Sebutkan kriteria pakaian yang cocok di udara panas

Banyak wanita menaruh perhatian khusus dalam memilih pakaian dalam mereka. Pakaian dalam yang sehat dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Meski tidak dilihat banyak orang, pakaian dalam memang berpengaruh besar terhadap rasa nyaman dan kepercayaan diri juga kesehatan penggunanya.

Saat memilih pakaian dalam, khususnya celana dalam, ada banyak hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan Anda. Selain bagaimana pakaian dalam tersebut terlihat di tubuh Anda, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah pakaian dalam tersebut berisiko menimbulkan masalah kesehatan atau tidak.

Celana dalam standar berbahan katun adalah pilihan yang bagus, baik dari segi kenyamanan maupun kesehatan. Meski dari segi penampilan, celana dalam jenis ini memang terlihat lebih ketinggalan zaman, tapi celana dalam ini dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan seperti ruam kulit sampaiinfeksi jamur.

Kenali Bahan dan Tipe Celana Dalam yang Sehat

Membicarakan jenis bahan dan tipe celana favorit tentunya akan berbeda-beda bagi setiap orang. Anda mungkin kurang menyukai katun karena celana berbahan tersebut membuat area bokong terlihat kurang mengagumkan. Bagaimanapun juga, jika Anda menginginkan variasi, berikut ini adalah tips yang perlu Anda ingat saat hendak membeli atau mengenakan celana dalam model lain:

Memilih Bahan yang Tepat

Hal penting untuk dipertimbangkan saat memilih pakaian dalam adalah bahan celana tersebut.

Celana Dalam Katun

Untuk penggunaan sehari-hari, tidak akan ada yang bisa mengalahkan kenyamanan katun. Bahan ini lembut, ringan, dan sangat nyaman. Bukan hanya itu, katun juga baik untuk kesehatan serta kebersihan organ intim Anda. Mengenakan celana dalam katun berarti membiarkan vagina Anda ‘bernapas’. Katun juga menyerap keringat yang ada, dan dengan demikian mencegah pertumbuhan jamur.

Nylon atau Bahan Sintesis

Jika ingin menggunakan celana dalam dari bahan nylon atau sintetis, pastikan bagian yang menutupi labia atau vagina terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat.

MengenakanThong

Thong/g-stringmengundang berbagai kontroversi dan pendapat. Ada yang mengatakan bahwa pakaian dalam model ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih hingga dituduh menjadi salah satu penyebab wasir. Benarkah demikian? Hingga saat ini, ternyata belum terdapat penelitian yang akurat untuk memastikan pendapat ini.

Pemakaian Korset

Pemakaian korset khusus dipercaya dapat membantu dan menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing dan ideal secara permanen. Namun nyatanya, tidak ada penelitian yang mendukung fakta tersebut secara ilmiah. Pemakaian korset yang terlalu ketat atau tidak cocok dengan kondisi tubuh justru berisiko menyebabkan beberapa masalah, seperti iritasi kulit karena penekanan terlalu kencang, penyakit asam lambung, memar, hingga bernapas terasa kurang nyaman.

Ganti jika Anda Berkeringat

Jika Anda sering berkeringat di bagian bawah atau setelah berolahraga, segeralah mengganti pakaian dalam Anda. Pakaian dalam yang basah adalah tempat favorit bakteri untuk berkembang biak.

Gunakan Celana Tidur yang Longgar

Hindari celana tidur (atau celana apa pun) yang terlalu ketat. Pakaian dalam yang terlalu ketat akan membuat organ intim panas serta lembap. Bahkan, sesekali Anda bisa mencoba tidur tanpa menggunakan celana dalam. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi udara dan mengurangi kelembapan di daerah intim Anda.

Rajin mengganti pakaian dalam dan menyesuaikan pakaian dalam Anda dengan aktivitas yang sedang dijalani akan memudahkan Anda bergerak dengan nyaman, sekaligus senantiasa menjaga kesehatan organ intim. Jika Anda mengalami keputihan yang disertai gatal, bau tidak sedap, atau terdapatkeputihan yang mengganggu yang terlihat pada pakaian dalam Anda, sebaiknya kondisi ini dikonsultasikan dengan dokter.

