Tuliskan 3 nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab

HUBUNGAN sila-sila dalam Pancasila akan dibahas pada artikel kali ini. Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti dasar atau aturan. Maka, Pancasila memiliki arti sebagai lima dasar yang didalamnya berisi pedoman atau aturan yang harus dijalankan untuk mewujudkan kehidapan berbangsa yang baik.

Lima nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila yaitu Sila Ketuhanan, Sila Kemanusiaan, Sila Persatuan, Sila Kerakyatan, dan yang terakhir Sila Keadilan. Lima Sila atau nilai dasar yang terdapat dalam Pancasila merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Menghilangkan satu nilai berarti menghilangkan makna dan arti Pancasila itu sendiri.

Lalu, bagaimana hubungan sila-sila dalam Pancasila itu sendiri? Melansir dari berbagai sumber, berikut Okezone jelaskan untuk anda.

Hubungan Sila-Sila Dalam Pancasila

Urutan yang terdapat dalam Pancasila, mulai dari Sila pertama hingga Sila terakhir membentuk sebuah kesatuan yang bulat dan utuh mengenai makna Pancasila itu sendiri.

Sila Pertama Ketuhana Yang Maha Esa

Sila pertama dalam Pancasila menjadi basis dari Sila yang lain. Pada Sila yang memiliki nilai Ketuhanan ini, mengajak masyarakat untuk menjalankan perintah agama, menjunjung nilai kemanusiaan, membangun nilai persatuan, menghargai perbedaan, dan juga berperilaku adil kepada sesama.

Sila Kedua Kemanusiaan Yang Beradab

Pada Sila kedua yang mengandung nilai kemanusiaan, masyarakat diajak untuk hidup dalam kedamaian dengan memperlakukan sesama manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya karena sama-sama ciptaan Tuhan, berhak hidup dalam persatuan bangsa yang utuh, menghargai perbedaan, dan berhak hidup sejahtera dengan keadilan.

Sila Ketiga Persatuan Indonesia

Pada Sila ketiga dengan nilai persatuan, persatuan ini didasarkan pada SIla pertama dan Sila kedua yang berisi tentang ketuhanan dan kemanusiaan. Dengan persatuan akan memberikan kehidupan yang damai sejahtera. Hal ini juga berhubungan dengan Sila keempat dan kelima, dimana kehidupan sejahtera juga bisa diapatkan dari saling menghargai dan juga memberikan keadilan yang sama.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat/Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Pada nilai Sila keempat yang mengandung nilai kerakyatan, dalam kehidupan bermasyarakat untuk mengambil suatu keputusan harus melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Hal ini juga harus dilandasi dari sila pertama, kedua, ketiga dan kelima untuk mencapai kehidupan yang damai sejahtera.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima mengandung nilai keadilan dimana masyarakat dalam menciptakan keadilan harus dilandasi dari sila ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, hingga permusyawaratan.

Demikian penjelasan dari Okezone mengenai hubungan sila-sila dalam Pancasila, semoga membantu anda dalam memahaminya.

  • #Arti Pancasila
  • #nilai-nilai Pancasila
  • #Pancasila

NILAI Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab akan dibahas pada artikel kali ini. Seperti yang kita ketahui, Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia memiliki lima nilai dasar atau sila-sila yang menjadi pedoman hidup bangsa ini. Setiap nilai yang terkandung memiliki makna yang berbeda pula.

Pada sila kedua Pancasila mengandung nilai kemanusiaan. Yang mana memiliki arti bahwa manusia memiliki derajat yang sama serta memiliki hak dan kewajiban yang sama pula.

Pada hakekatnya, manusia adalah mahluk sosial yang berbudaya dan beradab. Maka dari itu, penerapan dari sila kedua ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada manusia untuk bersikap adil dan beradab.

Nah, lalu bagaimana nilai yang terkandung dalam Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap serta implementasinya dalam kehidupan bermasyarakat? Melansir dari berbagai sumber, berikut Okezone jabarkan untuk anda.

Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai sesama mahluk ciptaan Tuhan.

Mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban antar sesama manusia.

Mencintai sesama manusia tanpa memandang perbedaan ras, agama, suku, dan status sosial.

Memiliki sikap tenggang rasa kepada sesama manusia.

Menjunjung nilai kemanusiaan.

Memilki sikap toleransi yang tinggi antar sesama manusia.

Mengikuti dan berpartisipasi pada kegiatan kemanusiaan.

Dapat menyeimbangkan antara hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Jika diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari, dapat kita ambil contoh pada suatu acara keagamaan. Sebagai seorang warga negara yang baik dengan menganut nilai kemanusiaan yang terdapat pada sila kedua, ketika seseorang tengah mengadakan acara keagamaan hendaknya kita tidak mengganggu mereka dan membiarkan mereka beribadah dengan khusyuk.

Toleransi disini membuktikan bahwa manusia adalah mahluk yang beradab.

Contoh lain adalah pada saat masih menjadi seorang siswa. Tugas utama seorang siswa adalah belajar. Itu adalah sebuah kewajiban bagi siswa.

