Tahapan gerakan awal dalam senam irama adalah gerakan


gerakan dasar lempar​


gerak dasar lompat yg bnr! pleasee, tolong jawab!!​


Sebutkan 5 macam penyakit menular dan tidak menular dan jelaskan cara pencegahan nya..​


gerakan lutut pada setiap gerak berirema adalah​


ÈÈEEEEEEEEÈÈEEEEEEEEEEEEEEEEEEE BANTUUUUUÙUÙUUUUUUUUUUUU​


Bagaimana cara menangani korban pingsan?​


Gerak meliukkan badan dapat melatih … badan.A. kekuatanB. kelenturanC. kelincahanD. ketangkasan​


apa manfaat mempelajari jenis cedera dan cara penanggulangannya ?​


b a n t u b o l e h s a y a g a k p a n d a i​


Malaria merupakan salah satu penyakit menular mematikan yang diakibatkan oleh….a. makanan yang kurang bersihb. gigitan nyamukc. gigitan ulard. sengata


n lebah​


1. Tuliskan macam-macam gerak lompat jauh2. Jelaskan cara melakukan awalan dalam lompat jauh3. Jelaskan Cara melakukan tumpulan dalam lompat jauh4. Je


laskan cara melakukan melayang di udara lompat jauh gaya jongkok5. Jelaskan cara mendarat lompat jauh gaya jongkok________________________________tugas bab 5 1. Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani.2. Jelaskan apa yg dimaksud dengan kekuatan.3. Jelaskan apa yg dimaksud dengan kecepatan.4. Jelaskan apa yg dimaksud dengan daya tahan.5. Jelaskan apa yg dimaksud dengan kelenturan.ini tgs pnjaskes kalian kerjakan secepatnya saya tunggu jam 8.30 menit​


olahraga pickle ball adalah​


jelaskan aktivitas menendang dan mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam atau luar berpasangan dan berhadapan berjarak ± 2-3 m!​


adalah Teknik dasar pencak silat dasarnya terdiri dari dan 1 d. olan​


Hitungan 4 gerak langkah 4 ke depan dan ke belakang adalah langkah kan kaki kiri ke


AGAR MENGHASILKAN PUKULAN MELAMBUNG MAKA HARUS MENGUNAKAN TEKNIK PUKULAN


. budi dan ibas melakukan latihan jalan cepat pada latihan lurus, latihan dilakukan secara bergantian dan saling menilai atau mengoreksi. pada latihan


jalan cepat ayunan siku ditekuk dengan sudut…derajat.

. juri yang bertugas sebagai pencatat waktu perlombaan lari cepat adalah…


.sumber gerakan saat melakukan guling lenting berasal dari


1. badan berdiri tegak, kedua tangan harus diluruskkan kesamping badan 2. kedua lutut dilipat, lalu dagu serta lutut pun ditarik kedada dengan posisi


tangan yang merangkul ke lutut. 3. bahu disentuhkan ke matras 4. siku diletakkan kesamping, dan kepala dimasukkan diantara kedua tangan 5. lalu berguling kedepan 6. lalu pada saat sikap akhir guling kedepan, lakukan gerakan jongkok dan kemudian berdiri tegak urutan tahapan-tahapan dalam rangkaian gerakan roll depan: (2 points) a. 1, 3, 2, 5, 4, 6 b. 1, 4, 3, 5, 2, 6 c. 1, 2, 3 ,5 ,4 ,6 d. 1, 3, 2, 4,5, 6

Ilustrasi Gerak Langkah dalam Senam Irama.

TRIBUNNEWS.COM – Senam irama disebut juga dengan aktivitas gerak berirama.

Senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama.

Senam ini dapat dilakukan dengan ataupun tanpa menggunakan alat.

Adapun alat yang sering digunakan dalam senam irama yakni gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi.

Baca juga: Pengertian Endemi, Epidemi, dan Pandemi, Apa Bedanya?

Dikutip dari Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII (2017) oleh Muhajir, dalam senam irama terdapat lima gerak langkah kaki.

Macam-macam gerak langkah itu meliputi langkah biasa, rapat, keseimbangan, depan, dan silang.

Penjaskes kelas VII halaman 230 (Buku Penjaskes kelas VII)

Berikut cara melakukan gerak langkah yang telah disebutkan itu.

1. Langkah biasa

Gerakan langkah biasa bisa dilakukan dengan cara:

a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.

Ilustrasi – Apa saja macam-macam gerak langkah dalam senam irama? Simak di sini!

TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini macam-macam gerak langkah dalam senam irama.

Senam irama bisa disebut juga dengan senam ritmik.