Sponsored by:

Blus dikenal sebagai salah satu item fashion multifungsi yang dapat dikenakan dalam berbagai macam kesempatan. Selain difungsikan sebagai pakaian sehari-hari, blus yang identik dengan busana wanita ini umumnya juga biasa digunakan untuk menunjukkan gaya dan formalitas jadi pemilihannya harus benar-benar tepat.

Pengertian Blus

Blus dapat dikategorikan ke dalam jenis busana penutup tubuh bermodel longgar yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas pinggang sehingga ketika dikenakan akan terkesan menggantung di atas tubuh. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blus ini biasanya dapat dibuat dengan atau tanpa kancing.

Sama halnya dengan gamis atau tunik, sebuah blus pada prinsipnya juga memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis pakaian lain. Beberapa ciri paling khas dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Pertama blus tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Blus tidak selalu menggunakan manset.       
  • Beberapa baju blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah baju blus wanita tampak menggantung saat dikenakan.

Kriteria Blus Yang Bagus

Berencana untuk membeli blus wanita sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung harus memilih blus yang seperti apa?. Supaya tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa kriteria penting harus anda perhatikan bila ingin mendapatkan baju blus wanita yang nyaman dan berkualitas tinggi.

1. Nyaman Saat Digunakan

Dalam memilih atau membuat baju blus wanita, fungsi dan kenyamanannya tetap harus menjadi prioritas utama yang diperhatikan. Begitu keduanya dipenuhi selanjutnya anda bisa bermain-main dengan gaya atau warna.

  • Blus wanita yang bagus minimal harus memiliki karakteristik halus dan lembut supaya lebih terasa nyaman saat dipakai beraktifitas.
  • Supaya keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak menumpuk dan menyebabakan ketidaknyamanan maka diperlukan bahan khusus untuk membuat blus wanita.
  • Bahan kain yang dipilih untuk membuat blus harus bisa menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sumber :

2. Bahan Kainnya Bagus

Pemilihan bahan yang tepat menjadi prioritas penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan blus wanita. Sebab jika anda mengunakan bahan yang tidak tepat anda akan merasa tidak nyaman.

  • Bahan pakaian yang disarankan sebagai material blus wanita adalah bahan kain yang memiliki daya serap yang cukup tinggi.
  • Pilihlah bahan yang ringan, halus, lembut, tidak menerawang dan tidak menimbulkan reaksi alergi.
  • Pilih bahan kain yang mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering, agar perawatan blus menjadi lebih mudah.

Sumber :

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya blus wanita sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai jenis bahan yang berbeda. Bisa memakai kain katun, kain linen, kain batik, kain sifon, kain brokat atau bahan lain yang serupa dengan beberapa jenis kain tersebut.

Kain katun merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari pengolahan buah tanaman kapas yang mempunyai nama latin Gossypium. Kain ini umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat menghangatkan di kala dingin dan mampu menyejukkan ketika dipakai di kala panas.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain katun diantaranya:

  • Bahan kainnya kokoh, kuat dan tidak mudah rusak.
  • Memiliki tampilan yang halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas.
  • Mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Warna kain katun tidak mudah luntur.
  • Tidak menimbulkan reaksi alergi ataupun iritasi.
  • Bersifat menyejukkan saat panas dan menghangatkan saat dingin.
  • Bahannya cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh.
  • Harga kain katun relatif terjangkau.

Sumber :

Sebagai bahan pembuatan blus, kain katun sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa kain katun Jepang, kain katun rayon, Kain Katun Ima, Kain Katun Toyobo, Kain Katun Supernova, Kain Katun Kenzo, Kain Katun Oxford, Kain Katun Flanel dan kain katun chambray.

Khusus untuk pembuatan blus dan pakaian wanita yang lainnya motif kain katun chambray yang paling mudah dijumpai diantaranya berupa motif fantasi dan oxford.

Kain linen merupakan sejenis kain yang dibuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum). Di negara-negara Eropa kain ini sangat disukai karena karakteristiknya yang sangat istimewa karena terkenal awet asal dirawat dengan cara yang tepat.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain linen diantaranya:

  • Bahannya halus ketika diraba dengan telapak tangan.
  • Serabut benang yang terdapat pada kain linen tersusun sangat rapi.
  • Kain linen bersifat menghangatkan saat dingin dan menyejukkan ketika panas.
  • Kain linen tidak menyebabkan alergi jadi sangat cocok dipakai oleh orang yang memiliki kulit sensitif.
  • Dalam bentuk pakaian, kain linen tidak hanya memberi rasa nyaman pada pemakainya tapi juga terlihat mahal.
  • Semakin lama digunakan produk pakaian yang dibuat dari kain linen konon akan terasa semakin nyaman ketika dikenakan.

