Tujuan utama kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah brainly


Berikut yang bukan merupakan bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, sebagaimana disebutkan dalam pasal 9 ayat (2) Undang-Undang Re


publik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara adalah ….a. pendidikan kewarganegaraanb. pelatihan dasar kemiliteran secara wajibc. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan (siskamling)d. pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau secara wajib​


apa nilai positif yang bisa kita sebagai generasi muda teladani dari Ki Hajar Dewantara​


siapa proklamator republik Indonesia?


Apa bunyi dan jelaskan makna semboyan pendidikan yang dikenal oleh Ki Hajar Dewantara​


negara apa yang puasa terlama di dunia dan puasa tercepat di dunia​


31. Negara kita menganut faham presidensil, pernyataan berikut yang sesuai dengan pengertian faham presidensil adalah….​


1. ceritakan dengan singkat kejadian kejadian seputar proklamasi…..TOLONG JAWAB……..sebagai tanda terima kasih nanti aku follow, sekali lagi teri


ma yang udah jawab​


Pancasila sebagai ideologi negara artinya …
A. Dasar negara
B. Sikap dan pandangan hidup bangsa
C. Sumber bagi segala sumber hukum
D. Senjata mengha


dapi kolonialisme


9. Keragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Pernyataan berikut yang me- nunjukkan bahwa keragaman


kebudayaan bisa menjadi sarana pemersatu bangsa adalah…. a. pemerintah sedang mengadakan acara pekan kebudayaan nasional di lapangan Monumen Nasional b. sanggar tari Nusantara sedang mengikuti kejuaraan tari tradisional di Rusia C. setiap daerah mempunyai kebudayaan masing-masing d. Ani bangga bisa menjadi duta kesenian Indonesiabantu jawab dgn benar yaa​


10. Indonesia merupakan negara merdeka yang memiliki keberagaman suku, agama, ras, dan kebudayaan. Keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia dapat


menjadi faktor penghambat persatuan dan kesatuan apabila…. a. pemerintah memberikan kebebasan kepada semua suku bangsa untuk bersatu b. masyarakat Indonesia membatasi diri bergaul dengan sesama suku bangsa C. setiap orang mengesampingkan perbedaan berdasarkan suku bangsa d. setiap suku bangsa mau berinteraksi dengan suku bangsa lainbantu jawab kira² jawabannya b/c?​

Latar belakang kedatangan Bangsa Eropa ke Dunia timur adalah jatuhnya kota Konstantinopel (Ibu Kota kerajaan Romawi Timur) ke tangan Turki Usmani tahun 1453,kemudian bangsa Turki menutup Konstantinopel untuk orang Eropa akibatnya di Eropa terjadi kelangkaan rempah-rempah, maka mulailah mereka mencari Negeri asal rempah-rempah.
Tujuan kedatangan Bangsa Eropa ke Dunia Timur, 3 G :

  1. GOLD, mencari kekayaan (rempah-rempah)
  2. GLORY, mencari Kejayaan (menjajah)
  3. GOSPEL, menyebarkan agama Nasrani

Dengan demikian latar belakang kedatangan Bangsa Eropa ke Dunia timur adalah jatuhnya kota Konstantinopel (Ibu Kota kerajaan Romawi Timur) ke tangan Turki Usmani tahun 1453,kemudian bangsa Turki menutup Konstantinopel untuk orang Eropa.

Ketiga tujuan inilah yang membuat Portugis datang ke Indonesia. Sedangkan Spanyol juga hanya berkuasa sebentar di Indonesia Timur sebelum akhirnya fokus untuk menjajah Filipina akibat kesepakatan “Magna Charta” antara Portugis dan Spanyol. Tujuan Spanyol datang ke Indonesia juga disebabkan oleh semangat Gold, Glory dan Gospel.
Perdagangan rempah-rempah menjadi salah satu alasan bangsa Spanyol dan Portugis untuk menduduki Indonesia. Selama pendudukan tersebut, banyak sekali hasil bumi Indonesia yang dibawa oleh Spanyol dan Portugis untuk diperdagangkan. Akan tetapi keuntungan yang didapat tidak pernah dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Mengapa Portugis dan Spanyol menjadi adikuasa di Eropa?

Sejak itupun Portugis dan Spanyol menjadi adikuasa di Eropa. Alih pengetahuan diperoleh dari pendatang asal Konstantinopel yang memungkinkan bagi kedua negeri Hispanik itu melakukan perluasan wilayah-wilayah baru diluar daratan Eropa dan Mediterania.

Mengapa Spanyol dan Portugis sering disebut sebagai penguasa dunia?

Dalam sejarah, Spanyol dan Portugis sering disebut sebagai penguasa dunia karena armada laut mereka berlomba-lomba mendapatkan daerah jarahan di Timur. Kala itu, Phillip II bertakhta di Spanyol. Pajak yang memberatkan lalu digoreng dengan umat Protestan yang dibuat tidak nyaman oleh Spanyol melahirkan pemberontakan sejak 1568.