Ketika seorang siswa menjalankan kewajibannya untuk menuntut ilmu, disana siswa akan diberi hak untuk mendapatkan ilmu dari guru-guru yang mengajar disekolah.

Demikian penjelasan Okezone mengenai nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab beserta implementasinya pada kehidupan sehari hari. Semoga membantu.

  • #Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • #Nilai Pancasila
  • #Pancasila

Jakarta

Pancasila adalah Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apakah kamu tahu apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila?

Pancasila disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945. Pancasila disahkan bersamaan dengan UUD 1945 oleh PPKI. Sebab, Pancasila sebagai dasar negara merupakan bagian dari UUD 1945 yang tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945.

Nilai berperan sebagai dasar pedoman yang menentukan kehidupan setiap manusia. Nilai berada dalam hati nurani sebagai suara hati atau kata hati. Menurut Prof. DR. Dardji Darmodiharjo, Pancasila merupakan nilai kerohanian yang mencakup nilai material, nilai vital, nilai kebenaran atau kenyataan, nilai estetis, nilai etis atau moral, dan nilai religius, seperti dikutip dari buku Pancasila oleh Tim Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian Keuangan.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menurut Prof. Dr. Notonegoro terbaigi menjadi tiga, yaitu nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Nilai material dalah segala sesuatu yang berguna bagi unsur manusia. Nilai vital adalah sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan dan aktivitas.

Sementara itu, nilai kerohanian adalah segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Nilai kerohanian menurut Notonegoro terdiri atas empat macam. Nilai pertama yaitu nilai kebenaran yang bersumber pada unsur akal manusia, dan nilai kedua yaitu nilai keindahan yang bersumber pada unsur rasa indah manusia.

Nilai ketiga yaitu nilai kebaikan atau nilai moral yang bersumber pada unsur kodrat manusia dalam segala dimensinya. Sementara itu, nilai keempat adalah nilai religius yang merupakan nilai ketuhanan, kerohanian yang tinggi dan mutlak. Nilai religius bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila:1. Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah nilai religius atau nilai ketuhanan2. Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah nilai kemanusiaan3. Nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila adalah nilai persatuan bangsa4. Nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila adalah nilai kerakyatan

5. Nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila adalah nilai keadilan sosial

Meskipun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila termasuk nilai kerohanian, tetapi nilai kerohanian ini mengakui pentingnya nilai material dan nilai vital secara seimbang. Hal ini dibuktikan dengan susunan sila-sila yang sistematis hirarkis mulai dari ketuhanan Yang Maha Esa hingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia .

Gimana detikers, sudah tahu ya tahu apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila?

Simak Video “Besok Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Tak Gelar Upacara Fisik

(lus/lus)

Jakarta

Sila kedua Pancasila yaitu ‘kemanusiaan yang adil dan beradab’. Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam sila kedua Pancasila? detik.com/tag/pancasila

Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah nilai kemanusiaan. Lebih jauh, nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua yaitu nilai kemanusiaan, nilai keadilan, dan nilai keadaban.

Sila kedua Pancasila, ‘kemanusiaan yang adil dan beradab’ berisi cita-cita kemanusiaan untuk dapat menjadi lengkap, adil, dan beradab dalam memenuhi seluruh hakikat manusia. Kemanusiaan yang adil yang beradab adalah rumus sifat keluhuran budi manusia Indonesia, seperti dikutip dari buku Pancasila oleh Tim Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan.

Kemanusiaan yang adil dan beradab menjadikan setiap warga negara punya kewajiban dan hak yang sama, juga dijamin haknya serta kebebasannya terkait hubungan baik dengan Tuhan, orang, negara, dan masyarakat.

Kemanusiaan yang adil dan beradab juga menjadikan seseorang memiliki kemerdekaan menyatakan pendapat, serta berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Sila kedua diliputi dan dijiwai oleh sila pertama. Ini artinya, kemanusiaan yang adil dan beradab bagi bangsa Indonesia bersumber dari ajaran Tuhan yang Maha Esa, yaitu manusia merupakan makhluk pribadi, anggota masyarakat, sekaligus hamba Tuhan.

Hakikat pengertian sila kedua Pancasila menjiwai pembukaan dan pasal-pasal dalam UUD 1945 seperti berikut:
– dalam alinea pertama Pembukaan UUD 1945, “Bahwa Sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

– dalam Pasal 27, 28, 29, 30 dan 31 UUD 1945 mengenai kemanusiaan.

Contoh sikap pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah sebagai berikut:

– Menempatkan sesama manusia sebagai makhluk Tuhan dengan segala martabat dan hak asasinya.- Memperlakukan sesama manusia secara adil dan beradab seperti memperlakukan dirinya sendiri.

– Memperlakukan sesama manusia sebagai manusia pribadi dan manusia sosial secara seimbang.

Gimana detikers, sudah bisa ya menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua pancasila?

Simak Video “Sekjen Pemuda Pancasila Ngaku Salah Ada Anggotanya Bawa Sajam di Demo DPR

(nwy/nwy)

Leave a Comment