Sumber :

Sebagai bahan pembuatan blus, kain linen sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Kain Linen yang mempunyai tekstur yang spesial dan cocok untuk membuat pakaian vintage salah satunya yakni berupa simple blus.
  • Kain Linen Rami dari bahan dasar linen yang ditambah dengan aksen rami. Kain ini umumnya mempunyai sifat yang tidak panas dan tidak menerawang, sehingga cocok dipakai untuk membuat blus modern.

Sebagai salah satu kain tradisional Indonesia yang sarat akan nilai filosofis, kain batik pada prinsipnya juga dapat digunakan untuk membuat blus modern. Khusus untuk pembuatan blus, kain batik yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain batik tulis yang proses pembuatannya dilakukan dengan menuliskan cairan “malam” pada permukaan kain dengan alat yang disebut “canting”.
  • Kain batik cap yang dibuat menggunakan canting cap.
  • Kain batik jumputan yang dibuat menggunakan teknik jumputan, semacam teknik membuat motif hias pada kain dengan cara ikat celup.
  • Kain batik ECO print yang dibuat dengan cara mereplika tumbuhan ke dalam kain untuk menciptakan warna serta pola motif yang menarik.

Sumber :

Butuh bahan kain batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat blus atau pakaian lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Batik dari kami.

Kain sifon merupakan kain campuran yang dihasilkan dari kombinasi serat sutra, katun, nylon, polyester dan rayon. Fleksibilitas yang dimiliki kain sifon menjadikan kain ini banyak dimanfaatkan untuk membuat blus, hanya saja karena bahannya cenderung menerawang maka harus diberi tambahan furing.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain sifon diantaranya:

  • Kain sifon umumnya bertekstur licin dan seratnya cenderung halus.
  • Kain sifon cenderung tipis dan agak menerawang sehingga membutuhkan tambahan furing saat digunakan sebagai bahan pakaian, salah satunya bisa berupa Kain Katun Ima.
  • Kain sifon memiliki tampilan yang jatuh saat dikenakan sehingga mampu memberikan kesan cantik pada tubuh pemakainya

Sumber :

Kain brokat merupakan salah satu jenis kain yang kaya akan dekorasi karena banyak menghadirkan pola yang rumit seperti bunga, tanaman serta berbagai unsur alam lainnya. Tapi karena tampilan kain bahan brokat ini cenderung menerawang maka harus selalu dilengkapi dengan furing.

Sumber :

3. Warnanya Tidak Luntur

Baju blus wanita yang dipakai untuk pelengkap gaya sehari-hari hendaknya juga memiliki kualitas warna yang bagus dan tidak mudah luntur saat terpapar air.

  • Bila anda ingin membeli blus warna warni sebaiknya lakukan tes sederhana untuk menguji luntur tidaknya warna pada blus.
  • Blus yang warnanya luntur saat terkena air biasanya berpotensi besar untuk melekat pada benda lain termasuk rok atau celana yang anda kenakan.

4. Desainnya Harus Keren

Sebuah blus dapat dikatakan bagus bila memiliki desain yang keren namun tetap terlihat elegan dan tidak berlebihan. Blus dengan desain atau aksen yang atraktif seperti halnya bordir atau ruffle juga bisa dipakai untuk mempercantik penampilan saat bekerja di kantor atau sekedar hangout.

  • Jika anda lebih suka memakai blus yang dimasukkan ke dalam celana atau rok sebaiknya pilih model blus wanita yang panjangnya sampai ke paha.
  • Untuk anda yang ingin terlihat lebih kasual anda bisa memilih model blus wanita yang panjangnya sampai ke perut.