You might be interested:  Kapan Waktu Minum Omega 3?

Mengapa bangsa Portugis dan Spanyol menjajah Indonesia?

Jawaban terverifikasi ahli. Secara umum, kedatangan bangsa Eropa ke Asia termasuk ke Indonesia dilandasi keinginan mereka untuk berdagang, menyalurkan jiwa penjelajah, dan menyebarkan agama. Pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani Indonesia.

Mengapa bangsa Spanyol menjajah Indonesia?

Tahun kedatangan: Bangsa Spanyol datang ke Indonesia pada tahun 1521. Tempat/Daerah: Bangsa Spanyol pertama mendarat di Indonesia di wilayah Tidore, Maluku. Tujuan: Bangsa Spanyol ingin memperoleh keuntungan dan kekayaan dari perdagangan rempah-rempah dari Indonesia.

Mengapa bangsa Portugis datang ke Indonesia?

Pada tahun 1512 Masehi, Portugis yang masih dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque kemudian datang di wilayah timur Nusantara, tepatnya di Kepulauan Maluku untuk menanfaatkan komoditas utama yang mereka cari, yaitu rempah-rempah.

Apa penyebab bangsa Spanyol dan Portugis melakukan ekspedisi?

Alasan bangsa Spanyol datang di Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah. Kota yang pernah disinggahi adalah kota Ternate dan Tidore. Jawaban panjang: Spanyol mulai tertarik untuk menjelajahi wilayah Indonesia setelah keberhasilan Portugal dalam menemukan dan menguasai jalur perdagangan rempah-rempah di Maluku.

Mengapa rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Spanyol?

Jawaban:rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Spanyol karena pertama tujuan bangsa Spanyol hanya untuk membeli rempah-rempah. Setelah lama kemudian bangsa Spanyol iri dengan kekayaan alam Indonesia. setelah merendam rasa iri yg begitu lama maka takluk lah bangsa Spanyol untuk menjajah Indonesia.

Mengapa rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan bangsa Spanyol?

Jawaban : Rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Spanyol karena pertama tujuan bangsa Spanyol hanya untuk membeli rempah rempah. Setalah lama kemudian bangsa Spanyol iri dengan kekayaan alam Indonesia. Setelah memendam rasa iri begitu lama maka takluklah bangsa Spanyol untuk menjajah Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Orang Eropa Lebih Menyukai Serat Hewan?

Apakah Spanyol menjajah Indonesia?

2. Spanyol (1521 – 1692)

Sebagai salah satu negara Eropa yang aktif melakukan pelayaran ke Asia Tenggara, Spanyol berhasil mencapai nusantara yang kaya akan rempah-rempah. Portugis menganggap Spanyol melanggar hak monopoli Portugis, meski pada dasarnya mereka berada di wilayah perdagangan yang berbeda.

Bagaimana proses rute kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia?

Pada 1519, Spanyol memberangkatkan ekspedisi yang terdiri dari lima kapal di bawah pimpinan Fernando de Magelhaens atau Ferdinan Magellan. Rute pelayarannya adalah Spanyol – Samudera Atlantik – pantai timur Benua Amerika – selat di ujung selatan Benua Amerika – Samudera Pasifik – Filipina.

Mengapa bangsa Portugis datang ke Indonesia brainly?

Mereka datang ke Indonesia dengan tujuan 3G : Glory adalah sebuah tujuan petualangan dengan maksud mencari negara jajahan untuk mengharumkan nama, kejayaan dan kekuasaan. Gold adalah sebuah tujuan ekonomi dengan maksud mencari keuntungan dan hasil besar dalam perdagangan rempah-rempah.

Apa tujuan bangsa Spanyol datang ke Indonesia brainly?

Jawaban terverifikasi ahli. Tujuan utama bangsa Spanyol datang ke Indonesia adalah untuk mencari sumber rempah-rempah, yang saat itu sangat berharga dan hanya ditemukan di kepulauan Maluku.

Jelaskan apa motif yang melatarbelakangi bangsa bangsa Eropa Portugis Spanyol Belanda datang ke Nusantara?

Jawaban: Bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia, awalnya adalah untuk mencari rempah-rempah, yang saat itu merupakan komoditas yang sangat berharga dan menguntungkan.

Mengapa Portugis dan Spanyol menjadi adikuasa di Eropa?

Sejak itupun Portugis dan Spanyol menjadi adikuasa di Eropa. Alih pengetahuan diperoleh dari pendatang asal Konstantinopel yang memungkinkan bagi kedua negeri Hispanik itu melakukan perluasan wilayah-wilayah baru diluar daratan Eropa dan Mediterania.

You might be interested:  Mengapa Kita Memerlukan Pengawetan Makanan?

Bagaimana sejarah kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia?

Sejarah kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia terjadi pada sekitar abad ke-16 Masehi. tirto.id – Sejarah kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis ke Indonesia terjadi pada sekitar abad ke-16 Masehi. Maksud awal dua bangsa Eropa itu ke Nusantara adalah mencari dunia baru penghasil rempah-rempah.

Leave a Comment