Senam irama adalah gerakan senam yang mengikuti irama berupa tepukan tangan, ketukan, musik dan lain sebagainya.

Melakukan senam irama memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Baca juga: Apa Itu Tempo? Ini Pengertian, Macam-macam dan Contoh Tempo pada Lagu

Ada beberapa jenis latihan atau gerakan yang harus dikuasai dalam senam irama.

Lantas, apa saja macam gerak langkah dalam senam irama?

Macam-macam Gerak Langkah dalam Senam Irama

Berikut macam-macam gerak langkah senam irama, dikutip dari freedomsiana.id:

1. Langkah Biasa (Looppas)

– Sikap awal berdiri tegak, kedua lengan di samping badan.

Jakarta

Senam irama atau gerak berirama adalah jenis aktivitas senam yang gerakannya dilakukan dengan mengikuti irama musik.

Mengutip modul Kemdikbud Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan karya Soemaryoto dan Soni Nopembri, Gerak berirama atau gerak ritmik disebut juga senam ritmik yang merupakan gerakan tubuh yang memanfaatkan ritme musik untuk melakukanya, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi gerakan senam irama adalah musik yang memiliki irama 2/4, 3/4, atau 4/4. Unsur-unsur yang diperlukan dalam melakukan kegiatan senam irama diantaranya adalah kelentukan tubuh, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, gerak koordinasi, dan ketepatan.

Teknik-teknik gerak langkah berperan sangat penting dalam senam irama, kerana gerak langkah tersebut mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama. Senam irama atau gerak berirama dapat dilakukan dengan meng­gunakan alat maupun tanpa menggunakan alat, asalkan keduanya harus dilakukan selaras dengan gerakan tangan maupun kaki dan ayunan lengan.

Tujuan adanya gerakan variasi dan kombinasi dalam gerak berirama adalah untuk melakukan beberapa ben­tuk prinsip dasar gerakan dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, yang dilakukan bisa secara perorangan, berpasangan, maupun berkelompok.

Dikutip dari modul Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII karya Drs. Muhajir, M.Pd., bentuk-­bentuk dan kombinasi gerak pola langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama, adalah sebagai berikut:

1. Gerakan pola langkah biasa atau disebut juga looppas

Cara melakukannya:a. Sikap awal berdiri dengan tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak, dan disusul dengan ujung jari.

c. Hitungan kedua, dilanjutkan dengan langkah kaki kiri, yang dilakukan sama seperti ketika melangkahkah kaki kanan.

2. Gerakan pola langkah rapat atau atau disebut bijtrekpass

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.c. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, kaki kiri menyusul melangkah ke arah depan. e. Kaki kiri yang dilangkahkan ke arah depan, kemudian disejajarkan dengan kaki kanan.

f. Langkahkan kedua kaki secara bergantian.

3. Gerakan pola langkah depan atau galoppas

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dan pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, lanjutkan dengan langkah kaki kiri ke depan yang diakhiri dengan melangkah kaki kanan bersama-sama.

e. Kedua kaki kemudian melangkah secara bergantian untuk beberapa hitungan ke depan secara berulang (Hitungan biasanya tergantung dari instruksi pemimpin senam irama atau ketukan irama pada musik).

4. Gerakan pola silang

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Hitungan pertama, silangkan kaki kiri ke samping kaki kanan melalui depan. c. Hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke arah samping kiri.

d. Lanjutkan seterusnya, kemudian kebalikannya dengan irama 2/4. Gerakan dilakukan 4 x 8 hitungan.

5. Gerakan pola langkah samping atau disebut zijpas

Cara melakukannya: a. Pada gerakan pola langkah samping, sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.b. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kanan ke arah samping kanan. c. Pada hitungan kedua, kemudian disusul dengan kaki kiri kemudian ke­ langkah ke samping kanan juga lalu dirapatkan dengan kaki kanan.d. Lanjutkan dengan gerakan mengarah ke kiri.

e. Lakukan berulang­-ulang dalam 4 x 8 hitungan.

6. Gerakan pola lompat ke depan

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, lompatankan kaki kanan, sambil mengayunkan kaki kiri. c. Pada hitungan kedua, ambil gerakan lompatan kaki kiri, sambil mengayunkan kaki kanan.

d. Lanjutkan gerakan tersebut secara berulang kali secara 4 x 8 hitungan.

7. Gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dengan posisi kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kedua kaki dibuka melebar ke arah samping. c. Pada hitungan kedua, tutuplah secara rapat kedua kaki secara bersa­maan.

d. Gerakan tersebut harus dilakukan secara berulang kali, dan terus­ menerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan (4 x 8 hitungan atau lebih).