Sumber :

Untuk urusan desain atau modelnya berikut kami bagikan beberapa contoh model blus wanita modern yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan. Blus yang dimaksud antara lain berupa:

  • Model blus wanita asimetris yang didesain dengan potongan menyamping atau menyerong sehingga secara keseluruhan tampilannya jadi tidak simetris.
  • Blus cold shoulder yang memiliki potongan terbuka pada bagian bahu namun hanya sebagian bahu yang terlihat.
  • Blus wanita modern model sabrina yang memiliki potongan terbuka di bagian bahu seperti halnya cold shoulder tapi benar-benar membiarkan seluruh bagian bahu terlihat.
  • Wrap blus yang biasa dikenakan dengan cara dililitkan di sekitar tubuh bagian atas tanpa menggunakan tambahan kancing maupun ritsleting.
  • Draped blus yang memiliki bentuk sangat istimewa karena bagian garis lehernya dibiarkan lepas menggantung sehingga tampak seperti sebuah draperi.
  • Blus halterneck yang dilengkapi dengan tali atau pita panjang pada bagian depan dan dikenakan dengan cara diikatkan pada bagian leher.
  • Blus wanita modern dengan aksen godet yang dilengkapi dengan potongan kain berbentuk segitiga pada bagian utama kelimannya.
    • Pilih aksen godet yang sesuai dengan warna blus jika anda lebih suka memakai busana dengan detail simple.
    • Pilih aksen godet yang berwarna kontras dengan warna blus jika anda lebih suka memakai busana yang ramai.

5. Ukurannya Pas Badan

Blus wanita hendaknya memiliki ukuran yang pas badan dalam artian tidak keberasan atau kekecilan. Blus yang ukurannya terlalu besar akan membuat tubuh anda tenggelam dalam pakaian yang anda kenakan, sebaliknya jika ukurannya terlalu kekecilan yang ada tubuh akan menjadi sulit untuk bergerak.

Ketika mencoba sebuah blus coba angkatlah kedua tangan anda tinggi-tinggi. Jika blus yang anda kenakan mengganggu gerak kedua tangan maka sebaiknya pilih blus yang lain. Tapi jika blus yang anda kenakan sudah terasa nyaman itu berarti blus tersebut ukurannya sudah sesuai dengan ukuran badan.

Sumber :

6. Jahitannya Halus dan Rapi

Kriteria berikutnya yang menentukan kualitas blus yakni berupa jahitan. Blus wanita yang dijahit dengan halus dan rapi umumnya memiliki sambungan yang kuat dan tidak mudah rusak. Jahitan yang dimaksud tidak hanya terbatas pada jahitan luar baju blus tetapi juga mencakup jahitan yang ada di bagian dalam.

Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas blus wanita terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan blus yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya akurat dan sangat rapi.
  • Warna benang hendaknya disesuaikan dengan warna jahitannya.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

Sumber :

7. Mengikuti Standar Internasional

Dalam pembuatan sebuah baju khususnya baju untuk kaum hawa terdapat aturan khusus mengenai  pola jahitan. Ketentuan tersebut sudah berlaku secara internasional dan harus dipatuhi oleh perusahaan konveksi yang membuat dan menjahit pakaian, terutama untuk wanita.

  • Aturan yang dimaksud yaitu lebar badan depan ditambah 1 cm dari lebar badan belakang.
  • Selain itu kerung lengan depan dari blus wanita juga harus dibuat lebih masuk 1 cm dari belakang.

Sumber :

8. Mudah Dibersihkan

Kriteria lain yang juga menjadi faktor penentu kualitas blus yaitu kemudahan dalam merawatnya. Blus wanita yang mudah dibersihkanakan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan. Dengan begitu blus tersebut tampilannya juga akan selalu tampak seperti baru meski sudah digunakan berulang kali.

Untuk memudahkan anda dalam merawat blus periksa label pakaian yang biasa disertakan pada saat pembelian blus wanita. Pada label ini anda akan mendapati simbol beserta petunjuk pencucian yang bisa anda terapkan untuk merawat blus sesuai jenis bahan yang digunakan pada blus itu sendiri.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah baju blus wanita bisa dikatakan memiliki kualitas yang baik bukan hanya karena modelnya bagus tapi bahan kain yang digunakan untuk membuatnya juga harus menyerap keringat, ukurannya cukup longgar dan yang terpenting jahitannya juga rapi.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk lebih selektif dalam memilih blus wanita. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan blus wanita atau bahan lain untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment