagian langkah-langkah menerangkan tentang proses dari tahapan maupun langkah yang wajib untuk dilaksanakan demi memperoleh hasil yang lebih maksimal sesuai tujuan pembuatan teks prosedur. Pada bagian ini, langkah-langkah wajib disusun secara berurutan, sebab nantinya akan membahas dari tahapan nol sampai hasil pencapaian.

Penegasan ulang

Untuk penegasan ulang berupa harapan atau manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur sederhana

Pengertian teks prosedur sederhana adalah teks yang isinya hanya terdapat dua atau tiga langkah petunjuk saja. Jadi teks ini sangat singkat dan hanya menyajikan bagian yang dianggap benar-benar penting. Contohnya tata cara atau petunjuk mengoperasikan setrika.

Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks adalah teks yang terdiri dari berbagai langkah dan jenjang pada tahapannya. Teks ini bahkan sering memiliki sub-langkah untuk memperjelas petunjuk atau arahan. Selain itu, petunjuk yang disajikan sangat detail sehingga lebih mudah dipahami dan langsung diikuti.

Teks Prosedur Protokol

Pengertian teks prosedur protokol adalah teks prosedur yang langkah-langkahnya sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam pembuatan sup, orang yang memasak bebas memilih apakah akan memotong kentang atau wortel terlebih dahulu, karena nantinya bahan-bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kuah sup secara bersamaan.

Sobat, pernahkah kalian membaca penjelasan atau keterangan dari sebuah produk untuk mengetahui langkah-langkah penggunaannya? Contohnya, kalian baru membeli mesin cuci. Pasti kalian baca-baca terlebih dahulu petunjuk penggunaannya, kan? Nah, teks yang dibaca itu namanya teks prosedur, Sobat.

Teks prosedur adalah teks yang isinya petunjuk untuk ngelakuin sesuatu, termasuk urutan langkah-langkah yang perlu dilakukan, supaya tujuan yang diinginkan tercapai. Nah, biar Sobat lebih paham, simak artikel ini dengan seksama, ya!

Pengertian Teks Prosedur

Apa itu teks prosedur? Teks Prosedur adalah teks yang memuat cara untuk melakukan sesuatu secara tepat, berupa runtutan langkah demi langkah, sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Minarni Try Astuti dalam bukunya yang berjudul Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) menjelaskan bahwa teks prosedur merupakan teks yang berisi arahan atau langkah demi langkah yang memberikan instruksi untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “prosedur” diartikan sebagai tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Teks prosedur memiliki ciri khas yang membedakannya dengan teks lain. Sobat sudah tahu ciri-ciri teks prosedur? Yuk, simak lanjutannya.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri teks prosedur yang dapat membedakannya dengan teks lain, diantaranya:
1. Menggunakan kalimat imperatif/perintah
2. Terdapat panduan yang harus dilakukan
3. Menggunakan kata kerja aktif
4. Menggunakan konjungsi/kata hubung untuk menunjukkan urutan
5. Terdapat aturan dalam hal bahan atau kegiatan
6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat, dan cara
7. Terdapat penomoran beserta isi kegiatan yang dilakukan secara berurutan
Lalu, gimana cara menyusun teks prosedur yang benar? Nah, pertanyaan itu akan dijawab di bawah ini. Cus, perhatikan dengan baik ya, Sobat!

Struktur Teks Prosedur

Berikut struktur yang terdapat dalam teks prosedur.

Judul

Judul pada teks prosedur dapat diartikan sebagai suatu aktivitas atau kegiatan yang akan dibuat.

Kata pengantar

Kata pengantar merupakan pernyataan pembuka dalam menyampaikan tujuan penulisan teks prosedur.

Bahan dan peralatan

Bahan dan peralatan merupakan rincian bahan dan alat yang akan digunakan dalam proses produksi. Bahan dan peralatan sifatnya boleh ada, namun boleh tidak ada.

Tahapan proses ditulis berurutan

Tahapan atau proses membuat sesuatu harus ditulis secara berurutan dari awal hingga akhir. Sehingga, pembaca dapat memahami untuk kemudian menirukannya. Tidak boleh ada yang terlewat atau tertukar.

Sobat, selain ciri-ciri dan juga struktur, teks prosedur juga memiliki kaidah bahasa, lho. Berikut ini penjelasannya.

Kaidah Bahasa Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki teks kebahasaan sebagai berikut.

Kalimat imperatif/perintah

Kalimat imperatif merupakan kalimat yang berisi perintah, baik untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu (larangan). Kalimat imperatif biasanya ditandai dengan penggunaan partikel –lah. Contoh : gunakanlah!, rebuslah!, dll.

Konjungsi temporal

Dalam teks prosedur banyak dijumpai teks konjungsi temporal atau kata penghubung. Kata konjungsi atau penghubung menunjukkan waktu adanya sebuah kegiatan dan bersifat selanjutnya, kemudian, berikutnya, lalu dan setelah itu.

Verbal material dan tingkah laku

Verbal material adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik. Sementara itu, verbal tingkah laku merupakan tindakan dengan ungkapkan.

Partisipatif manusia

Partisipatif manusia merupakan semua manusia yang yang ikut serta dalam teks prosedur.

Terdapat bilangan sebagai penanda urutan

Bilangan digunakan sebagai penanda urutan, sebab teks prosedur pada dasarnya berisi tahapan atau langkah untuk melakukan sesuatu secara runtut.

O iya, teks prosedur juga ada jenis-jenisnya, lho! Yuk, cari tahu jenis-jenis dari teks prosedur!

Jenis Teks Prosedur

Berikut jenis-jenis teks prosedur.

Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan kompor listrik.

Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembuatan SKCK.

Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya cara menggunakan smartphone.

Contoh Teks Prosedur

Biar lebih paham, yuk simak contoh sederhana dari teks prosedur berikut ini!

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Dalam kondisi pandemik virus Korona, WHO menyarankan perlindungan dasar berupa mencuci tangan sesering mungkin. Langkah ini diutamakan oleh WHO karena mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dapat membunuh virus yang ada di tangan kita. Berikut adalah tata cara mencuci tangan yang benar, yang direkomendasikan oleh WHO:

1. Gunakan air bersih dan mengalir
2. Basahi tangan dengan air
3. Tuang sabun pada telapak tangan secukupnya, untuk menutup seluruh permukaan tangan.
4. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.
5. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari.
6. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
7. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
8. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
9. Bilas dengan air yang bersih dan mengalir.
10. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai atau tisu.

Nah, Sobat. Setelah berhasil membaca materi ini sampai akhir, yuk coba buat teks prosedur yang sederhana! Materi lengkap tentang teks prosedur sudah ada pada aplikasi Aku Pintar, yang bisa kalian akses secara gratis kapanpun dan dimanapun.

Sampai Jumpa di pembahasan selanjutnya!

Leave a Comment