Nah, itu tadi penjelasan macam gerak langkah pada senam irama. Detikers, bisa langsung mempraktekkan gerakan-gerakan tadi dalam senam irama ya!

Simak Video “PTM Sekolah dan Kurikulum di Ciamis Dilaksanakan 100 Persen

(lus/lus)


Page 2

Jakarta

Senam irama atau gerak berirama adalah jenis aktivitas senam yang gerakannya dilakukan dengan mengikuti irama musik.

Mengutip modul Kemdikbud Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan karya Soemaryoto dan Soni Nopembri, Gerak berirama atau gerak ritmik disebut juga senam ritmik yang merupakan gerakan tubuh yang memanfaatkan ritme musik untuk melakukanya, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi gerakan senam irama adalah musik yang memiliki irama 2/4, 3/4, atau 4/4. Unsur-unsur yang diperlukan dalam melakukan kegiatan senam irama diantaranya adalah kelentukan tubuh, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, gerak koordinasi, dan ketepatan.

Teknik-teknik gerak langkah berperan sangat penting dalam senam irama, kerana gerak langkah tersebut mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama. Senam irama atau gerak berirama dapat dilakukan dengan meng­gunakan alat maupun tanpa menggunakan alat, asalkan keduanya harus dilakukan selaras dengan gerakan tangan maupun kaki dan ayunan lengan.

Tujuan adanya gerakan variasi dan kombinasi dalam gerak berirama adalah untuk melakukan beberapa ben­tuk prinsip dasar gerakan dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, yang dilakukan bisa secara perorangan, berpasangan, maupun berkelompok.

Dikutip dari modul Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII karya Drs. Muhajir, M.Pd., bentuk-­bentuk dan kombinasi gerak pola langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama, adalah sebagai berikut:

1. Gerakan pola langkah biasa atau disebut juga looppas

Cara melakukannya:a. Sikap awal berdiri dengan tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak, dan disusul dengan ujung jari.

c. Hitungan kedua, dilanjutkan dengan langkah kaki kiri, yang dilakukan sama seperti ketika melangkahkah kaki kanan.

2. Gerakan pola langkah rapat atau atau disebut bijtrekpass

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.c. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, kaki kiri menyusul melangkah ke arah depan. e. Kaki kiri yang dilangkahkan ke arah depan, kemudian disejajarkan dengan kaki kanan.

f. Langkahkan kedua kaki secara bergantian.

3. Gerakan pola langkah depan atau galoppas

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dan pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, lanjutkan dengan langkah kaki kiri ke depan yang diakhiri dengan melangkah kaki kanan bersama-sama.

e. Kedua kaki kemudian melangkah secara bergantian untuk beberapa hitungan ke depan secara berulang (Hitungan biasanya tergantung dari instruksi pemimpin senam irama atau ketukan irama pada musik).

4. Gerakan pola silang

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Hitungan pertama, silangkan kaki kiri ke samping kaki kanan melalui depan. c. Hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke arah samping kiri.

d. Lanjutkan seterusnya, kemudian kebalikannya dengan irama 2/4. Gerakan dilakukan 4 x 8 hitungan.

5. Gerakan pola langkah samping atau disebut zijpas

Cara melakukannya: a. Pada gerakan pola langkah samping, sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.b. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kanan ke arah samping kanan. c. Pada hitungan kedua, kemudian disusul dengan kaki kiri kemudian ke­ langkah ke samping kanan juga lalu dirapatkan dengan kaki kanan.d. Lanjutkan dengan gerakan mengarah ke kiri.

e. Lakukan berulang­-ulang dalam 4 x 8 hitungan.

6. Gerakan pola lompat ke depan

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, lompatankan kaki kanan, sambil mengayunkan kaki kiri. c. Pada hitungan kedua, ambil gerakan lompatan kaki kiri, sambil mengayunkan kaki kanan.

d. Lanjutkan gerakan tersebut secara berulang kali secara 4 x 8 hitungan.

7. Gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dengan posisi kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kedua kaki dibuka melebar ke arah samping. c. Pada hitungan kedua, tutuplah secara rapat kedua kaki secara bersa­maan.

d. Gerakan tersebut harus dilakukan secara berulang kali, dan terus­ menerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan (4 x 8 hitungan atau lebih).

Nah, itu tadi penjelasan macam gerak langkah pada senam irama. Detikers, bisa langsung mempraktekkan gerakan-gerakan tadi dalam senam irama ya!

Simak Video “PTM Sekolah dan Kurikulum di Ciamis Dilaksanakan 100 Persen

[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Leave a Comment